HomeTips & Trick5 Tips Memilih Sepatu Trail Running yang Tepat, Ada Rekomendasinya Juga!

5 Tips Memilih Sepatu Trail Running yang Tepat, Ada Rekomendasinya Juga!

Siapa di sini yang hobi melakukan trail running? Apakah kamu sudah tahu bagaimana memilih sepatu yang tepat untuk kegiatan lari lintas alam ini? Ayo, simak tips memilih sepatu trail running berikut rekomendasi sepatunya dari EIGER!

Olahraga lari bisa dikatakan sebagai olahraga yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Betapa tidak, lari merupakan olahraga yang cukup “murah” karena hampir tak memerlukan alat, selain alas kaki, sehingga membuatnya jadi populer dan digandrungi oleh anak muda.

Terlebih jika kamu melakukan olahraga lari ini di alam bebas, seperti kegiatan trail running yang ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Medan yang dilalui jauh lebih menantang daripada jalanan atau lintasan lari karena biasanya terdiri dari tanah dan bebatuan. Selain itu, kamu bisa berolahraga sambil menghirup udara bersih dan segar di hutan, serta dihiasi dengan pemandangan alam yang menyejukkan dan memanjakan mata.

Nah, karena perbedaan medan ini, sepatu untuk trail running pun sedikit berbeda dibandingkan sepatu biasa atau road run yang berlari di permukaan rata dan lunak. Berikut ini, tips memilih sepatu trail running yang tepat agar Eigerian tidak salah pilih.

5 Tips Memilih Sepatu Trail Running

Jangan sampai salah pilih, ada beberapa hal yang harus Eigerian perhatikan dalam memilih sepatu trail running. Berikut ini adalah 5 tips memilih sepatu trail running!

1. Perhatikan jenis sepatu

Eigerian bisa memulai dengan mengenali jenis-jenis sepatu yang cocok digunakan untuk berlari di alam bebas. Sepatu khusus untuk trail running sebenarnya memiliki perbedaan mencolok dibanding sepatu lari biasa. Perbedaan yang paling jelas adalah pada sol dan konstruksi sepatu.

Pilihlah sepatu yang memiliki konstruksi upper yang kuat dan fleksibel untuk memudahkan kakimu bergerak di berbagai medan yang tak rata. Selain itu, sepatu trail running juga dilengkapi dengan sol yang kokoh dan memiliki daya cengkeram yang baik.

2. Perhatikan sol sepatu

Dibandingkan dengan sepatu lari biasa atau road shoes, bantalan pada sepatu trail running haruslah lebih tebal dan kokoh. Ini dimaksudkan agar pelari tidak mudah mengalami cedera pada kaki, mengingat medan yang dilalui bisa dibilang keras maupun terjal.

Selain itu, permukaan sepatu biasanya memiliki tread sole yang agresif untuk memberikan daya cengkeram saat berlari di bebatuan.

Baca Juga: Mengenal Trail Running, Berikut Manfaat dan Perlengkapannya!

3. Pastikan memiliki fitur untuk keamanan dan kenyamanan kaki

Yang tak kalah penting adalah memastikan sepatu trail running yang kamu pilih memiliki fitur pelindung kaki, baik internal maupun eksternal. Pada upper sepatu, idealnya memiliki bahan yang kuat dan tahan lama. Dengan begitu mampu melindungi kaki dari gesekan dan benturan demi keamanan dan kenyamanan.

4. Pastikan ukuran lebih besar

Ukur panjang dan lebar kakimu, lalu pastikan untuk mengenakan kaus kaki saat mencoba sepatu. Jangan lupa ikat tali sepatu dengan kuat. Setelah itu, rasakan tingkat kenyamanan sepatu tersebut pada kakimu.

Tak hanya panjang dan lebar saja yang harus diukur, jarak penurunan tumit ke jari kaki dengan bantalan juga perlu diperhatikan. Saat menghadapi medan menurun, postur tubuh tentu akan bertumpu ke depan sehingga akan menekan ke ujung sepatu. Jadi, beri ruang lebih pada sepatu dengan memilih sepatu yang lebih besar sekitar 1,5 cm dari ukuran biasanya.

5. Pertimbangkan faktor ketahanan

Faktor ketahanan lebih penting daripada pertimbangan lainnya. Cara sederhana mengecek ketahanan sepatu lari, misalnya dengan memperhatikan jahitan, kualitas bahan, dan lainnya.

Rekomendasi Sepatu Trail Running

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi sepatu EIGER yang cocok untuk dipakai olahraga trail running. Yang mana favoritmu, Eigerian?

1. EIGER Harrier Shoes

EIGER Harrier Shoes hadir dengan desain low-cut dan upper mesh knitting yang diperkuat dengan konstruksi tanpa jahitan Flexeleton sehingga cocok digunakan untuk menunjang performa Eigerian pada saat berlari.

Dilengkapi midsole Phylon sebagai peredam getar untuk mencegah cedera, insole Ortholite yang ringan sebagai bantalan agar lebih nyaman digunakan, serta outsole Vibram dengan grip dan traksi yang memungkinkan Eigerian bergerak bebas di medan yang tidak rata. Tersedia dalam ukuran 38-44 dengan dua pilihan warna, yaitu red dan olive.

Baca juga: Harrier Shoes, Sepatu Lari yang Terbukti Tangguh di Segala Medan

2. EIGER Shikra Shoes

Melangkah lebih ringan dan mantap ketika trail running dengan EIGER Shikra Shoes. Sepatu koleksi dari Women Series ini memiliki desain low-cut yang dirancang khusus untuk menunjang kenyamanan langkahmu saat berlari di area dengan permukaan yang tidak rata sekalipun.

Konstruksi Flexeleton pada bagian atas sepatu ini merupakan konstruksi penguat tanpa jahitan, yang menjadikan sepatu ini lebih fleksibel. Dilengkapi midsole Phylon sebagai peredam getar untuk mencegah cedera, insole Ortholite yang ringan sebagai bantalan agar lebih nyaman digunakan, serta outsole Vibram dengan grip dan traksi yang baik. Tersedia dalam ukuran 36-41 dengan dua pilihan warna, yaitu cream dan grey.

Lengkapi Koleksi Sepatu Olahraga dari EIGER

Ayo lengkapi kebutuhan olahraga kamu, Eigerian, mulai dari sepatu lari, kaus kaki, baju quick dry, celana pendek, jaket windbreaker, topi, ransel, atau bahkan tas pinggang buat kamu yang aktif berolahraga!

Dapatkan promo menarik di setiap bulannya untuk pembelian online di eigeradventure.com, offline di EIGER Adventure Store (EAS), atau sekarang Eigerian juga sudah bisa berbelanja di EIGER mobile app, lho! Tunggu apa lagi, pesan perlengkapan olahragamu sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru