HomeTips & TrickGreen & HealthySudahkah Kamu Coba Meditasi Hujan? Ini Manfaat dan Tipsnya!

Sudahkah Kamu Coba Meditasi Hujan? Ini Manfaat dan Tipsnya!

Setiap orang pasti mengalami emosi negatif dari waktu ke waktu dan ini adalah hal yang normal terjadi. Namun, saat emosi negatif terus ada dan membebani, ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Untungnya ada teknik meditasi sederhana yang bisa kamu gunakan untuk membantu melepas emosi negatif, disebut sebagai meditasi hujan (RAIN).

Meditasi hujan atau RAIN meditation dilakukan dengan berbelas kasih dan jujur terhadap diri sendiri. Salah satu mindfulness practice ini berfokus pada memperhatikan diri sendiri secara aktif sembari menyayangi diri sendiri. Nah, jika Eigerian ingin mendalami apa itu RAIN meditation, mari simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Meditasi Hujan “RAIN”

Saat kamu berada dalam ruang pikiran negatif dan merasa perlu ketenangan, momen meditasi hujan atau RAIN bisa mendatangkan efek positif terhadap diri sendiri. Namun, sebelum Eigerian mengeksplorasi seperti apa meditasi RAIN, pertama-tama ketahui apa saja manfaatnya untuk memelihara kesehatan fisik dan mental.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Saat seseorang mengalami krisis kepercayaan diri, meditasi RAIN bisa membantu untuk membangkitkan diri kembali. Dengan menerapkan teknik yang tepat dengan berhenti sejenak, membiarkan diri, dan bernapas, maka seluruh ketidakpastian akan luruh dan kepercayaan diri akan meningkat. 

Pada akhirnya, akan timbul keyakinan dalam diri sendiri bahwa semua yang sedang terjadi bisa dihadapi dengan baik.

2. Mengurangi Stres secara Signifikan

RAIN adalah salah satu metode meditasi yang bisa kamu lakukan kapan pun dan dimana pun. Cukup dengan meluangkan beberapa menit dalam satu hari, meditasi ini bermanfaat untuk mengurangi stres secara signifikan, lho.

Stres bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik karena menyebabkan berbagai permasalahan seperti tekanan darah tinggi, sakit kepala, hingga masalah pencernaan. 

Momen meditasi ini akan membantumu untuk mengenali dan tidak menyangkal segala macam emosi yang dirasakan, serta yang paling utama membantumu keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Sumber: Freepik

3. Kualitas Tidur semakin Lebih Baik

Manfaat berikutnya dari meditasi hujan adalah meningkatkan relaksasi dan menimbulkan rasa tenang dalam diri. Kondisi ini sangat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur karena bisa membantu menenangkan pikiran yang terlalu berat dan mengganggu di malam hari.

Dengan tidur yang berkualitas, sistem kekebalan tubuh akan meningkatkan, suasana hati akan lebih baik, dan aktivitas sehari-hari akan lebih semangat. 

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Meditasi RAIN juga membantu melatih pikiran untuk fokus pada momen saat ini sehingga tidak mengganggu kegiatan produktif yang harus dilakukan sehari-hari. Hal ini sangat membantu bagi kamu yang mudah terdistraksi atau ingin menjadi lebih produktif setiap hari. 

Tips Melakukan Meditasi “RAIN”

Sering kali dengan mengingat hal-hal yang tak menyenangkan bisa menciptakan lingkaran setan yang bisa memengaruhi kesehatan mental, emosional, dan fisik. Eigerian perlu mengatasinya dengan cara mematahkan pola pikiran negatif yang ada. Meditasi RAIN mengajarkan kita bagaimana mengenali masalah dan menemukan solusi yang tepat.

Tips melakukan meditasi hujan cukup dengan mengingat dan mengaplikasikan rumus dari RAIN itu sendiri. Dilansir dari laman Estherkane, terapkan panduan meditasi ‘RAIN’ versi Tara Brach berikut ini yang bisa kamu aplikasikan pada situasi apapun. 

Recognize what is going on (Kenali apa yang sedang terjadi)

Mengenali berarti secara sadar mengakui pikiran, perasaan, dan perilaku yang mempengaruhi dirimu. Ini bisa dilakukan dengan berbisik pada diri sendiri menyebutkan apa saja yang sedang dialami.

Allow the experience to be there, just as it is (Biarkan pengalaman itu ada, apa adanya)

Membiarkan artinya membiarkan pikiran, emosi, dan perasaan yang dialami, tanpa berusaha menyangkal atau menghindarinya. Kamu mungkin mengenali rasa takut dan membiarkannya dengan membisikkan pada diri sendiri “tidak apa-apa”.

Ciptakan jeda waktu yang cukup untuk memperdalam perasaan diri sendiri.

Investigate with interest and care (Selidiki dengan penuh ketertarikan dan perhatian)

Untuk menyelidikinya, bangkitkan keingintahuan dalam diri dan arahkan perhatian yang terfokus pada momen yang terjadi saat ini. Kamu mungkin bertanya pada diri sendiri: “Apa yang paling ingin dibutuhkan” dan lainnya. 

Nurture with self-compassion (Pelihara dengan belas kasih pada diri sendiri)

Rasa kasih sayang pada diri sendiri muncul secara alami pada saat kamu menyadari bahwa sedang tidak baik-baik saja. Cobalah rasakan apa yang paling dibutuhkan untuk disembuhkan, seperti luka atau ketakutan. Kemudian cari cara untuk mengatasi perasaan yang kurang menyenangkan. 

Cobalah melembutkan dan membuka hati untuk menghibur diri. Bisikkan pada diri sendiri, misalnya “Aku di sini bersamamu. Aku minta maaf dan aku mencintaimu. Itu bukan salahmu. Percayalah kebaikan akan selalu datang.”

Kapan Waktu yang Tepat untuk Meditasi RAIN?

Meditasi hujan bisa kamu lakukan kapan pun waktunya saat menghadapi situasi yang menantang dan tidak menyenangkan. Kamu bisa melakukannya saat pagi atau malam hari secara rutin. Atau sesuai dengan namanya, kamu bisa melakukan meditasi hujan saat hujan turun. 

Kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan pun waktunya, misalnya di halaman depan rumah, taman kota, pinggir danau atau ruang terbuka hijau yang menambah kesegaran.

Meditasi ini bisa kamu lakukan sembari melakukan aktivitas lain seperti saat jalan di pagi hari sembari menghirup udara segar.

Baca juga: 7 Cara Meditasi yang Benar, Cocok untuk Pemula!

Yuk Mulai Gaya Hidup yang Sehat Setiap Hari

Sumber: Eiger Adventure

Meditasi hujan atau RAIN meditation bisa menjadi salah satu metode terbaik untuk memelihara kesehatan fisik dan mental yang baik. Jadikan meditasi sebagai sebuah lifestyle yang bisa mengubah kehidupanmu ke arah yang lebih baik dan selalu positif. 

Meski berdampak pada kondisi fisik yang semakin baik seiring waktu, meditasi tidak bisa mengganti kegiatan olahraga fisik. Jadi, Eigerian tetap perlu melakukan olahraga secara teratur seperti jogging, workout, bersepeda, renang, maupun pergi ke gym. Selain itu, pastikan selalu menerapkan pola makan sehat sebagai investasi masa depan yang sangat penting.

Nah, bagi Eigerian yang ingin melengkapi perlengkapan olahraga seperti matra, celana legging, baju olahraga, jaket, dan lainnya, langsung belanja online sekarang juga melalui website Eiger Adventure Official.

Belanja online di website Eiger Adventure Official, kamu akan menemukan ratusan produk outdoor gear dari EIGER dengan jaminan produk original, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Yuk, buruan cek dan checkout barang pilihanmu sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru