HomeTips & TrickMengenal Baju Unisex Beserta Desain dan Ukurannya, Simak Yuk!

Mengenal Baju Unisex Beserta Desain dan Ukurannya, Simak Yuk!


Unisex merupakan istilah yang populer dan banyak digunakan di industri fashion. Istilah ini kerap disematkan pada beberapa produk salah satunya baju unisex. 

Mengutip dari urban dictionary, unisex memiliki arti dua jenis kelamin dapat digunakan. Maksudnya, konsep unisex menggambarkan sebuah produk yang tidak mementingkan gender, sehingga bisa digunakan oleh pria maupun wanita. 

Baca Juga: 9 Inspirasi OOTD Baju Hitam untuk Pria dan Wanita

Mengenal Istilah Unisex

Istilah unisex, pertama kali digunakan pada tahun 1968 oleh Life majalah asal Amerika. Unisex pada umumnya mengacu pada baju atau pakaian yang dibuat terlepas dari jenis kelamin pemakainya. 

Karena sebagaimana diketahui, setiap pakaian memiliki kegunaan dan gendernya masing-masing. Contohnya seperti di sekolah yang mewajibkan siswa memakai celana dan siswi wajib memakai rok. 

Untuk mendobrak klasifikasi tersebut, hadirlah konsep unisex yang bisa dipakai siapa saja. Secara tidak langsung, tren ini menunjukan jika industri fashion bisa menjadi salah satu gerbang menuju kesetaraan. 

Seiring berjalannya waktu, konsep ini mulai diadopsi banyak merek di industri fashion dan selebriti dunia. Konsep ini akan menjadi tren mode yang bertahan lama, sebab tidak membatasi pemakainya. 

Model-Model Baju Unisex

Dalam perkembangannya, konsep unisex telah hadir dalam beberapa model. Di Indonesia yang lekat dengan budaya timur, konsep ini telah melebur bersama keseharian masyarakat terlebih kaum muda. 

Berikut ini beberapa model baju unisex yang paling populer dan bisa kamu gunakan untuk sehari-hari. 

1. Baju Hangat (Sweater)

Baju hangat atau sweater unisex biasanya memiliki corak warna yang netral seperti hitam atau abu-abu. Potongannya pun cenderung lurus dan tidak melengkung. 

Namun saat ini tak sedikit juga baju hangat yang menggunakan warna-warna mencolok seperti kuning dan pink. 

Sweater cocok digunakan bersama celana panjang, bisa celana kargo, jeans, ataupun chino. Selain itu, kamu bisa padukan sweater tanpa kerah dengan menggunakan kemeja untuk style yang lebih fashionable.

2. Polo Shirt

Kaos polo pada umumnya sering digunakan untuk aktivitas olahraga golf dan tenis. Namun, seiring waktu kaos ini sering ini digunakan pada acara-acara formal. 

Saat ini telah tersedia kaos berkerah dengan model unisex yang tak hanya digunakan oleh pria, namun juga wanita. 

Model pakaian ini sering menjadi pilihan utama untuk datang ke acara-acara semi formal. Selain itu kaos ini nyaman saat digunakan serta cocok dipakai siapa saja, baik pria maupun wanita.  

Baca Juga: 5 Bahan Baju yang Adem, Salah Satunya Dari Bahan Alami

3. Kaos Oblong (T-shirt)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis kaos yang satu ini. Kaos oblong atau disebut juga T-shirt merupakan jenis pakaian yang menutupi lengan, dada, bahu, hingga perut. 

Berbeda dengan pakaian lainnya, kaos oblong umumnya tidak memiliki kancing, kerah, atau saku. Kaos ini biasanya terbuat dari bahan katun atau polyester

Saat ini telah banyak kaos oblong dengan model unisex sehingga bisa digunakan oleh pria dan wanita. Agar lebih menarik biasanya kaos oblong dilengkapi dengan sablon gambar yang eye catching

4. Hoodie 

Selain beberapa model pakaian di atas, hoodie juga termasuk salah satu pakaian unisex yang bisa dipakai oleh pria dan wanita. 

Hoodie merupakan pakaian hangat dengan penutup kepala serta lengan panjang yang dilengkapi saku di bagian depan. Biasanya hoodie terbuat dari bahan katun dan polyester atau campuran keduanya yang membuat hoodie lebih tahan lama. 

Tips Memilih Baju Unisex

Pakaian merupakan kebutuhan penting untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin dan panas. Maka dari itu, pilihlah pakaian yang nyaman saat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. 

Jika kamu masih bingung dalam memilih pakaian, yuk simak beberapa tips dalam memilih baju unisex!

  • Jenis Bahan

Baju unisex biasanya terbuat dari bahan katun, linen, atau polyester. Namun, bahan katun merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk baju. Pasalnya bahan katun sangat lembut dan sejuk saat dipakai. 

  • Desain dan Gambar 

Pakaian dengan desain yang sederhana dengan gambar yang menarik memang layak dijadikan pilihan. Selain membuat lebih percaya diri, tampilan kamu juga akan terlihat lebih menarik dan stylish. 

  • Warna

Pemilihan warna saat membeli baju memang tidak bisa diabaikan. Bisa jadi warna pakaian yang digunakan tidak sesuai dengan warna kulit yang dimiliki.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyesuaikan warna baju dengan warna kulit. Pasalnya warna yang sesuai akan membuat kamu lebih percaya diri. 

Beberapa warna ada yang memiliki karakter kuat, memberikan kesan lembut, kesan ramah dan beberapa kesan lain yang perlu kamu pertimbangkan. Jangan sampai salah pilih ya!

  • Ukuran

Saat membeli baju, kerap kali kita salah dalam menentukan ukuran, terlebih saat belanja online. Maka dari itu kamu perlu memperhatikan dengan benar mengenai ukuran baju yang dipilih. 

Kamu bisa melihat dari size chart yang disediakan setiap toko. Selain itu ukurlah kamu bisa menentukan ukuran baju dari berat dan tinggi badan, serta bentuk tubuh yang kamu miliki. 

Rekomendasi Baju Unisex EIGER

1. EIGER EREBOUR T-SHIRT

Rekomendasi baju unisex yang pertama adalah EIGER Erebour yang dirancang untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. 

Kaos lengan panjang ini dibuat dengan bahan khusus tropic dry agar pakaian cepat kering saat berkeringat atau terkena cipratan air hujan dengan intensitas ringan.

Uniknya pada kaos ini telah dilengkapi oleh penutup kepala serta lubang di ujung lengan, dengan fungsi untuk menjaga dari paparan sinar matahari ataupun membuat tubuh tetap hangat. 

2. EIGER SEMBILANG NATIONAL PARK TEES

Kaos EIGER

Selanjutnya ada kaos dari edisi spesial taman nasional di Indonesia, EIGER Sembilang National Park yang merupakan kaos lengan pendek. 

Kaos ini memiliki desain menarik yang menampilkan keindahan hutan mangrove dan area rawa serta sungai di Taman Nasional Sembilang, membuat penampilanmu lebih eye catching.

Ketika membeli kaos ini, Eigerian akan mendapatkan pouch sebagai kemasan yang bisa digunakan kembali untuk mendukung gerakan sustainability. Jangan khawatir, kaos ini bisa dipakai oleh pria dan wanita serta telah tersedia dalam berbagai ukuran.

3.EIGER EXRE JOHNNY BRITTAIN T-SHIRT

Baju Unisex

Bagi Eigerian yang menyukai aktivitas riding, kaos ini cocok digunakan untuk mendukung style petualangan yang lebih menarik. 

Exre Johnny Brittain merupakan edisi spesial kolaborasi antara EIGER dan Royal EnfielD. Kaos lengan panjang yang terbuat dari bahan katun ini sangat nyaman saat digunakan. 

Selain itu, pada kaos ini terdapat desain ciamik yang menggambarkan aktivitas riding dengan pengalaman yang menyenangkan. 

4. EIGER GRANDE MUNCHES T-SHIRT

Sweater EIGER

Berikutnya ada EIGER Grande Munches yang merupakan kaos lengan panjang dengan potongan oversized. 

Pakaian ini terbuat dari bahan katun tebal yang membuatnya lembut dan sangat nyaman digunakan sehari-hari. Saat musim dingin, kaos lengan panjang ini akan menjaga kamu tetap hangat. 

Grande Munches cocok dipadukan dengan gaya kasual atau gaya minimalis. Kamu bisa memadukannya dengan menggunakan celana chino atau celana jeans, dijamin makin kece deh! 

5. EIGER NEIGHBORLY SWEATER

Baju Unisex

Saat musim penghujan atau musim dingin tiba, menggunakan pakaian hangat merupakan pilihan yang tepat. 

Kamu bisa memilih hoodie EIGER Neighborly untuk menemani aktivitasmu. Bahan yang nyaman dan hangat dari Neighborly, akan menyertai kamu di segala situasi. 

Pada hoodie ini telah dilengkapi penutup kepala yang dapat disesuaikan dengan tali serta saku depan untuk menyimpan barang bawaan seperti handphone. Selain itu, terdapat desain sablon EIGER Ride and Camp pada bagian dada dan punggung. 

6. EIGER MENS R.TRIPA SS POLOSHIRT

Kaos polo memang identik digunakan saat olahraga golf atau tenis. Pasalnya, kaos berkerah ini memberikan kesan gagah dan stylish pada pemakainya. 

Kaos polo juga menjadi tren fesyen saat ini. Kamu bisa memilih Tripa SS Polo Shirt sebagai pakaian sehari-hari. Kaos polo lengan pendek ini dirancang dengan bahan cepat kering untuk menjaga kamu tetap aktif sepanjang hari. 

Kaos ini sangat cocok digunakan dengan style kasual. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menunjang kegiatan luar ruang seperti hiking, trekking, maupun riding. 

7. EIGER HIMALAYAN NEPAL T-SHIRT

Baju Unisex

Kaos merupakan pakaian yang simpel untuk digunakan di segala situasi baik saat bekerja, kuliah, atau aktivitas luar ruangan seperti hiking dan riding.

Oleh karena itu, T-shirt Himalayan Nepal siap mendukung aktivitas sehari-hari kamu. Kaos ini terbuat dari bahan yang nyaman serta dirancang dengan sablon grafis ilustrasi Gunung Everest pada bagian depan. 

Untuk menciptakan tampilan yang menarik, kamu bisa padukan T-shirt ini dengan bawahan favorit sehingga terlihat lebih fashionable

Pakai Baju Unisex Favoritmu!

Nah, Itulah penjelasan mengenai baju unisex artinya untuk semua gender beserta beberapa rekomendasinya. Di zaman sekarang, baju unisex menjadi komoditi yang menjanjikan karena memiliki target pasar yang lebih luas.

Selain berguna untuk melindungi tubuh layaknya baju lainnya, baju unisex juga bisa disebut sebagai pendobrak isu kesetaraan gender yang selalu bergaung dari zaman ke zaman. 

Eigerian bisa memakai baju unisex favorit untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Dapatkan segera dengan belanja di website resmi EIGER Adventure Official Store. 

Selain baju, kamu juga bisa dapatkan beragam perlengkapan dan aksesoris seperti tas, sepatu, topi, kacamata, dan yang lainnya. Dengan jaminan produk yang original serta terdapat banyak promo menarik siap memanjakan proses belanjamu. Dapatkan juga keuntungan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru