HomeTips & TrickMountaineeringSerba-serbi Naik Gunung: Pentingnya Mengenal Istilah Pendakian

Serba-serbi Naik Gunung: Pentingnya Mengenal Istilah Pendakian

Tahukah kamu, kalau kegiatan pendakian atau naik gunung pertama kali dilakukan oleh Antoine de Ville di gunung Aiguille pada tahun 1492 silam? Saat itu, Antoine diperintahkan oleh Charles VIII, untuk mengukur skala gunung tersebut. Dikarenakan saat itu masih kental dengan unsur keagamaan, Antoine punya harapan bahwa dirinya akan menemukan para dewa saat mencapai puncak. Nah, kalau kamu ingin bertemu siapa jika berkesempatan bisa sampai di puncak gunung? 

Dulu, aktivitas mendaki gunung memang menjadi hobi bagi segelintir orang saja. Tapi kini, naik gunung bisa dibilang telah menjadi gaya hidup sebagian besar kalangan. Kalau kamu tidak percaya, coba saja tengok danau Ranu Kumbolo di kaki gunung Semeru, Jawa Timur. Sekian tahun yang lalu, danau yang menjadi tempat singgah pertama bagi para pendaki gunung Semeru ini terlihat sepi dan sunyi. Hingga beberapa tahun belakangan ini danau tersebut semakin ramai dengan tenda para pendaki.

Sayangnya, kepopuleran kegiatan naik gunung tidak dibarengi dengan penguasaan dan kemampuan yang baik tentang pendakian oleh para pendaki. Sampai akhirnya risiko tinggi di alam pun tidak dapat diantisipasi karena minimnya wawasan. Yang paling sering dianggap sepele adalah tidak mengenal istilah pendakian. Padahal pemahaman terhadap istilah-istilah pendakian ini hukumnya wajib bagi para pendaki. Memangnya, istilah apa saja yang perlu diketahui sebelum melakukan pendakian? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Hiking dan Tracking

naik gunung

Sebenarnya, istilah hiking memiliki arti berjalan kaki di alam bebas. Namun, para pendaki sering kali mengartikannya sebagai kegiatan mendaki gunung. Sementara tracking memiliki arti yang hampir sama dengan hiking, yaitu berjalan panjang dengan menggunakan kaki saat mendaki gunung. Tetapi biasanya istilah ini digunakan saat membahas perjalanan dari pos satu ke pos yang lainnya. 

Mountaineering

Istilah pendakian selanjutnya adalah mountaineering, yaitu kegiatan mendaki gunung yang dilakukan dengan keahlian dan peralatan khusus yang memadai. Untuk melakukan mountaineering, para pendaki harus memiliki fisik yang kuat dan persiapan yang matang. Pasalnya, selain harus naik-turun gunung dengan berbagai tantangan, para pendaki juga harus memiliki pengetahuan dan melakukan pelatihan terlebih dahulu untuk menganalisis rute pendakian dalam kegiatan naik gunung ini. Kegiatan mountaineering ini lebih populer di Eropa, karena kondisi pegunungannya dengan medan bebatuan yang curam dan tajam.

Simaksi

Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) diibaratkan sebagai tiket masuk para pendaki sebelum melakukan pendakian ke gunung tertentu. Simaksi ini biasanya bisa diurus secara online maupun offline melalui loket konservasi yang sudah disediakan. Biasanya, beberapa gunung mempunyai peraturan jumlah kuota pendakian. Jadi, pastikan kamu memesan izin ini jauh-jauh hari.

Shelter dan Pos

naik gunung

Shelter yaitu tempat singgah yang bisa digunakan untuk bermalam oleh para pendaki gunung. Biasanya shelter cenderung lebih luas, di mana di sana juga terdapat sumber mata air. Sedangkan pos diartikan sebagai tempat singgah sementara, menjadi tanda jarak sebelum mencapai puncak, serta sebagai penitipan barang agar kegiatan pendakian lebih mudah.

Ranger

Ranger adalah penjaga Taman Nasional Gunung, yang bertugas untuk menjaga hutan, merangkum laporan pendaki, serta memberikan informasi penting saat berada di gunung.

Leader dan Sweeper

Dua istilah ini sering digunakan oleh pendakian berkelompok. Ketika kelompok melakukan tracking, maka posisi leader ada di paling depan dan bertugas untuk membuka jalan. Posisi leader ini biasanya diisi oleh anggota yang paling berpengalaman dalam hal pendakian gunung. Sedangkan sweeper berada di posisi paling belakang saat melakukan tracking. Sweeper ini bertugas untuk mengamankan anggota kelompok.

Hipo

Istilah Hipo digunakan saat ada pendaki yang mengalami gejala menggigil, pucat, tidak sadarkan diri, serta denyut nadinya melemah karena kedinginan dan kurang mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Yang dimaksud Hipo ini adalah Hipotermia, yaitu suatu kondisi di mana sistem dalam tubuh untuk pengaturan suhu badan kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Menurut survei, orang yang mengalami Hipo tanpa penanganan, bisa dipastikan akan meninggal dunia. Jadi, jika kami atau salah satu teman mendakimu mengalami gejala Hipo, segeralah melakukan tindakan untuk mengatasi Hipo agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bivak

naik gunung

Bivak adalah sebuah tenda sederhana yang digunakan sebagai tempat peristirahatan sementara saat naik gunung. Fungsi dari Bivak ini adalah sebagai tempat berlindung sementara di alam bebas dari aneka gangguan cuaca, binatang buas, dan angin. Biasanya, Bivak terbuat dari berbagai peralatan, baik dari alam (goa, kayu, ranting pohon), maupun dari jas hujan atau ponco yang dibawa oleh pendaki.

Tik-tok

Tik-tok atau tektok adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan naik-turun gunung dalam waktu satu hari tanpa menginap atau membuat kemah di gunung. Istilah ini muncul untuk para pendaki yang akan mendaki gunung dengan jarak tempuh puncak tidak jauh, yang rata-rata hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja.

Porter

Istilah Porter ini tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, Porter bisa menjadi istilah yang paling berbahaya saat mendaki gunung. Ingat ya! Kamu jangan langsung setuju jika salah satu temanmu bilang kamu harus jadi Porter. Porter adalah orang-orang yang dibayar untuk membantu para pendaki untuk membawa barang-barang mereka pada saat melakukan aktivitas pendakian gunung. Seringnya, Porter juga bertugas untuk menyiapkan makanan pada saat pendakian.

Nah, kini kamu sudah tahu istilah-istilah pendakian saat akan naik gunung. Mengetahui istilah-istilah pendakian ini mungkin tidak terlalu dianggap penting bagi sebagian orang. Tapi dengan mengenal istilah-istilah ini, minimal bisa menambah wawasan dan pastinya bisa berguna saat kamu melakukan kegiatan pendakian. Kalau kamu punya rencana naik gunung, pastikan kamu mendapatkan segala macam perlengkapan pendakian di Eiger Adventure! Lengkap dan terpercaya, kamu hanya perlu klik di sini untuk belanja online dari rumah. Jangan tunggu promonya habis! Kepoin produk-produk terbaru Eiger sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments