HomeTips & TrickMountaineering6+ Jenis & Manfaat Olahraga Alam yang Bisa Eigerian Coba

6+ Jenis & Manfaat Olahraga Alam yang Bisa Eigerian Coba

Kita hidup di zaman serba teknologi di mana kebanyakan orang lebih banyak menghabiskan waktunya di depan layar ponsel dibandingkan beraktivitas di luar ruangan. Selain menyehatkan tubuh, melakukan olahraga alam adalah pilihan aktivitas outdoor dan relaksasi yang tepat di tengah padatnya rutinitas harianmu.  

Ada banyak manfaat yang akan Eigerian rasakan apabila rutin melakukan beberapa jenis olahraga alam berikut ini. Berikut daftar beberapa jenis olahraga yang dilakukan di alam terbuka dan membuatmu semakin terhubung dengan alam.

Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan di Alam Bebas & Manfaatnya

1. Jogging

Jogging dikenal sebagai salah satu olahraga terbaik yang membuat tubuhmu tetap bugar. Berdasarkan riset, manfaat jogging sangat baik untuk kesehatan tubuh karena membuat otot kencang dan sehat. Namun ada yang lebih menyenangkan lagi dengan melakukan jogging di alam terbuka. 

Menyatu dengan alam dari dekat sambil berlarian di sepanjang jalan setapak sangat menyegarkan bak secara fisik dan mental serta membuka perspektif baru tentang berbagai hal di setiap langkah yang ditempuh.

Selain melatih paru-paru, menyehatkan jantung, dan membuat tubuh aktif bergerak, menghirup udara segar selama jogging di alam dapat membantu menurunkan tingkat stress.

2. Sepeda Gunung

Bersepeda gunung erat kaitannya dengan mengendarai sepeda off road, biasanya di jalur tanah. Aktivitas outdoor ini cocok sebagai rekreasi bagi pengendaranya yang ingin menjelajahi alam bebas sambil berkompetisi bersama teman atau berkeluarga.

Olahraga ini termasuk cepat perkembangannya dengan banyak jenisnya termasuk downhill, trail, dan cross country.

Sepeda gunung adalah pilihan bagus untuk keluar dan menikmati udara segar sambil berolahraga sepanjang hari. 

3. Trekking

Berbeda dengan hiking, trekking merupakan olahraga berjalan kaki yang memerlukan lebih banyak tenaga fisik dan kebugaran yang baik. Trekking bahkan bisa dilakukan lebih dari satu hari dengan melewati rute dan jalur pendakian yang sudah ada. Karena dilakukan hingga beberapa hari, biasanya ada waktu beristirahat dengan mendirikan camping, bivak, atau shelter.

Selain bebas menjelajah alam bebas dengan berjalan kaki, Eigerian juga tetap harus melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan tersesat.

Banyak manfaat trekking yang akan didapatkan seperti latihan fisik, kontak dengan alam, dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

4. Trail Running

Bagi sebagian orang, olahraga lari biasa terasa kurang menantang. Oleh karena itu, muncul olahraga lari yang memadukan jelajah alam yang lebih menantang, yaitu trail running. 

Berbeda dengn lari biasa di lapangan atau lintasan yang rata, trail running justru melalui jalur tanah dan bebatuan yang tidak rata, curam dan licin. 

Bukan soal waktu dan kecepatan berlari, trail running mengutamakan ketahanan fisik dan kemampuan melintasi medan. Sebab, jalur train running sangat bervariasi, mulai dari tanjakan, turunan, lintasan berkelok, dan medan ekstrim lainnya. 

Oleh karena itu, dibutuhkan perlengkapan yang tepat seperti sepatu trail running, baju quick dry, bandana, hingga waist bag Pacer Belt Running 1F dari EIGER. 

Trail running atau lari lintas alam adalah pengalaman menantang yang juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, dan merawat kesehatan mental. Tidak hanya bisa rekreasi di alam, tetapi trail running bisa dijadikan latihan menjaga kebugaran tubuh yang bagus.

5. Panjat Tebing

Panjat tebing termasuk jenis olahraga ekstrem yang dilakukan di alam. Ini menggabungkan latihan kekuatan dan daya tahan kardiovaskular yang membuat tubuhmu tetap bugar. 

Jika dijadikan sebagai hobi atau latihan, kamu bisa mencoba panjat tebing secara rutin agar kemampuanmu memanjat semakin bagus. Saat melakukan bersama teman, utamakan keselamatan serta tak perlu melakukan kompetisi apabila skill dan jam terbangmu masih sedikit.

Ingat ya untuk selalu menjaga kesehatan mental dan fisik Eigerian semua dengan rutin berinteraksi dengan alam. Olahraga yang dilakukan di alam ini akan membantumu tetap aktif dan bugar sekaligus wujud komitmen gaya hidup sehat. Temukan aktivitas di alam yang paling cocok sesuai keinginan masing-masing. 

6. Caving atau Susur Gua

Susur gua menjadi salah satu aktivitas menarik di alam bebas yang bisa dicoba. Tapi sebelum melakukannya, Eigerian wajib mengenal dan mengetahui struktur gua, seperti apakah gua akan disusuri termasuk vertikal atau horizontal, serta berbagai peralatan yang akan dibawa.

Misalnya, gua horizontal memerlukan peralatan helm, caving sling, cover all, dan caving pack sack. Sedangkan gua vertikal foot loop jammer, dan chest jammer, bobbin descender, rack, auto stop descender dan pengaman, untuk proses naik serta turun. 

Kemudian pada saat melakukan susur gua juga harus memiliki fisik yang bugar serta menguasai teknik dasar penjelajahan gua. 

Baca juga: 6 Outdoor Gear yang Perlu Kamu Bawa saat Berkegiatan di Alam

Miliki Rekomendasi Produk Mountaineering untuk Berolahraga di Alam

1. Baju dengan Teknologi Quick Dry

Untuk bebas beraktivitas di alam terbuka, Eigerian memerlukan baju dengan teknologi Quick Dry agar tetap nyaman walaupun berkeringat. 

Baju-baju EIGER ini bisa membantu menguapkan keringat lebih cepat, jadi baju cepat kering dan bikin kamu nyaman selama bertualang.

Hadir untuk menunjang aktivitas outdoor dengan kenyamanan maksimal. Dengan bahan yang breathable dan menyerap air yang menjaga untuk tetap segar dan kering selama hiking, trekking, maupun trail running.

Bebas bergerak dengan kenyamanan maksimal memakai T-shirt lengan panjang Dyna Active. Dilengkapi teknologi Tropic UV Shield yang melindungi dari paparan sinar matahari, dan teknologi Tropic Dry yang menjagamu tetap kering saat melakukan kegiatan outdoor yang berat. 

Jala di kedua sisi badan pada T-shirt ini berfungsi sebagai ventilasi, menjadikan T-shirt ini cocok untuk menemani kegiatan hiking, trekking, maupun climbing selanjutnya.

Dibuat dari material yang mampu menyerap dan menguapkan kelembapan dengan cepat sehingga lebih nyaman saat menjeljahi alam terbuka. 

Rasakan kenyaman terbaik dengan memakai kaos tanpa lengan Rockbound Tank yang terbuat dari bahan ramah lingkungan serta ndilengkapi fitur cepat kering. Kaos ini melindungi dari sinar UV, dan anti-odor, sehingga cocok digunakan untuk olahraga di ruang terbuka. 

2. EIGER HARRIER SHOES

Sepatu Harrier memiliki desain low-cut yang dirancang secara khusus untuk menunjang performa berlari di luar ruang, terutama di area dengan permukaan yang tidak rata. 

Konstruksi Flexeton pada bagian atas sepatu ini adalah konstruksi penguat tanpa jahitan, yang menjadikan sepatu ini lebih fleksibel untuk mendukung pergerakanmu. 

Insole Ortholite yang ringan berfungsi sebagai bantalan dan hentakan, sedangkan daya evaporasi insole yang tinggi dapat menguapkan kelembapan untuk menjaga permukaan tetap kering. 

Sepatu ini juga memiliki midsole Phylon sebagai peredam getar untuk mencegah cedera serta menyimpan energi saat berlari dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Tak salah lagi memilih sepatu Harrier yang mendukung trail running sebagai aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus menikmati keindahan alam. 

Baca juga: Harrier Shoes, Sepatu Lari yang Terbukti Tangguh di Segala Medan

Selain produk di atas, EIGER juga menghadirkan berbagai koleksi produk Mountaineering lainnya untuk menunjang kegiatan di alam bebas. Temukan dan berbelanja berbagai macam produk original dari EIGER di website resmi EIGER Adventure atau bisa juga mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat.

Ada yang lebih praktis dan mudah, kini Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, ada banyak promo menarik, serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia, lho.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru