HomeTips & TrickTravelingSerba-Serbi Paspor Indonesia Terbaru, Ini Benefit & Cara Buatnya!

Serba-Serbi Paspor Indonesia Terbaru, Ini Benefit & Cara Buatnya!

Untuk kamu yang gemar melancong ke luar negeri, kepemilikan paspor jelas jadi satu hal mutlak yang tidak boleh dilewatkan. Nah, terkait isu ini, Indonesia secara resmi meluncurkan paspor baru pada 17 Agustus 2024 lalu bertepatan dengan peringatan kemerdekaan. Sekilas tentang serba-serbi paspor Indonesia terbaru bisa kamu cermati di sini agar tidak ketinggalan informasi.

Salah satu hal yang paling mencolok dan mudah disadari tentu adalah desainnya, yang didominasi warna merah serupa bendera negara, dengan gambar burung garuda dan tulisan berwarna putih. Tentu saja ini desain ini menarik banyak orang sebab sebelumnya paspor Indonesia berwarna hijau dan biru gelap.

Baca Juga: 9 Tips Liburan Hemat dan Mengesankan, Tentukan Destinasimu!

Baru Berlaku Mulai Tahun 2025

Paspor dengan desain baru ini memang telah diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2024 lalu. Namun menurut keterangan pihak terkait, paspor ini akan mulai disebarkan dan berlaku secara resmi di tahun depan, mulai 17 Agustus 2025 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Imigrasi, Slimy Karim, dilansir dari Antara pada Minggu, 18 Agustus 2024 lalu. Ia menyatakan bahwa pelayanan untuk paspor baru akan dimulai pada 17 Agustus 2025 sebab memerlukan persiapan yang matang, mulai dari proses pencetakan, distribusi, dan penyiapan sistem pengurusannya.

Keunggulan dan Fitur Paspor Indonesia Terbaru

Paspor indonesia terbaru
Sumber: lifeforstock via freepik.com

Beberapa keunggulan muncul dari paspor baru yang terlihat lebih Indonesia ini. Selain tentu desainnya yang eye-catching, paspor Indonesia terbaru ini juga dinyatakan memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat memberikan benefit bagi pemegangnya, termasuk kamu jika kemudian memiliki paspor jenis ini.

Disampaikan pihak terkait, beberapa fitur yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Penyesuaian dengan standar dan rekomendasi ICAO Annex 9, bahwa secara berkala paspor harus diperbarui teknik dan fitur pengamanannya
  • Memiliki sampul yang tahan panas, fleksibel, dan mampu melindungi chip yang ditanamkan
  • Bagian biodata terbuat dari bahan polikarbonat dan ditambahkan coating di permukaannya
  • Kertas pada buku paspor dipasangi pengaman dan sensitif pada bahan kimia
  • Tinta yang digunakan perpaduan antara tinta kasat mata dan tinta tak kasat mata, yang berpendar di bawah sinar UV
  • Tinta yang digunakan pada benang jahitan buku paspor terbuat dari tiga warna berbeda

Fitur-fitur terbaru ini diklaim dapat membantu pemegang paspor yang merupakan warga negara Indonesia, untuk dapat melakukan proses administrasi yang kian mudah ketika berkunjung ke luar negeri untuk berbagai keperluan.

3 Alasan Utama Paspor Indonesia Terbaru Berganti Warna

Sebenarnya, perubahan warna pada paspor Indonesia terbaru ini tidak hanya dilakukan dalam rangka penyegaran saja, tapi mempertimbangkan tiga hal utama.

1. Keamanan

Desain baru dan warna yang lebih terang dirancang untuk mencegah pemalsuan dan meningkatkan fitur keamanan. Dengan perubahan yang dilakukan, paspor Indonesia akan memiliki elemen desain yang lebih canggih dan semakin sulit untuk dipalsukan.

2. Standar Internasional

Perubahan warna yang terjadi juga dilakukan dalam rangka menyelaraskan paspor Indonesia dengan standar internasional terbaru, seperti yang telah diterapkan oleh International Civil Aviation Organization atau ICAO. Dengan warna baru yang sesuai dengan regulasi ini, proses pemeriksaan di bandara internasional akan lebih mudah sekaligus meningkatkan pengakuan global.

3. Modernisasi

Desain yang baru mencerminkan kemajuan teknologi serta mengikuti perkembangan desain kekinian. Tampilan yang lebih segar dan teknologi yang disematkan menjadi representasi bagi Indonesia di panggung global kemanapun WNI pemegang paspor akan bepergian.

Baca Juga: 4 Kota Tujuan Wisata Musim Dingin di Jepang, Dijamin Seru!

Cara Online Pembuatan Paspor

Paspor indonesia terbaru
Sumber: freepik via freepik.com

Meski memang paspor Indonesia terbaru akan digunakan pada tahun 2025 mendatang, namun sudah banyak orang yang tak sabar ingin segera membuatnya. Tentu, sebagai langkah persiapan kamu perlu tahu cara pembuatan paspor berdasarkan regulasi terbaru.

Untuk cara pembuatan paspor secara online, caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi M-Paspor, unduh aplikasi ini di Google Playstore atau AppStore dari perangkat yang kamu gunakan
  • Daftarkan akun, buat akun dengan klik Daftar Akun, kemudian isikan data diri yang diminta pada formulir yang tersedia. Pastikan semua data sudah benar, kemudian klik Daftar. Kamu akan menerima kode OTP lewat e-mail yang dimasukkan, menggunakan kode OTP ini untuk verifikasi akun
  • Ajukan permohonan paspor, dengan cara klik Pengajuan Permohonan, dan isi kuesioner dengan benar. Setelah itu unggah foto berkas persyaratan yang diminta. Jika ingin melakukan penambahan nama pemohon lain, klik Tambah Pemohon di bagian kanan atas. Klik Lanjutkan jika sudah selesai
  • Pilih lokasi kantor imigrasi dan jadwal, pilih lokasi kantor imigrasi terdekat dan jadwal kedatangan untuk memproses permohonan pembuatan paspor. Kamu akan disajikan informasi paspor dan kamu bisa mengkliknya untuk mendapatkan faktor dalam bentuk PDF
  • Lakukan pembayaran, lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang sudah dipilih, bisa dengan teller bank, ATM, POS Indonesia, atau minimarket
  • Verifikasi dan wawancara di kantor imigrasi, datangi kantor imigrasi sesuai jadwal yang sudah diverifikasi dengan membawa berkas-berkas yang menjadi syarat pembuatan paspor. Berkas ini juga akan digunakan untuk melakukan verifikasi data dan wawancara dengan petugas. Setelah proses selesai, kamu bisa menyampaikan pada petugas untuk urusan pengiriman paspor

Tidak sulit bukan?

Lengkapi Perjalananmu dengan Gear Solid

Sebagai salah satu langkah yang diperlukan dalam persiapan perjalanan keluar negeri, kamu juga wajib melengkapi diri dengan gear yang berkualitas. Pasalnya, kamu akan mengandalkan gear ini dalam perjalanan agar semua rencana berjalan lancar.

Beberapa gear yang bisa direkomendasikan antara lain adalah sebagai berikut.

Vipera

Paspor indonesia terbaru
Sumber: EIGER Adventure

Dengan desain mid-cut yang solid, kamu bisa menggunakan sepatu ini untuk perjalanan ke luar negeri. Pijakan solid akan membawa langkahmu semakin ringan untuk menjelajah keindahan dunia, dan berwisata ke berbagai tempat hiking seru di luar negeri. Tersedia dalam dua warna berbeda, kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp1,327,200.

Karlskoga

Paspor indonesia terbaru
Sumber: EIGER Adventure

Selanjutnya untuk membantumu memastikan semua berjalan sesuai jadwal yang sudah dibuat, kamu bisa menggunakan jam tangan yang satu ini. Memiliki fitur 10 ATM water-resistant dan stopwatch, kamu selalu bisa berangkat tempat waktu dan tidak ketinggalan untuk acara apapun. Produk ini tersedia dalam tiga warna berbeda, dengan harga Rp529,000.

Toucan 2.0 Wallet

Paspor indonesia terbaru
Sumber: EIGER Adventure

Nah sehubungan dengan paspor Indonesia terbaru, kamu juga sebaiknya membawa satu pouch praktis untuk berbagai dokumen penting. Produk ini akan menyediakan ruang yang kamu perlukan untuk membawa dompet, paspor, dan beberapa barang esensial lain tanpa harus repot. Harganya sendiri adalah Rp90,300.

Baca Juga: Opsi Menarik 7 Pantai Pasir Putih di Indonesia 

Itu tadi sekilas pembahasan tentang paspor Indonesia terbaru yang memiliki banyak fitur berguna dan benefit untuk kamu gunakan. Pastikan juga kamu merencanakan liburan ke luar negeri dengan maksimal sehingga semua agenda berjalan lancar. Kamu juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru