HomeTips & TrickMountaineeringManfaat Hiking untuk Anak, Apa Saja?

Manfaat Hiking untuk Anak, Apa Saja?

Adapun manfaat hiking untuk anak bisa berpengaruh pada kondisi kognitif, psikologis, dan sosial anak. Hiking merupakan salah satu aktivitas luar ruang yang bisa dicoba bersama anak-anak.

Menikmati waktu bersama anak-anak sambil eksplorasi alam dapat menjadi pilihan untuk liburan keluarga di akhir tahun. Menurut Rioriuadventure yang diajak Instagram Live bersama EIGER, gunung-gunung yang ramah didaki oleh anak-anak di antaranya ada Papandayan, Gede, Prau, Ungaran, Andong, Bismo, dan Telomoyo.

Ia menuturkan lagi, hiking bersama anak-anak bisa mendukung anak agar mereka bisa tubuh yang sehat dan  pikiran yang jernih. Selain itu, hiking bersama anak-anak juga memberikan manfaat terciptanya kualitas keluarga yang lebih baik.

Lantas, apalagi manfaat hiking untuk anak?

Manfaat Hiking untuk Anak 

Dengan mengajak anak-anak untuk hiking, mereka akan mendapat manfaat berikut:

1. Manfaat fisik

Memiliki rasa takut bagi anak-anak merupakan bagian alami dari kehidupan. Apalagi, jika itu adalah hal pertama yang mereka hadapi. 

Dengan mendaki gunung, anak-anak bisa mencoba hal-hal baru, menguji keterbatasan mereka, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengetahui kemampuan mereka, dan mengambil risiko sesuai dengan usia mereka. Selain itu, mendaki gunung juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk meningkatkan keterampilannya dalam mencapai prestasi baru. 

Adapun manfaat fisik yang diperoleh dari hiking, yaitu:

  • Mengembangkan antusias anak untuk aktivitas fisik
  • Meningkatkan perkembangan otot
  • Mendukung kesehatan hati dan paru-paru
  • Menstimulasi kesehatan pencernaan dan nafsu makan
  • Meningkatkan kemampuan motorik
  • Mengurangi kemungkinan obesitas
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Baca juga: Solo Hiking: Manfaat, Risiko, dan Persiapannya

2. Manfaat sosial

Saat beberapa anak menghabiskan waktu untuk belajar dari buku yang mereka pelajari di dalam kelas, anak-anak kamu juga bisa belajar dari aktivitas luar ruang loh. 

Nah, berikut ini manfaat sosial yang bisa anak-anak dapatkan saat hiking:

  • Mendapatkan kompetensi sosial
  • Mendorong kemampuan kooperatif dalam grup
  • Menyediakan kesempatan untuk lebih dekat dengan suatu perkumpulan
  • Menciptakan waktu yang berkualitas bersama keluarga
  • Meningkatkan frekuensi dan durasi dari keterikatan sosial dan fisik
  • Membantu kesehatan psikososial dan perkembangan diri
  • Menyediakan perasaan untuk terkoneksi dengan komunitas

Baca juga: Pakaian Hangat untuk Musim Dingin yang Cocok untuk Hiking

3. Manfaat perkembangan karakter 

Perasaan khawatir, sedih, atau marah adalah emosi yang sulit untuk dikendalikan. Pola ini terus berulang, bisa merusak, bahkan membuat depresi.

Dengan melakukan perilaku yang positif, anak-anak terbantu untuk menghentikan perasaan buruk mereka. Menurut sebuah penelitian tentang hiking, 90 menit yang dihabiskan di lingkungan hijau sudah cukup untuk mengurangi pikiran negatif terhadap diri sendiri. 

Berikut manfaat perkembangan karakter dari hiking:

  • Mengembangkan intuisi
  • Mengajarkan apresiasi tentang lingkungan 
  • Mendorong kebebasan bermain
  • Meningkatkan kesadaran pikiran
  • Memberikan kesempatan untuk berefleksi
  • Membantu menciptakan perasaan optimis
  • Menemukan passion anak-anak
  • Mendukung anak-anak untuk mengetahui batasan mereka

Rekomendasi Gunung yang Bisa Didaki oleh Anak

Eigerian, kalau kamu mau ajak anak-anak ke gunung, kamu bisa ajak mereka ke gunung-gunung berikut:

Baca juga: Pakaian Hangat untuk Musim Dingin yang Cocok untuk Hiking

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Lokasi ini dikenal dengan destinasi wisata alam bernama Taman Wisata Alam Gunung Papandayan atau TWA Gunung Papandayan. 

Gunung Papandayan terletak di Desa Simajaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, serta Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Adapun objek wisata yang ada di Gunung Papandayan, yaitu Kawah Baru, Kawah Emas, Kawah Pengantin, Kawah Nangklak, Pondok Salada Camping Area, dan masih banyak lagi.

2. Gunung Gede

Gede merupakan salah satu destinasi yang populer dikunjungi di Jawa Barat, tepatnya di Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl.

Terdapat tiga jalur pendakian dari masing-masing kabupaten, yaitu Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana. Tidak hanya menjadi wisata pendakian, Gunung Gede juga menjadi pusat konservasi dan penelitian botani. 

3. Gunung Prau

Prau memiliki ketinggian 2.590 mdpl dan terletak di Jawa Tengah. Gunung Gede masuk dalam wilayah Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo. 

Jalur pendakian untuk mencapai Puncak Gunung Prau ada via Dieng, Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dwarawati, dan Wates. Saat ke Gunung Prau, kamu bisa memakai ojek untuk mencapai basecamp Pos 1.

4. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl dan merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kawasan gunung ini dikelilingi dengan Kota Semarang, Laut Jawa, Ungaran, dan Candi Songo.

Adapun jalur pendakian Gunung Ungaran, yaitu Jalur Basecamp Mawar, Candi Gedong Songo, Promoasan, dan Parantunan Gintungan Bandungan. Adapun sederet puncak Gunung Ungaran yang mengesankan, seperti Botak, Gendol, dan Ungaran.

5. Gunung Andong

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Ramah untuk pendaki pemula, gunung ini terletak di antara Desa Ngablak dan Desa Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Andong memiliki enam basecamp yang menjadi titik mula pendakian Gunung Andong. Empat basecamp ada di Kecamatan Ngablak, yaitu via Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, dan Dusun Temu.

6. Gunung Bismo

Gunung Bismo memiliki ketinggian 2.365 mdpl dan terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Mempunyai beberapa jalur pendakian dengan panorama menawan, jalur pendakian Gunung Bismo terdiri dari Sikunang, Silandak, dan Deroduwur.

Jika ingin mendaki ke Gunung Bismo sebaiknya tubuh dalam kondisi prima, memakai peralatan mendaki yang kompitabel, mempersiapkan P3K, membuka logistik secukupnya, menyiapkan jas hujan, buah sampah pada tempatnya, dan mendaki bersama rombongan jika kamu baru pertama kali naik gunung.

Daparkan Manfaat Hiking untuk Anak Bersama EIGER!

Nah, itulah rekomendasi manfaat hiking untuk anak. Biar mendaki bersama anak semakin seru, kamu bisa memakai produk EIGER.

Ayo belanja perlengkapan traveling di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

Baca juga: Cari Tahu Manfaat Orienteering dan Tips Melakukannya, Yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru