HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Manfaat dan 8 Langkah Menanam Pohon di Rumah

7 Manfaat dan 8 Langkah Menanam Pohon di Rumah

Hal sederhana apa yang kira-kira bisa Eigerian lakukan sebagai bentuk partisipasi melestarikan lingkungan dan membuat pemandangan makin sejuk? Salah satu yang pasti terpikirkan adalah menanam pohon bukan?

Jika berbicara mengenai manfaat, mungkin artikel ini akan bisa membahasnya hingga beberapa halaman panjang. Namun secara singkat dan yang paling esensial, beberapa manfaat menanam pohon bisa kamu lihat di sini sebagai motivasi agar turut melakukan kegiatan sederhana yang berdampak masif ini.

Baca Juga: 6 Cara Ciptakan Udara Bersih di Rumah, Jadi Lebih Produktif!

7 Manfaat Menanam Pohon, untuk Diri Sendiri dan Dunia

menanam pohon
Sumber: freepik.com

1. Mengurangi Polusi Udara dan Menghijaukan Bumi

Langkah yang terbilang kecil ini bisa secara signifikan membantu mengatasi masalah polusi udara. Pohon secara alami mampu menyerap gas polutan dari udara, menyaring partikel kecil berbahaya, dan menghasilkan oksigen dalam prosesnya.

Di waktu yang sama, tampilan hijau yang rindang jelas akan jadi penyejuk indera penglihatan.

2. Membuat Rumah Sejuk

Kesejukan juga bisa kamu rasakan di rumah ketika banyak pepohonan di sekitar areanya. Produksi oksigen yang melimpah akan membantu mengurangi hawa panas yang dirasakan. Belum lagi perlindungan dari daun dan dahan yang rindang, membuat sinar matahari tidak langsung terpapar ke area rumah.

3. Menjadikan Rumah Lebih Tenang

Rumah yang nyaman adalah rumah yang tenang dan terlindung dari kebisingan lingkungan sekitar. Pohon juga akan berfungsi membantu menciptakan kondisi ini, karena secara alami batang dan daun pepohonan bisa membantu mengurangi kebisingan yang terasa di dalam rumah.

Kamu bisa menikmati ketenangan yang kamu perlukan selama di rumah atau di lingkungan teras, dengan orang-orang terdekat atau kegiatan yang kamu sukai.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Banyak studi menunjukkan bahwa berada dekat dengan alam membuat kualitas hidup seseorang meningkat secara drastis. Tentu saja, menanam pohon di area rumah juga bisa mendekatkan kamu dengan alam, karena pohon adalah salah satu elemen alam yang solid.

Udara yang bersih, ketenangan selama di rumah, hawa sejuk, dan pemandangan hijau, siapa yang tak ingin hidup seperti ini?

5. Kontribusi untuk Mencegah Banjir

Pohon juga secara alami membutuhkan air yang jumlahnya tidak sedikit. Di musim hujan, hal ini bisa membantu lingkungan rumah terhindar dari bencana banjir yang datang karena debit air terlalu besar. Apalagi jika kegiatan menanam pohon di rumah ini dilakukan banyak orang di lingkunganmu, tentu hasilnya akan semakin terasa.

6. Suplai Buah dan Sayuran Segar

Lebih umum penanaman berbagai jenis tanaman di area rumah juga bisa memberikan hasil secara langsung berupa buah dan sayuran. Dihasilkan dari hasil usaha sendiri, tentu buah dan sayur yang sehat ini akan terasa lebih segar.

Di waktu yang sama merawat pohon akan jadi hobi dan kegiatan yang juga menyehatkan karena membuatmu bersentuhan dengan alam secara langsung.

7. Menyediakan Tempat Tinggal Hewan

Bukan tidak mungkin berbagai jenis hewan akan membuat tempat tinggal di pepohonan yang kamu tanam. Burung bisa membuat sarang, tupai juga membuat rumahnya, dan berbagai hewan lain. Hal ini akan menambah suasana asri di lingkungan rumah.

Tapi ingat, kamu juga perlu waspada pada hewan yang sifatnya mengganggu seperti tikus, nyamuk, atau serangga pengganggu lainnya.

Mulai Tertarik? Ini 8 Cara Praktis untuk Mulai Menanam Pohon di Rumah!

menanam pohon
Sumber: freepik.com

Untuk memulainya tidak ada hal yang sulit dan menjadi penghalang. Terlebih saat kamu sudah tertarik dan mulai ingin mendapatkan ketujuh manfaat yang dituliskan di atas tadi. Kamu hanya perlu melakukan delapan langkah sederhana ini untuk mulai menanam pohon di rumah.

Dengan asumsi semua bahan dan bibit pohon sudah siap, berikut langkah yang bisa kamu coba.

  • Pertama, keluarkan bibit dari pot atau polybag yang dipakai. Kamu bisa menggunakan sekop dan melubangi tanah sebagai tempat bibit tersebut akan ditanam
  • Kedua, buat lubang di tanah dengan ukuran dua kali lebih besar dari ukuran akar bibit pohon yang akan kamu tanam. Pastikan juga lubang yang digali untuk bibit ini dilebihkan 10 cm kedalamannya
  • Ketiga, tambahkan kompos dan pupuk kandang pada tanah sisa galian tadi, dan campur sampai rata
  • Keempat, rapikan akar bibit pohon yang akan ditanam. Kamu bisa memotong bagian akar yang rusak agar pohon bisa lekas tumbuh
  • Kelima, buat bibit berdiri di bagian tengah lubang yang sudah disiapkan, dan tutup lubang memakai tanah yang sudah dicampur pupuk tadi
  • Keenam, taburkan pupuk kandang di permukaan tanah dan berikan air secara perlahan
  • Ketujuh, tambahkan mulsa organik pada kompos bagian atas. Tepuk=tepuk tanahnya dengan kuat kemudian siram lagi dengan air supaya mulsa menjadi basah
  • Kedelapan, awasi secara berkala dan rawat pohon yang kamu tanam dengan baik. Berikan paparan sinar matahari, pupuk, dan air secukupnya dan bersihkan dari hama yang mengganggu

Mudah ‘kan?

Baca Juga:  7 Langkah Sederhana Penghijauan Lingkungan

Menanam pohon bisa jadi satu kegiatan dan hobi yang produktif, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk alam dan lingkungan sekitar. Kepedulian kecil yang diwujudkan dalam aksi nyata jelas lebih baik dari sekedar wacana dan rencana belaka. Untuk itu, kamu bisa menemukan dukungan penuh menggunakan berbagai peralatan berkualitas dari Eiger Adventure. Dikenal sebagai salah satu brand besar yang peduli pada kelestarian lingkungan, produk yang ditawarkan Eiger Adventure dapat mendukung penuh usaha produktif yang kamu lakukan ini. Temukan produk menariknya di situs resmi, dan dapatkan benefit di setiap pembelian yang kamu lakukan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru