HomeTips & TrickMountaineeringPengaruh Cuaca Bagi Pendaki Gunung, Ini Penjelasannya

Pengaruh Cuaca Bagi Pendaki Gunung, Ini Penjelasannya

Eigerian, selain perlengkapan yang mempuni kamu juga perlu rencanakan pendakian dengan matang bukan? Salah satunya waktu dan rute pendakian. Hal ini penting karena pengaruh cuaca bagi pendaki gunung adalah salah satu yang sangat krusial. Yuk cari tahu mengapa tidak boleh mendaki saat hujan, badai atau angin kencang lewat artikel berikut ini. 

Pengaruh Cuaca Bagi Pendakian

Eigerian perlu diketahui bahwa ada saat-saat tertentu di mana kegiatan pendakian sebaiknya tidak dilakukan terlebih dahulu.

Salah satunya ketika puncak musim hujan yang diprediksi berlangsung sekitar Januari sampai April. 

Beberapa pengelola pendakian di beberapa gunung juga menutup aktivitas pendakian ketika musim hujan tiba. Selain demi keselamatan pendaki, penutupan juga dilakukan untuk pemulihan ekosistem.

Cuaca dapat memiliki pengaruh besar bagi pendaki, terutama dalam kondisi cuaca yang ekstrem. Beberapa pengaruh cuaca bagi pendaki antara lain:

Suhu

Suhu yang sangat dingin atau sangat panas dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi pendaki, seperti hipotermia atau heat stroke.

Hujan

Hujan dapat membuat jalur pendakian menjadi licin dan sulit dilalui, serta menyebabkan kelelahan dan hipotermia pada pendaki.

Angin

Angin kencang dapat menyebabkan pendaki kesulitan untuk menjaga keseimbangan dan mengakibatkan bahaya seperti tertimpa pohon atau bebatuan.

Kabut

Kabut dapat menyebabkan kesulitan dalam navigasi dan dapat menyebabkan kehilangan pendaki dari jalur pendakian.

Badai petir

Badai petir sangat berbahaya bagi pendaki karena dapat menyebabkan luka atau bahkan kematian.

Risiko Cuaca Buruk Bagi Pendaki

Penting bagi pendaki untuk memperhatikan prakiraan cuaca sebelum melakukan pendakian dan mempersiapkan diri dengan perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca yang dihadapi. Jika cuaca menjadi terlalu ekstrem, pendakian sebaiknya ditunda atau dibatalkan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Cuaca buruk dapat memiliki pengaruh yang signifikan bagi pendaki, terutama jika mereka tidak mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa pengaruh cuaca buruk bagi pendaki antara lain:

  1. Risiko Cedera 

Cuaca buruk seperti hujan deras, angin kencang, atau salju bisa meningkatkan risiko cedera bagi pendaki. Jalur pendakian yang berlumpur atau becek bisa membuat pendaki tergelincir dan jatuh, sementara angin kencang bisa menyebabkan pohon tumbang atau batu jatuh.

  1. Kelelahan

Cuaca buruk seperti hujan atau angin kencang bisa membuat pendaki lebih mudah merasa lelah dan terkuras energi. Pendaki yang terlalu lelah dan kekurangan energi bisa kehilangan konsentrasi dan membuat kesalahan saat mendaki.

  1. Hipotermia

Suhu dingin dan lembab dapat menyebabkan hipotermia, yaitu kondisi di mana suhu tubuh turun di bawah normal karena terlalu lama berada di lingkungan yang dingin. Jika tidak ditangani dengan cepat, hipotermia bisa berakibat fatal.

  1. Dehidrasi

Meskipun cuaca buruk seringkali terkait dengan hujan, tetapi suhu yang rendah dan lembab juga bisa menyebabkan dehidrasi. Jika pendaki tidak minum cukup air, mereka bisa mengalami dehidrasi dan gejala seperti sakit kepala, mual, dan pusing.

  1. Pengurangan Jarak Pandang

Hujan atau kabut tebal bisa mengurangi jarak pandang pendaki, yang membuat mereka sulit melihat jalur pendakian dan meningkatkan risiko tersesat.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Gaya Hidup Berkelanjutan dan Contohnya

Persiapkan Pendakianmu Bersama EIGER

Eigerian pastikan untuk menyiapkan fisik yang kuat dan sehat. Jangan lupa juga untuk memiliki perbekalan yang cukup.

Perhatikan pula pakaian dan peralatan mendaki yang digunakan. Mulai dari menyiapkan carrier, jaket, sepatu gunung, serta perlengkapan penting lainnya termasuk first aid kit.

Pastikan memiliki kualitas yang baik, aman, dan nyaman, seperti perlengkapan outdoor dari EIGER. Misalnya, tenda, jaket, tas, sleeping bag, dan juga sepatu. 

Bagi Eigerian yang sedang mencari perlengkapan aktivitas outdoor, bisa langsung berbelanja melalui situs web resmi EIGER Adventure Official berikut ini. Eigerian juga bisa mengecek koleksi aktivitas outdoor di Travelling Series EIGER Adventure

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru