HomeTips & TrickGreen & HealthySimak 7 Manfaat Gym dan Tips Aman Melakukannya bagi Pemula

Simak 7 Manfaat Gym dan Tips Aman Melakukannya bagi Pemula

Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang melakukannya, ada banyak sekali manfaat gym yang dirasakan jika dijadikan sebagai rutinitas.

Setiap orang punya alasannya masing-masing untuk melakukan rutinitas nge-gym. Berbagai jenis latihan gym punya goals berbeda-beda, seperti menurunkan berat badan, membakar lemak, membangun otot, hingga meningkatkan kebugaran. Namun datang pertama kali ke gym sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi pemula. Biar aktivitas nge-gym semakin seru, menyenangkan, dan manfaat gym bisa kamu optimalkan, simak panduan selengkapnya berikut ini. 

Sederet Manfaat Gym bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat gym yang secara keseluruhan baik untuk kesehatan tubuhmu, antara lain:

  1. Latihan gym dapat mengurangi stress karena produksi hormon endorfin meningkat. Aktivitas latihan gym yang meningkatkan detak jantung bisa membuatmu bersemangat setelah selesai berolahraga.
  2. Dengan latihan gym secara teratur dan mencapai hasil yang kamu inginkan, bisa semakin meningkatkan kepercayaan diri.
  3. Manfaat berikutnya dari nge-gym untuk jangka panjang adalah membantu mencegah pengeroposan tulang. Latihan terbaik untuk melindungi tulang seperti angkat beban.
  4. Nge-gym secara teratur juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Dengan tidur yang berkualitas, maka daya ingat semakin meningkat, stress berkurang, dan lainnya.
  5. Latihan gym secara teratur bisa mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak mitokondria, sehingga simpanan energi dalam tubuh juga semakin banyak. Artinya, semakin sering berolahraga, maka semakin banyak energi yang disiapkan tubuh.
  6. Berbagai latihan kekuatan di dalam gym bisa membantu menjaga kesehatan jantung untuk memompa lebih baik. Latihan kekuatan bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol dan menciptakan lebih banyak massa otot. 
  7. Manfaat gym selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, depresi, hingga berbagai jenis kanker. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak aktif berolahraga ya!

Simak Tips dan Saran bagi Pemula yang Ingin Nge-gym

Terbatasnya pengetahuan dan pengalaman, membuat sebagian pemula merasa kesulitan saat akan memulai rutinitas nge-gym. Akibatnya, aktivitas gym bisa jadi tidak efektif dan tidak meningkatkan massa otot. Berikut ini beberapa tips dan saran yang perlu diperhatikan bagi pemula yang ingin memulai aktivitas nge-gym.

Sumber: Freepik
  1. Simpan smartphone saat nge-gym agar tidak terganggu dan bisa lebih fokus selama latihan. Satu sesi latihan biasanya berlangsung sekitar 1-2 jam. Jadi maksimalkan waktu latihanmu dengan menyimpan smartphone jauh dari jangkauan untuk sementara waktu. 
  2. Pergi nge-gym bersama-sama emmang hal yang menyenangkan dan meningkatkan semangat. Namun hal ini juga bisa membuat kamu tidak fokus selama latihan. Banyak orang yang akhirnya tidak maksimal latihannya karena terlalu banyak mengobrol. Jadi, sebaiknya pergi ke gym sendirian saja agar latihanmu lebih fokus dan intens.
  3. Luangkan waktu untuk melakukan pemanasan yang tepat sebelum melakukan latihan. Pemanasan sebelum nge-gym penting untuk membantu meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas tubuh, merenggangkan otot serta membantu mengurangi risiko cedera. 
  4. Sebagian pemula sering kali sangat bersemangat untuk melakukan gerakan yang berat dan rumit untuk pertama kalinya. Sebaiknya mulai dengan gerakan sederhana dengan teknik yang benar sebelum melanjutkan ke latihan yang lebih sulit dan intens. Jangan terburu-buru melakukan latihan yang berat karena bisa mencelakakan diri sendiri. Banyaklah sharing kepada instruktur gym atau mereka yang sudah lebih dahulu berpengalaman.
  5. Latih dirimu melakukan gerakan-gerakan yang kompleks untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mencapai hasil yang optimal. Mulai dari latihan-latihan untuk memperkuat otot seperti squat, lunge, bench press, shoulder press, deadlift, pull up dan lainnya. 
  6. Perhatikan otot yang mengencang saat latihan seperti leg extensions, biceps curls, triceps press-downs, glute bridges. Ketegangan otot setiap satu gerakan gym ini tentunya penting untuk memaksimalkan latihan kekuatan ototmu. 
  7. Saat latihan angkat beban, jangan kerahkan seluruh kekuatan dan energimu. Saat beban sudah terangkat, memang rasanya lega jika kita sudah mengerahkan seluruh kekuatan. Namun dampaknya sewaktu menurunkan beban akan meluncur dengan cepat dan tidak terkendali. Hal ini bisa membahayakan ototmu.
  8. Gertakan gigi sambil mendorong beban sehingga darah akan mengalir lebih cepat ke otak serta meningkatkan kekuatan, konsentrasi, dan pernapasan lebih stabil.
  9. Berikan waktu istirahat untuk tubuh agar otot-otot yang dilatih bisa melakukan perbaikan dan pemulihan. Tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari sangat penting bagi pelaku gym, di mana tubuh akan memproduksi hormon yang merangsang pertumbuhan otot.
  10. Manfaat gym akan dirasa lebih optimal apabila dipadukan dengan nutrisi yang tepat. Sekitar 1-2 jam sebelum latihan, sebaiknya konsumsi makanan ringan yang berenergi dan mudah diserap tubuh. Setelah latihan, konsumsi makanan tinggi protein untuk pemulihan otot, ya. Jangan lupa untuk mencukupi asupan hidrasi yang dibutuhkan tubuh dan hindari konsumsi alkohol. 

Rekomendasi Outfit Eiger yang Cocok untuk Nge-gym

Jika kamu sudah berniat ingin memulai rutinitas nge-gym, ada beberapa rekomendasi outfit kece dan nyaman dari EIGER yang cocok menemani aktivitas olahragamu. 

1. EIGER MEN’S FLOWMOTION XT SHORT

Mens’s Flowmotion XT Shorts mendukungmu saat berolahraga dengan leggging dalam built-in yang elastis dan beberapa fitur saku. Celana ini juga membuatmu dapat bergerak aktif dan berkeringat dengan nyaman berkat teknologi Tropic Dry yang efektif untuk mempercepat proses pengeringan. Sangat nyaman dan elastis saat digunakan untuk berbagai jenis olahraga!

2. ARGOUN ACTIVE SS TEES

T-shirt Argoun hadir untuk menunjang aktivitas olahraga dengan kenyaman maksimal. Teknologi UV cut pada T-shirt ini melindungi kulit selama beraktivitas. Terbuat dari bahan yang breathable dan menyerap air akan menjagamu tetap segar dan kering saat sedang berolahraga. T-shirt yang bermaterial 92% polyester ini juga dirancang dengan konstruksi flatlock untuk kenyamanan lebih saat dipakai. 

3. EIGER HARRIER SHOES

Selain digunakan untuk lari di luar ruangan, Eigerian bisa gunakan sepatu EIGER Harrier selama aktivitas nge-gym. Sepatu ini memiliki desain low-cut dengan konstruksi Flexeton pada bagian atas sepatu yang menjadikannya lebih fleksibel untuk mendukung pergerakan.

Insole Ortholite yang ringan berfungsi sebagai bantalan dan hentakan. Daya evaporasi insole yang tinggi bisa menguapkan kelembapan untuk menjaga permukaan tetap kering. 

Bagian outsole Vibram juga dirancang khusus dengan grip dan traksi yang memungkinkan kamu untuk bebas bergerak. 

Baca juga: Paling Mudah, Ini 7 Latihan Otot Kaki di Rumah

Tentu saja, banyak produk Eiger Adventure lain yang bisa dipilih langsung di website resminya. Jika kamu belanja di website resmi, kamu bisa mendapatkan banyak benefit. Mulai dari jaminan produk ori, kemudian gratis ongkir ke berbagai daerah, harga terbaik, serta metode pembayaran beragam yang memudahkanmu. Segera dapatkan produk keren dari Eiger Adventure, dan buat OOTD paling keren sekarang juga! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru