HomeTips & TrickRidingLengkap! Ini Tips & Trik perawatan Motor Touring Untukmu!

Lengkap! Ini Tips & Trik perawatan Motor Touring Untukmu!

Bagi pada rider dan biker, tentu tidak ada yang bisa menggantikan kenikmatan touring bersama komunitas atau bahkan solo riding. Semua ini bisa terjadi selama motor dalam keadaan prima, ini kenapa penting untuk tahu benar apa saja perawatan motor touring yang tepat supaya kondisinya siap diajak ‘bertempur’ setiap saat.

Di luar penggemar touring, atau bahkan pelakunya sendiri juga mungkin masih beranggapan bahwa maintenance hanya diperlukan supaya motor tidak mogok saja. Nyatanya, proses ini wajib dilakukan untuk memastikan kondisi motor siap dikendarai, dan mengurangi berbagai risiko yang bisa membahayakan keselamatan berkendara.

Maka mari, kita ulas lebih jauh tentang perawatan motor touring yang sering digunakan untuk perjalanan jauh agar berkendara selalu aman dan nyaman!

Baca Juga: Ini Peraturan Naik Motor Tidak Tertulis yang Wajib Dipahami

Pertama, Mari Cermati Dulu Maintenance Sebelum Touring

Perawatan motor touring
Sumber: freepik.com

Perawatan motor touring tidak cuma dilakukan setelah acara selesai saja, tapi lebih penting sebelum agenda ini dilakukan. Pasalnya, ketika kamu touring akan ditempuh perjalanan dan jalur yang cukup jauh, sehingga menuntut motor berada pada performa terbaik hampir sepanjang waktu.

Lalu apa saja sih yang bisa Eigerian lakukan untuk urusan perawatan motor touring sebelum berangkat?

1. Lakukan Servis Berkala

Servis rutin sendiri, dikutip dari astraotoshop.com, adalah langkah penting dalam menjaga performa sepeda motor agar tetap optimal. Dengan servis ini, kamu bisa memastikan bahwa motor beroperasi dengan baik dan terjaga kondisi suku cadangnya.

Beberapa bagian yang akan dicek antara lain adalah oli mesin, pengecekan busi dan pengapian, pengecekan tekanan ban, kondisi bagian dalam mesin, seal yang ada di dalam mesin, hingga kelistrikan dan fungsi fitur yang ada di dalamnya.

Untuk rekomendasinya sendiri sebenarnya akan cukup subjektif. Tidak sedikit bengkel resmi yang benar-benar memberikan layanan terbaik dengan orientasi kepuasan pelanggannya, sementara bengkel umum juga tidak bisa disepelekan karena terkadang punya tips dan trik tersendiri untuk menyiasati banyak hal tanpa mengorbankan faktor keamanan dan keselamatan berkendara.

2. Pengecekan Mandiri

Selain melakukan servis resmi, sebenarnya kamu juga bisa melakukan metode cek mandiri di rumah. Dalam prosesnya, setidaknya ada tujuh poin yang wajib dilakukan.

  • Cek sistem kelistrikan, bisa dilakukan pada lampu utama, lampu rem, indikator di dashboard motor, klakson, dan sebagainya
  • Cek ketinggian oli mesin, dengan membuka tutup tempat pengisian oli mesin dan pastikan masih dalam batas yang direkomendasikan
  • Cek kebocoran oli dan pastikan tidak terjadi. Oli yang bocor akan merembes di sekitar mesin atau bagian suspensi
  • Cek sistem pengereman, pastikan kampas rem masih cukup tebal dan minyak rem masih berada dalam jumlah yang ideal
  • Cek kondisi ban motor, terkait tekanan udara di dalamnya dan ketebalan dari ulir ban motor. Jika memang sudah tidak terlalu tampak, jangan ragu menggantinya
  • Pastikan kebersihan motor agar tampak segar dan tidak ada kotoran yang sampai masuk ke bagian mesin
  • Panaskan secara rutin untuk membantu menjaga kinerja mesin tetap prima

Beberapa poin sederhana di atas bisa dilakukan dengan mudah. Tapi jika kira-kira muncul masalah ketika pengecekan dan kamu tidak tahu pasti apa yang harus dilakukan, jangan ragu membawanya ke bengkel kepercayaan.

Salah satu indikator motor bermasalah adalah munculnya suara lain di luar suara mesin dan terdengar aneh ketika motor dipanasi atau dikendarai. Cek segera agar kerusakan bisa lekas diatasi.

3. Persiapan Sebelum Touring

Sedangkan untuk persiapan sebelum touring sendiri akan lebih detail dan mendalam. Pemeriksaan dan maintenance pada motor sebelum touring wajib dilakukan, agar memastikan tidak ada bagian motor yang rusak atau tidak siap dikendarai pada jarak yang jauh.

Cukup banyak variabel yang wajib diperiksa, dan mungkin sebaiknya kamu pergi ke bengkel kepercayaanmu untuk mengkonsultasikan hal ini. Jika melihat apa yang dituliskan dalam artikel di situs otomotifnet.gridoto.com, setidaknya beberapa variabel ini harus dicek dengan teliti.

  • Karburator atau injektor
  • Komstir
  • Sistem penerangan
  • Klep
  • Busi
  • CVT
  • Ban
  • Filter oli
  • Rantai atau gear
  • Oli mesin
  • Filter udara
  • Sistem pengereman
  • Kabel gas dan kopling
  • Oli gardan
  • aki

Kamu juga perlu melakukan penyesuaian pada suspensi motor ketika membawa barang yang cukup banyak. Terlebih jika motor dipasangkan box atau tas motor, yang ditujukan untuk bisa membawa perbekalan atau peralatan yang diperlukan. Beban yang bertambah artinya mesin motor harus bekerja lebih keras, dan penyesuaian pada bagian suspensi hingga jenis ban yang dipakai akan sangat terasa demi perjalanan aman dan nyaman.

Kedua, Selama Touring, Jangan Pernah Sepelekan Poin Penting Ini

Perawatan motor touring
Sumber: EIGER Adventure

Setelah tau apa saja perawatan motor touring sebelum agenda seru ini dilakukan, kamu juga wajib paham benar apa yang harus dilakukan ketika mulai di perjalanan.

Meski persiapan pada motor, fisik, dan perbekalan sudah ideal, tapi ada hal-hal yang tetap harus diperhatikan. Sederhana saja, supaya perjalanan jauh ini tidak mengalami gangguan yang berarti.

  • Pertama, kamu wajib mengatur jadwal perjalanan. Pastikan waktu istirahat dan waktu berkendara seimbang, tidak hanya agar tubuh tetap bugar dan mendapat cukup waktu istirahat, tapi juga supaya mesin motor bisa ‘beristirahat’ dan tidak mengalami overheat. istirahat sebaiknya dilakukan setelah 4 jam berkendara, dan selama sedikitnya 30 menit. Hal ini juga mempertimbangkan kondisi cuaca dan jalanan, sehingga bisa berubah sesuai dengan apa yang kamu hadapi.
  • Kedua, pastikan kamu mengecek kondisi motor saat sedang beristirahat. Pengecekan singkat ini bisa dilakukan dengan cepat, seperti melihat tekanan ban dan kondisinya, kemudian kondisi aki, atau rantai yang digunakan motormu dan rombongan. Ada baiknya membawa peralatan darurat untuk urusan ini, setidaknya bisa membantu sampai kamu bertemu bengkel yang layak dan bisa menyelesaikan isu kecil ini.
  • Ketiga, perhatikan jenis bahan bakar dan oli untuk motor. Jenis bahan bakar setiap motor biasanya secara spesifik direkomendasikan oleh pabrikan, jadi kamu bisa menggunakan rekomendasi ini. Hal serupa juga berlaku untuk oli. Jika mungkin jalur yang dilalui minim stasiun pengisian bahan bakar, kamu bisa membawa cadangan secukupnya.

Ketiga, Tips Berkendara Jarak Jauh yang Aman dan Nyaman

Perawatan motor touring
Sumber: EIGER Adventure

Sampai di bagian ketiga artikel ini, dimana kamu bisa tahu tips dan trik nyaman agar berkendara jarak jauh tidak menjadi hal yang memberikan beban terlalu besar pada tubuh.

Setelah tahu apa saja hal yang dilakukan dalam perawatan motor touring, kamu juga idealnya paham benar tips dan trik agar touring tidak memberikan efek kelelahan yang berlebih.

1. Posisi Berkendara yang Tepat

Posisi berkendara yang pas bisa membuat kamu tidak mudah lelah, karena sirkulasi darah tetap terjaga. Di sisi lain, bentuk persendian juga akan tetap normal sehingga tubuh berada di posisi duduk alami dan tidak menerima stres terlalu berat selama perjalanan.

Kamu bisa menyiasati hal ini dengan mengatur posisi dan bentuk stang hingga bagian footstep, sehingga didapatkan posisi yang nyaman.

2. Pahami Teknik Berkendara

Setiap medan punya teknik berkendara masing-masing. Jadi pastikan kamu tahu medan yang akan dilewati, dan persiapkan teknik berkendara yang benar. Teknik berkendara di jalanan aspal yang relatif mulus jelas berbeda jauh dengan di jalanan tanah atau berbatu, atau bahkan melewati sungai.

Banyak belajar dari pengalaman jadi solusi terbaik, disamping terus mencari informasi mengenai teknik berkendara dari banyak ahli yang ada.

3. Pastikan Memakai Perlengkapan Berkendara yang Ideal

Yap, last but not least, kamu wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang ideal untuk perjalanan jauh yang akan kamu lalui. Mulai dari helm, jaket, celana, sepatu, sarung tangan, dan berbagai perlengkapan lain, harus dipastikan sesuai standar dan berkualitas solid.

Bawa juga beberapa perlengkapan tambahan jika memang berada di area bercuaca ekstrim. Kamu bisa menambahkan jas hujan atau penghangat tubuh tambahan untuk menghadapi kondisi tertentu.

Perawatan Motor Touring, Bukan Sekedar Rutinitas

Artikel singkat ini semoga bisa memberikan insight berguna tentang betapa pentingnya perawatan motor touring dan cara berkendara yang baik dan benar. Jelas, apa yang ada di dalam artikel ini dimaksudkan sebagai sarana untuk mengedukasi dan berbagi, sehingga kamu bisa menambahkan tips dan trik lain yang berguna untuk para riders di kolom komentar.

Merawat motor secara teratur juga jadi investasi jangka panjang karena motor juga akan menjadi lebih awet. Rutin membawanya ke bengkel, melakukan maintenance yang diperlukan, dan senantiasa menjaga kebersihannya, jadi tips terbaik agar motor selalu nyaman dikendarai.

Siap Touring? Lihat Dulu Rekomendasi Produk EIGER Adventure Ini

Untuk melengkapi diri dengan perlengkapan yang solid, EIGER Adventure siap memberikan rekomendasi produk handal. Kamu bisa langsung berkunjung ke situs resmi EIGER Adventure, atau melihat dulu tiga rekomendasi ini.

Journey

Perawatan motor touring
Sumber: EIGER Adventure

Sarung tangan yang bisa digunakan untuk riding harian atau touring ini menggunakan material kulit yang lembut dan memiliki daya tahan tinggi. Dijual mulai dari harga Rp335,200 saja, kamu bisa memilih dua warna utamanya hitam dan coklat.

Equatoride Pants

Perawatan motor touring
Sumber: EIGER Adventure

Produk kedua adalah celana untuk touring. Dibuat dengan dua lapisan dengan bahan kualitas tinggi, sederet fitur berguna disematkan pada produk ini. Harganya sendiri mulai dari Rp959,700, dan bisa menjadi andalan untuk perjalanan jauh.

Vecchio FF

Perawatan motor touring
Sumber: EIGER Adventure

Modis, keren, dan memberikan proteksi solid selama dipakai. Helm ini telah memenuhi standar SNI dan memiliki PET tanpa visor yang dapat dilepas pasang. Kamu bisa memilih empat varian ukuran, dan dengan harga terjangkau Rp903,200 saja.

Baca Juga:  4 Tips Lolos Tes SIM C, Yakin dan Kuasai Skill Berkendara!

Itu tadi ulasan detail tentang perawatan motor touring dan beberapa tips dan trik berkendara jarak jauh agar tetap aman dan nyaman. Selalu persiapkan diri dan agenda dengan baik agar perjalanan lancar, dan pastikan perjalanan touring-mu didukung penuh oleh riding gear dari EIGER Adventure. Kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru