HomeTips & TrickTravelingIni 4 Jenis Paspor Paling Umum yang Bisa Dibuat di Indonesia

Ini 4 Jenis Paspor Paling Umum yang Bisa Dibuat di Indonesia

Jika kamu punya agenda untuk bepergian ke luar negeri, persiapan yang harus dilakukan bukan sekedar perlengkapan dan tiket saja. Memiliki paspor jadi salah satu hal yang wajib dilakukan, supaya kamu bisa bepergian dengan legal. Tapi tahukah kamu sebenarnya ada beberapa jenis paspor yang diterbitkan di Indonesia?

Paspor sendiri diterbitkan sebagai salah satu bentuk dokumen identitas yang digunakan untuk mengetahui kewarganegaraan seseorang, dan syarat resmi memasuki sebuah negara untuk warga negara lain. Tanpanya, kamu bisa dianggap sebagai imigran gelap atau turis ilegal, dan menghadapi banyak masalah.

Baca Juga: Ide Aktivitas Seru dan Tak Terlupakan Saat Libur Akhir Tahun

Mengenal 4 Jenis Paspor di Indonesia

jenis paspor
Sumber: freepik.com

Nah agar kamu tidak salah mengajukan permohonan pembuatan paspor, maka ada baiknya kamu tahu empat jenis paspor yang diterbitkan di Indonesia. Jenis ini didasarkan pada kebutuhan yang kamu punya, jadi kamu bisa membuat jenis paspor yang tepat untuk urusan spesifik.

1. Paspor Biasa

Paspor jenis ini adalah paspor yang bisa kamu miliki dan diterbitkan untuk perjalanan reguler seperti liburan, bisnis, melancong, dan sejenisnya. Memiliki ciri bersampul warna hijau, paspor biasa atau reguler diterbitkan oleh Ditjen Keimigrasian, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

2. Paspor Dinas

Memiliki sampul dengan warna biru, paspor jenis ini diterbitkan untuk kalangan teknisi dan petugas administrasi dengan misi diplomatik tertentu. Misalnya saja kedutaan dan konsulat yang sedang bertugas. Paspor ini bisa diterbitkan untuk pegawai negeri atau pegawai pemerintah yang sedang bertugas ke luar negeri.

3. Paspor Diplomatik

Jenis paspor ketiga adalah jenis paspor diplomatik. Paspor ini diterbitkan untuk mengidentifikasi perwakilan diplomatik dari suatu negara. Menyerupai paspor dinas, pemegang paspor diplomatik juga akan mendapatkan beberapa kemudahan dan perlakuan khusus serta kekebalan di negara tempat pemegangnya bertugas. Sampulnya berwarna hitam, dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri.

4. Paspor Elektronik

Meski dinamakan paspor elektronik, tapi jenis keempat ini tetap memiliki bentuk fisik dan warna sampul hijau seperti paspor biasa. Tapi pada paspor elektronik terdapat chip yang menyimpan data biometrik pemegang paspor untuk mempersulit pemalsuan paspor dan meningkatkan perlindungan pada data pemegang paspor.

Setelah tahu empat jenis paspor di atas, kini kamu sudah bisa menentukan jenis mana yang akan dibuat dan diperlukan untuk agenda ke luar negeri yang kamu punya. Tentu nantinya kamu masih harus melengkapi diri dengan visa, tapi hal ini akan dibahas di artikel lain.

Sederet Risiko Jika Kamu Tidak Punya Paspor

jenis paspor
Sumber: freepik.com

Well secara praktis tidak adanya paspor hanya akan memberikan masalah serius untuk kamu yang akan bepergian ke luar negeri, atau sedang di luar negeri untuk sebuah urusan dan kehilangan paspor yang dimiliki.

Karena paspor sendiri adalah dokumen legal yang diterbitkan sebuah negara pada warga negaranya yang bepergian ke negeri lain, maka praktis dokumen ini adalah identitas resmi yang diakui secara sah sebagai tanda bahwa kamu adalah warga negara Indonesia.

Jika kamu bepergian tanpa paspor atau menggunakan paspor yang tidak sesuai dengan peruntukannya, jelas perjalanan akan terganggu. Belum lagi ada risiko kamu harus berhadapan dengan hukum di negara tujuan, karena dianggap tidak memiliki kewarganegaraan yang sah.

Menjadi penting dalam urusan perjalanan ke luar negeri, paspor wajib dimiliki supaya kamu tidak harus berhadapan dengan berbagai risiko ini. Jangan lupa untuk terus melihat masa berlaku dari paspor yang kamu punya, dan lakukan perpanjangan sebelum masa berlakunya habis ya!

Untuk Berbagai Urusan Pribadi, Gunakan Paspor Biasa atau Paspor Elektronik

Jenis paspor
Sumber: freepik.com

Kedua jenis paspor ini pada dasarnya punya peran dan fungsi yang sama, yakni menjadi dokumen yang digunakan untuk perjalanan internasional dalam rangka keperluan pribadi. Nantinya keperluan ini bisa luas konteksnya, mulai dari liburan, berkunjung ke saudara, kunjungan bisnis, kegiatan religi, bekerja, dan sebagainya.

Untuk bisa membuat paspor jenis ini, kamu bisa mendatangi kantor imigrasi terdekat dengan membawa dokumen syarat, seperti eKTP, kemudian KK, Akta Kelahiran, ijazah atau buku nikah atau surat baptis, dan surat penetapan pengadilan bagi kamu yang pernah mengajukan permohonan penggantian nama.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi dan layanan online dari dinas terkait untuk mengurus pembuatan paspor untuk mengurangi risiko terjadinya antrian panjang saat di kantor imigrasi terkait.

Selalu Kenakan Pakaian Tepat saat Melancong, EIGER Adventure Punya Segudang Opsi Menarik

Setelah tahu beberapa jenis paspor yang bisa kamu pakai untuk bepergian ke luar negeri sesuai tujuan, kamu juga perlu persiapan pakaian yang tepat. Hal ini apalagi jika kamu pergi ke negara dengan iklim berbeda dengan Indonesia, seperti ke Eropa atau negara-negara dengan musim dingin lain.

WS Aries Parka

Jenis paspor
Sumber: EIGER Adventure

Dengan model potongan yang nyaman, parka ini memiliki desain everlasting dan bisa menghangatkanmu ketika bepergian. Harganya ada di angka Rp569,000 saja, dan tersedia dalam dua warna cream dan navy.

Men’s Escrapment XTR LS F1

Jenis paspor
Sumber: EIGER Adventure

Nyaman, cukup tebal, dan memiliki banyak saku, cocok untuk digunakan beraktivitas di luar ruang atau di area dengan suhu rendah. Harganya yang terjangkau, hanya Rp409,000 per buah, menjadikannya sangat menarik untuk dimiliki.

Roadtrip 2.0 Shoulder Bag

Jenis paspor
Sumber: EIGER Adventure

Shoulder bag ini akan cocok sekali menemani kamu dan membantu membawa barang-barang esensial yang kamu punya. Kapasitas yang lega menjadikannya opsi tepat, dengan harga hanya Rp359,000 saja.

Baca Juga: 10 Hewan Endemik Indonesia yang DIlindungi, Klik di Sini! 

Itu tadi sekilas penjelasan tentang berbagai jenis paspor dan serba-serbinya yang bisa disampaikan di artikel ini. Persiapan matang dan rencana yang baik akan menjadikan perjalanmu semakin seru, dan gear dari EIGER Adventure akan memastikanmu tetap nyaman di setiap kegiatan selama liburan. Tidak perlu takut kesulitan mencari produknya, karena kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru