HomeNews & InfoEIGER CareerTips Membuat Resume Menarik, 7 Hal Ini di Lirik oleh HRD

Tips Membuat Resume Menarik, 7 Hal Ini di Lirik oleh HRD

Faktanya resume merupakan langkah awal agar kamu dapat diterima bekerja di perusahaan yang kamu impikan. Bukan hanya dipenuhi nilai akademis dan pengalaman, resume yang dibuat juga harus terlihat menarik agar dilirik oleh pihak HRD perusahaan. So, kamu butuh banget nih gimana caranya bikin CV sekaligus tips membuat resume menarik agar resume kamu dilirik oleh HRD.

Apa aja ya kriteria resume menarik, mending disimak dulu yuk tips membuat resume dari blessing people berikut ini:

Mulai resume dengan informasi tentang diri dengan menarik

Jangan terlalu panjang lebar ketika memperkenalkan diri pada resume, cukup tulis  hal yang sekiranya menarik di mata HRD. Perkenalkan dirimu dengan detail namun ringkas dan jelas, jangan bertele-tele dan to the point.

Baca juga: Lowongan kerja Product Designer PT Eigerindo MPI

Tuliskan pengalaman dan prestasi secara ringkas dan jelas

Source: Pexels photo by cottonbro

Sebaiknya cara menulis resume seperti pengalaman dan prestasi disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, meski pada kenyataannya kamu memiliki segudang prestasi lainnya yang bisa kamu banggakan.

Baca juga: EigerShare: #AmbilPeran Vaksinasi Masal

Ceritakan skills, pelatihan, dan proyek yang pernah diikuti

Akan lebih baik jika kamu pelamar berpengalaman khususnya, menuliskan skills yang dimiliki, berbagai jenis pelatihan yang diikuti, dan juga berbagai proyek pendukung yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang dituju.

Bagi fresh graduate, kamu juga bisa menuliskan berbagai hal di atas jika memungkinkan (termasuk kegiatan yang dilakukan semasa perkuliahan) yang tentunya masih berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Sertakan akun linked ataupun portofolio kamu

Linked menjadi salah satu platform yang banyak digunakan pencari kerja, jadi tidak ada salahnya jika kamu juga memiliki akun ini saat akan melamar pekerjaan. Portofolio menjadi satu syarat penting saat melamar pekerjaan, jadi buatlah portofolio semenarik mungkin.

Baca juga: Terapkan 5 hal ini untuk tetap aman meski WFO saat pandemi

Cantumkan domisili dan informasi data diri

Tips membuat resume yang tidak kalah penting yakni mencantumkan keterangan lainnya agar perusahaan bisa menghubungi kamu dengan mudah, alangkah baiknya domisili, no hp, dan email dicantumkan dengan lengkap dan benar.

Perhatikan kembali desain dan bahasa yang digunakan

Desain resume tentunya menjadi perhatian lain untuk HRD, resume yang menarik tentu menggunakan desain yang menarik pula. Saat ini ada banyak desain yang bisa kamu contoh ketika membuat resume, sangat mudah ditemukan di berbagai platform internet.

Bukan hanya itu saja, tata bahasa yang digunakan juga harus diperhatikan dengan baik. Gunakan bahasa yang baik dan benar, agar penampilan resume semakin terlihat profesional.

Nah, itulah beberapa tips  dan tips membuat resume agar terlihat menarik, jangan lupa untuk mencoba mengaplikasikannya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments