HomeTips & TrickLifestyleLari Lintas Alam Semakin Nyaman dengan Produk Sepatu EIGER

Lari Lintas Alam Semakin Nyaman dengan Produk Sepatu EIGER

Halo Eigerian, apakah kamu menyukai aktivitas latihan fisik yang cukup menantang di alam terbuka? Istilah lari lintas alam atau juga dikenal sebagai cross country pastinya sudah akrab di telinga para pelari. Salah satu cabang olahraga atletik ini dilakukan di luar lintasan lapangan stadion karena melewati medan alam terbuka seperti perbukitan, hutan, pemukiman, dan lainnya.

Buat kamu yang tertarik mencoba lari cross country untuk pertama kalinya, ada beberapa hal penting yang harus dipahami. Mulai dari seberapa jauh jarak tempuhnya dan peraturan yang berlaku selama berlari di alam terbuka. 

Yuk, mulai persiapkan mental, fisik yang kuat, dan pakailah sepatu yang tepat untuk lari lintas alam!

Apa itu Lari Lintas Alam?

Lari lintas alam atau cross country termasuk salah satu jenis lari jarak jauh di alam terbuka yang biasanya dilakukan secara berkelompok. Jenis olahraga yang cukup berat ini tidak dilakukan di medan lari seperti lapangan maupun stadion, namun melewati perbukitan, jalan berliku, jalan perkampungan, jalan tanah, pantai, dan lainnya.

Lari cross country bisa memakan waktu selama satu hingga dua jam, atau tergantung pada target dan kemampuan masing-masing pelari. Tidak seperti lari marathon yang cenderung dilakukan di tempat yang landai, pelari lintas alam harus mampu menyiapkan fisik untuk melewati berbagai rintangan di jalan. 

Bayangan yang pertama kali terlintas tentang lari melintasi alam ini adalah aktivitas lari yang berat dan sangat melelahkan. Salah satu faktornya karena melewati medan yang tidak menentu dan tentunya lebih ekstrem. Apalagi di jalur pegunungan yang rutenya bisa licin, berbatu, turunan curam, berlumpur, dan lainnya.

Namun dengan persiapan dan latihan fisik yang matang, lari cross country benar-benar bagus untuk meningkatkan kebugaran tubuh, menghirup udara yang segar dan bersih, serta mempererat bonding antar anggota kelompok lari. 

Berapa Jarak Tempuh Lari Cross Country?

Jarak tempuh lari lintas alam sama halnya dengan lari maraton yang panjang lintasannya hingga berkilo-kilometer. Ketentuan terkait jarak tempuh lari cross country berbeda antara putra dan putri sesuai dengan aturan World Athletic. 

Selain berbeda berdasarkan jenis kelamin, jarak tempuh lari di alam juga disesuaikan dengan kelompok usia, junior (di bawah 20 tahun) dan dewasa.

Jarak tempuh lari di alam Jarak tempuh berlari lintas alam untuk putra adalah sejauh 12 kilometer. Sementara putri, jarak tempuh yang dilalui untuk cross country adalah 8 kilometer.

Untuk level junior, jarak yang ditempuh putra maksimal 8 kilometer, sedangkan putri junior jaraknya adalah 6 kilometer. 

Peraturan Umum dalam Lari Melintasi Alam

Perhatikan beberapa peraturan umum yang berlaku dalam aktivitas lari cross country untuk menjamin keselamatan pelari.

  • Jalur lintasan lari melewati alam terbuka yang medannya bervariasi.
  • Penting untuk menghindari jalur berbahaya seperti jurang, tebing, maupun sungai yang berarus deras.
  • Hindari jalur lari yang cenderung menyempit karena dapat menimbulkan antrean pelari.
  • Peserta cross country harus mengetahui panjang lintasan jalur lari untuk persiapan terbaik.
  • Setiap pos jalur lintasan lari sebaiknya dijaga oleh petugas untuk memastikan tidak ada pelari yang tersesat.
  • Panitia lari harus mempersiapkan rambu-rambu sebagai penunjuk jalur, ditaruh di tempat yang terlihat, dan harus dipahami oleh peserta lari.
  • Perlu bunyi peluit atau benda lainnya untuk menandakan lari dimulai.
  • Selama berlari, pelari tidak diizinkan untuk melakukan kontak fisik satu sama lain. 
  • Sepanjang lomba, pelari dilarang menerima bantuan makanan atau minuman.
  • Disediakan pos untuk beristirahat di sekitar garis start dan finish.
  • Penilaian dilakukan dengan pengambilan catatan waktu tercepat bagi peserta individu.

Rekomendasi Destinasi di Indonesia yang Cocok untuk Lari Lintas Alam

Lari cross country beberapa tahun ke belakang menjadi salah satu cabang olahraga lari yang peminatnya semakin bertambah. Tidak mengherankan karena Indonesia sendiri memang memiliki panorama alam indah yang sangat menarik untuk dijelajahi. 

Sesuai dengan namanya, pelari lintas alam akan berlari melewati jalur terbuka di medan alami yang lengkap dengan berbagai landscape menakjubkan seperti gunung, sawah, bukit, padang rumput, dan lainnya.
Eigerian bisa mencoba menjelajahi alam di sekitarmu terlebih dahulu untuk aktivitas lari yang menantang ini. Berikut beberapa rekomendasi destinasi alam di Indonesia yang cocok untuk lari cross country.

  • MesaStila Rails To Trails, Jawa Tengah
  • Bukit Cinta, Labuan Bajo
  • Desa Sembungan, Dieng, Jawa Tengah (desa tertinggi di Pulau Jawa)
  • Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat
  • Objek Wisata Sari Ciater, Subang, Jawa Barat
  • Bukit Lawang Orangutan, Langkat, Sumatera Utara

Baca juga: 5 Rekomendasi Sepatu Lari Pria dan Wanita, Nyaman!  

Produk Sepatu EIGER Khusus untuk Lari Lintas Alam

Kini Eigerian sudah memahami berbagai hal terkait kegiatan lari lintas alam, mulai dari jarak tempuh dan peraturannya yang harus diperhatikan. Satu hal penting yang diperhatikan sebelum berlari melintasi alam adalah pemakaian sepatu yang dirancang khusus untuk mendukung dan melindungi kaki dari risiko cedera selama berlari.

EIGER memiliki berbagai koleksi sepatu lari yang nyaman, awet, serta memiliki fitur yang dioptimalkan untuk menjaga keseimbangan, stabilitas, dan fleksibilitas kaki.

1. EIGER X-URBAN RAPTOR SHOES

Sepatu lari pertama untuk pria adalah EIger X-Urban Raptor yang dirancang untuk aktivitas jogging. Bagian atas sepatu Eiger X-Urban Raptor dibuat dari bahan kulit suede dan poly mesh yang tahan lama. Paduan ini memberikan perlindungan dan sirkulasi udara yang baik untuk memastikan kaki tetap nyaman saat sepatu digunakan.

Insole Ortholite-nya juga memberikan bantalan yang nyaman dan breathable, memungkinkan kaki tetap kering dan nyaman saat dibawa lari. Sepatu X-Urban Raptor memakai bahan Vibram 514 C FUGA pada midsole dan outsole yang memberi cengkraman dan fleksibilitas yang optimal.

2. EIGER HARRIER SHOES – Rp1.299.000

EIGER Harrier Shoes ini dirancang khusus untuk menunjang kegiatan berlari di medan yang tidak rata sekalipun. Sepatu ini memakai konstruksi Flexeton pada bagian atas untuk memberikan penguatan tanpa jahitan yang membuat Harrier Shoes lebih fleksibel.

Bagian upper-nya memakai bahan knitting dengan konstruksi seamless yang memberi kenyamanan dan fleksibilitas ekstra. Pada bagian midsole-nya memakai bahan phylon yang mampu meredam benturan dengan cukup baik, sehingga terhindar dari risiko cedera.

Bagian outsole-nya menggunakan desain grip berbahan Vibram yang mencegah slip saat lari di permukaan licin. 

3. EIGER SHIKRA SHOES WOMAN – Rp979.900

Shikra Shoes. Sepatu ini didesain khusus untuk menunjang performa berlari di luar ruangan dengan permukaan yang tidak rata. Memiliki konstruksi Flexeton pada bagian atas yang membuat sepatu ini jauh lebih fleksibel.

Shikra Shoes dilengkapi midsole Phylon sebagai peredam getar untuk mencegah cedera, serta outsole Vibram dengan grip dan traksi yang bisa membuatmu bergerak lebih bebas di berbagai medan. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu cream dan grey, manakah yang jadi pilihan kamu?

Untuk mendapatkan semua produk sepatu terbaik untuk melengkapi gear larimu bisa cek sekarang di website EIGER Adventure Official

Belanja online di situs resmi EIGER sangatlah mudah, cepat, dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti pay later, bank transfer, hingga COD.

Yuk dapatkan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir seluruh wilayah di Indonesia untuk semua pilihan barang yang kamu butuhkan di Eiger Adventure Official

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru