HomeTips & TrickLifestyleManfaat Lari Jarak Jauh, Pastikan Pakai Sepatu yang Nyaman!

Manfaat Lari Jarak Jauh, Pastikan Pakai Sepatu yang Nyaman!

Lari jarak jauh yang disebut juga dengan lari maraton atau lari cross country merupakan jenis lari yang melibatkan jarak yang relatif panjang, biasanya di atas 5 kilometer. Ini merupakan olahraga endurance yang menuntut daya tahan fisik dan mental yang tinggi, lho.

Tentunya ada beberapa tips untuk melatih dan menyiapkan diri untuk lari jarak jauh, termasuk di antaranya adalah membangun kondisi fisik, latihan rutin, nutrisi yang seimbang, pemanasan dan pendinginan, istirahat yang cukup, hingga pemulihan yang baik. Jangan lupa juga untuk selalu memerhatikan sinyal tubuh, serta mempersiapkan mental yang kuat untuk menghadapi tantangan lari jarak jauh.

Bangunlah motivasi, fokus pada tujuan, dan hadapi rasa sakit atau ketidaknyamanan dengan sikap yang positif. Satu hal yang tak kalah pentingnya, jangan lupa siapkan sepatu yang paling tepat untuk mendapatkan pengalaman berlari yang terbaik!

Manfaat Lari Jarak Jauh

lari jarak jauh

Lari jarak jauh tentu saja akan menawarkan sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari lari jarak jauh:

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Lari jarak jauh adalah latihan kardiovaskular yang efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ini akan membantu meningkatkan denyut jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.
  2. Meningkatkan Daya Tahan: Latihan lari jarak jauh secara konsisten juga akan meningkatkan daya tahan fisik. Ini akan membantu tubuhmu untuk lebih efisien dalam menggunakan oksigen, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi kelelahan selama aktivitas fisik.
  3. Membakar Kalori dan Membantu Menurunkan Berat Badan: Lari jarak jauh merupakan latihan yang efektif untuk membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan. Latihan ini akan membakar banyak kalori, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  4. Meningkatkan Kesehatan Mental: Lari jarak jauh juga akan membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Aktivitas fisik ini mampu merangsang pelepasan endorfin dalam otak, yang dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan stres.
  5. Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas Otot: Lari jarak jauh melibatkan hampir semua otot tubuh, termasuk juga otot-otot kaki, pinggul, dan inti tubuh. Latihan ini tentunya akan membantu memperkuat otot-otot tersebut dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan postur tubuh.
  6. Meningkatkan Kesehatan Tulang: Lari jarak jauh juga akan membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis, terutama jika dilakukan secara teratur selama jangka waktu yang panjang.
  7. Meningkatkan Kualitas Tidur: Aktivitas fisik seperti lari jarak jauh akan membantu meningkatkan kualitas tidur karena olahraga membantu meredakan ketegangan otot, meredakan stres, dan meningkatkan rasa kantuk secara alami.

Dengan menggabungkan latihan lari jarak jauh dalam rutinitas kehidupan sehari-hari, Eigerian akan mengalami sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental. Buktikan saja!

Baca juga: 5 Tips Memilih Sepatu Trail Running yang Tepat, Ada Rekomendasinya Juga!

Sepatu yang Tepat untuk Lari Jarak Jauh

Memilih sepatu yang tepat untuk lari jarak jauh merupakan sebuah kunci untuk kenyamanan dan performa yang optimal. Berikut ini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih sepatu untuk lari jarak jauh:

  • Pilihlah sepatu yang nyaman dan cocok dengan bentuk kaki, serta ukuran yang pas. Idealnya, kamu harus memiliki ruang sekitar 1 cm di ujung sepatu untuk memberikan ruang bagi pergerakan jari kakimu saat berlari.
  • Pastikan sepatumu memiliki dukungan yang cukup di bagian tengah kaki dan tumit. Pilihlah sepatu dengan teknologi amortisasi yang baik untuk meredam benturan dan mengurangi risiko cedera.
  • Pilih sepatu yang ringan tapi tetap memberikan dukungan yang cukup. Sepatu yang terlalu berat akan membuatmu merasa lelah lebih cepat, sementara sepatu yang terlalu ringan mungkin kurang memberikan perlindungan dan dukungan yang diperlukan.
  • Pilihlah sepatu dengan tapak yang cocok untuk permukaan tempatmu akan berlari. Jika kamu berlari di jalan raya atau lintasan yang keras, maka pilih sepatu dengan tapak yang datar dan responsif. Tapi kalau kamu berlari di jalur off-road atau medan yang tidak rata, pilih sepatu dengan tapak yang lebih kasar dan tahan lama untuk memberikan traksi yang baik.
  • Tips berikutnya, pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan yang bernapas dan memiliki ventilasi yang baik untuk menjaga kaki tetap sejuk dan kering selama berlari.

Dengan memerhatikan faktor-faktor di atas, Eigerian dapat memilih sepatu yang tepat untuk lari jarak jauh yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Supaya tidak bingung, berikut ini ada beberapa sepatu dari EIGER yang paling direkomendasikan untuk lari jarak jauh. Cek dan temukan sepatu favoritmu, yuk!

1. EIGER PULSE TRAIL MEN 2.0 SHOES

lari jarak jauh

Pulse Trail Men 2,0 ini adalah sepatu yang dirancang untuk kegiatan lari atau trail. Bagian atas sepatu menggunakan bahan ripstop mesh dan flexeleton (lapisan TPU untuk penguatan), sedangkan bagian midsole menggunakan bahan phylon. Sementara itu, bagian dalam sepatu didukung insole Ortholite yang memberikan bantalan, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat digunakan. Dilengkapi juga stabilizer chassis sebagai arch support (membantu menyangga bagian tengah telapak kaki) dan vibram outsole yang menawarkan cengkraman yang baik serta daya tahan kuat.

2. HARRIER

lari jarak jauh

Sepatu Harrier memiliki desain low-cut yang dirancang secara khusus untuk menunjang performa berlari di luar ruang, terutama di area dengan permukaan yang tidak rata. Konstruksi Flexeton pada bagian atas sepatu ini adalah konstruksi penguat tanpa jahitan, yang menjadikan sepatu ini lebih fleksibel untuk mendukung pergerakanmu. Insole Ortholite yang ringan berfungsi sebagai bantalan dan hentakan, sedangkan daya evaporasi insole yang tinggi dapat menguapkan kelembapan untuk menjaga permukaan tetap kering. Sepatu ini juga memiliki midsole Phylon sebagai peredam getar untuk mencegah cedera serta menyimpan energi saat Anda berlari dengan jarak tempuh yang cukup jauh. 

3. GAVRIEL LOW CUT TRAIL SHOES

lari jarak jauh

Gavriel merupakan salah satu sepatu lari yang sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan wanita aktif yang menyukai olahraga lari dan kegiatan luar ruang. Sepatu ini juga dilengkapi dengan outsole berbahan rubber yang menawarkan daya cengkram lebih baik untuk digunakan dalam menghadapi berbagai medan. Didesain sporty, sepatu ini didukung oleh TPU printed di bagian depan dan belakang sepatu, serta EVA cushioning yang akan menjaga kaki dari impact atau benturan dan kenyamanan serta pergerakan yang ringan ketika berlari. Teknologi Tropic Dry pada sepatu ini memungkinkan material pada sepatu ini cepat kering sehingga nyaman dipakai saat beraktivitas.

4. EIGER GYRFALCON WOMAN SHOES

lari jarak jauh

Rekomendasi sepatu yang nyaman untuk lari jarak jauh berikutnya adalah Gyrfalcon yang memang dirancang untuk kegiatan lari, training, ataupun pemakaian harian. Sepatu ringan ini terbuat dari material knitting dan flexeleton yang memberikan fleksibiltas yang baik untuk membuatmu tetap berlari dengan nyaman. Didukung juga dengan bagian insole Ortholite yang memberikan bantalan, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat digunakan. Menariknya lagi, sepatu ini juga didukung midsole berbahan phylon sebagai bantalan dan outsole berbahan rubber yang dapat memberikan cengkraman yang lebih baik.

5. SHIKRA

lari jarak jauh

Sepatu Shikra yang memiliki desain low-cut ini juga dirancang khusus untuk menunjang performa berlari di luar ruang, terutama di area dengan permukaan yang tidak rata. Sepatu ini memiliki konstruksi flexeton pada bagian atas, insole ortholite yang ringan sebagai bantalan dan hentakan, serta daya evaporasi insole yang tinggi. Sepatu ini juga memiliki midsole Phylon yang berfungsi sebagai peredam getar untuk mencegah cedera dan menyimpan energi saat kamu berlari dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Sementara itu, bagian outsole Vibram dirancang khusus dengan grip dan traksi yang memungkinkanmu untuk bebas bergerak di berbagai medan. Yuk, jadikan sepatu Shikra ini sebagai pilihan untuk menemanimu berlari menapaki trail selanjutnya!

Baca juga: Rekomendasi Outfit Jogging yang Nyaman dan Menyerap Keringat 

Selain beberapa sepatu yang direkomendasikan di atas, EIGER juga menghadirkan berbagai koleksi produk lainnya yang bisa Eigerian miliki untuk menunjang kegiatan lari jarak jauh. Eigerian bisa mencari dan berbelanja berbagai macam produk original dari EIGER di website resmi EIGER Adventure atau bisa juga mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat.

Tapi jika Eigerian ingin lebih praktis dan mudah, kini Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, ada banyak promo menarik, serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia, lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru