HomeTips & TrickMountaineering6 Tips Kemah Saat Hujan yang Harus Dilakukan, Aman & Nyaman

6 Tips Kemah Saat Hujan yang Harus Dilakukan, Aman & Nyaman

Melakukan aktivitas bersama di alam bebas memang hal yang sangat seru dan menyenangkan, termasuk berkemah. Jika kamu hobi berkemah di alam terbuka, pastinya sudah paham bahwa cuaca sering kali tidak menentu, terkadang panas bahkan hujan. Lalu, bagaimana cara aman kemah saat hujan? Kami akan berikan semua tipsnya khusus untuk Eigerian.

Kegiatan berkemah memang tidak selalu dilakukan di alam liar. Saat ini banyak lokasi bumi perkemahan atau camping ground yang menyediakan fasilitas penunjang sehingga pengalaman berkemahmu semakin nyaman. Yuk, simak berbagai tips berkemah agar tetap nyaman dan aman meskipun sedang musim hujan.

Tips Berkemah dengan Aman dan Nyaman saat Musim Hujan

Musim penghujan di Indonesia biasanya dimulai pada bulan November hingga April. Meskipun kegiatan camping di luar ruangan tetap bisa dilakukan pada rentang bulan tersebut, namun Eigerian perlu persiapan ekstra agar aktivitas berkemah tetap bisa dilakukan.

1. Pilih Lokasi Kemah yang Tepat untuk Mendirikan Tenda

Tips pertama sebelum kemah saat hujan adalah memiliki lokasi camping yang tepat dan aman. Lokasi ideal untuk camping saat musim hujan adalah area yang landai, bebas genangan air, lebih tinggi, dan pastikan terdapat pohon di sekitarnya sebagai gantungan terpal. 

Hindari mendirikan tenda di tempat yang miring karena air hujan dapat mengalir di sekitar tenda serta membuat tanah becek. Untuk keamanan, hindari berkemah di dekat area sungai, danau, pantai, maupun perairan lainnya agar terhindar dari risiko banjir sewaktu-waktu.

2. Perhatikan Ramalan Cuaca Lokasi Kemah

Setelah menentukan lokasi kemah, berikutnya cari informasi terkait ramalan cuaca sebelum kamu berangkat ke lokasi. Tips kemah saat hujan ini akan membantumu untuk memantau cuaca di lokasi kemah nantinya, apakah diiringi cuaca berawan, hujan ringan, hujan lebat, bahkan hujan badai. 

Cek ramalan cuaca secara berkala yang cenderung bisa berubah-ubah apalagi tujuanmu adalah di daerah pegunungan. Meskipun ramalan cuacanya cerah, sebaiknya tetap bawa perlengkapan kemah yang anti hujan. Sehingga jika sewaktu-waktu hujan turun, kamu dapat mengantisipasi lebih baik dan tetap berkemah dengan aman. 

3. Siapkan Pelindung Tenda dari Air Hujan

Eigerian dapat menambahkan pemakaian terpal seperti flysheet di atas tenda untuk melindungi dari derasnya air hujan. Pelindung tenda ini penting untuk mencegah rembesan lebih banyak pada tenda. Penggunaan terpal selain melindungi tenda juga dapat dijadikan tempat berteduh untuk memasak dan bersantai. 

Agar lebih praktisnya, gunakan tenda yang telah didesain khusus dari material waterproof serta fitur tahan air hujan. Tentunya selain materialnya tebal dan kokoh, tenda anti air juga tidak akan merembes meski terkena terpaan air hujan.

4. Pastikan Tubuh Tetap dalam Kondisi Hangat

Beraktivitas di alam bebas saat musim hujan meningkatkan risiko tubuh mengalami hipotermia yang membahayakan keselamatan diri. Pada waktu memutuskan untuk berkemah di musim hujan, maka satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kondisi tubuh yang tetap hangat selama kemah.

Mulai dengan menggunakan pakaian yang hangat, membawa sleeping bag yang tebal agar tidur nyenyak, minyak oles untuk tubuh, hingga membuat api unggun untuk memasak dan menghangatkan tubuh. 

5. Bawa dan Gunakan Pakaian yang Tahan Air

Pakaian adalah hal yang wajib kamu persiapkan untuk berkemah di musim hujan. Ada beberapa tips memilih dan membawa pakaian yang tepat untuk berkemah saat cuaca hujan agar tetap nyaman dan hangat:

  • Bawa pakaian ganti, selimut, dan handuk secukupnya.
  • Hindari bahan pakaian dari katun karena sulit kering jika terkena basah.
  • Gunakan pakaian yang berbahan ringan seperti nilon.
  • Gunakan pakaian berlapis untuk menghangatkan tubuh.
  • Segera ganti pakaian yang basah untuk menghindari hipotermia.
  • Jemur pakaian yang basah karena agar kering dan dapat digunakan kembali.

6. Bawa Kantong Plastik Anti Air untuk Menyimpan Barang

Tips kemah saat hujan berikutnya adalah dengan membawa kantong khusus yang anti air, seperti EIGER Dry Bag 5L. Kantong anti air ini merupakan barang wajib saat hujan untuk menyelamatkan barang-barangmu dari basah, seperti stock makanan, obat-obatan, peralatan untuk menyalakan api, peralatan elektronik, dan lainnya. 

Baca juga: Ladies, 7 Tips Solo Female Camping yang Aman di Alam Terbuka

Rekomendasi Produk EIGER Mountaineering untuk Berkemah

1. EIGER STROMBLE PADDED JACKET 1.0 – Rp759.000

Stromble Padded Jacket 1.0 yang hangat dan bersifat water-repellent cocok jadi partner andalanmu saat menjelajah di tengah cuaca dingin dan hujan ringan. Teknologi Tropic Warm dan Tropic Repellent memastikanmu tetap hangat dan nyaman untuk berkegiatan di alam bebas sepanjang hari. 

Dibuat dari material 100% Nylon dan ada fitur penutup kepala yang dilengkapi adjuster. Bagian ujung lengannya elastis sehingga kamu bebas bergerak. 

2. EIGER Ultralight Rain Cover 45L

Cuaca tak menentu seperti hujan kerap terjadi saat melakukan kegiatan hiking dan camping. Andalkan perlindungan anti air Ultralight Rain Cover 45L yang mampu menjaga tas ataupun barang-barang berharga tetap kering selama berkegiatan sepanjang hari.

Dibuat dari bahan Nylon 70D Wolverine Coating yang ringan dan dirancang dengan fitur packable, sehingga dapat dengan mudah dikemas dan dibawa kemanapun. 

3. EIGER MUMMY 250 SLEEPING BAG

Para petualang pasti sudah paham betapa pentingnya membawa sleeping bag saat bertualang di alam bebas. Fungsinya sendiri untuk menghangatkan tubuh saat tidur agar terhindar dari hipotermia, terutama saat cuaca gunung sedang dingin.

Sleeping Bag Mummy 250 ini bisa jadi pilihan untuk menemani petualanganmu. Mampu menjaga suhu tubuh tetap normal dengan pemakaian optimal dalam suhu 0-15 derajat celcius.

4. EIGER Pangolin 4P Tent

Ini dia Pangolin 4P yang cocok Eigerian bawa sebagai tempat beristirahat, bercengkrama, sekaligus bersantai di alam bebas bersama sahabat pendakian.

Tenda tunnel ini terbuat dari material waterproof polyester, frame fiberglass, dan fitur snow or rain skirt yang membuatnya tahan dalam cuaca panas, berangin, bahkan hujan deras sekalipun.

Tenda berkapasitas 4 orang ini memiliki dua akses pintu masuk, area vestibule yang luas, dan ekstra layer kanopi yang bisa dilepas pasang. 

Selain beberapa rekomendasi produk Eiger Mountaineering di atas, Eigerian dapat menemukan berbagai produk original EIGER lainnya untuk mendukung aktivitas kemah saat hujan di alam bebas semakin aman dan nyaman! Mulai dari tenda, jaket, sepatu, topi, kacamata, blanket, pakaian pria dan wanita, backpack, dan masih banyak lagi.

Yuk langsung temukan berbagai produk terbaik di website Eiger Adventure Official sekarang juga. Lengkapi perlengkapan campingmu sekarang juga dengan harga penawaran spesial, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir seluruh Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru