HomeTips & TrickRiding4 Tips Lolos Tes SIM C, Yakin dan Kuasai Skill Berkendara!

4 Tips Lolos Tes SIM C, Yakin dan Kuasai Skill Berkendara!

Setiap pengendara kendaraan bermotor roda dua di jalan raya diwajibkan memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi dari Kepolisian. Tanpa mengantongi surat legal ini, pengendara motor belum dianggap layak dan tidak diizinkan untuk berkendara bebas di jalan raya. Untuk mendapatkan SIM C khusus untuk pengendara motor, caranya adalah dengan mengikuti tes SIM C. 

Pengurusan SIM C cukup mudah dan biayanya pun cukup terjangkau. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak segera mengurusnya jika kamu belum memilikinya. Adapun tantangan mengurus SIM C mungkin hanya pada antrian yang sedikit panjang serta membutuhkan waktu.

Tes SIM C pada umumnya terdiri dari tes teori dan ujian praktik berkendara. Tes teori relatif lebih mudah tergantung dengan penguasaan materi terkait berlalu lintas yang benar. Namun yang membuat sedikit menantang dan bisa berpotensi tes diulang adalah ujian praktik. 

Agar bisa lolos ujian praktik pembuatan SIM sepeda motor, kamu wajib tahu hal-hal yang harus dipersiapkan dan tips mudah agar lolos ujian praktiknya.

Peraturan Baru dalam Tes SIM yang Perlu Diketahui

Sebelum menuju pembahasan tentang hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan tes SIM C, kamu perlu tahu beberapa informasi penting berikut ini.

Berbeda dari ujian praktik SIM C sebelumnya, buat kamu yang akan mengurus SIM C tahun ini, sejak tahun lalu sudah dikeluarkan aturan terkait tes praktik SIM C terbaru. Dilansir dari laman indonesiabaik.id, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri secara resmi mengubah skema ujian praktik SIM C mulai 7 Agustus 2023. 

Uji praktik SIM oleh Korlantas Polri di setiap Satpas di daerah-daerah yang semula 5 materi, menjadi 4 materi. Mulai dari uji pengereman atau keseimbangan, uji u-turn, uji letter S, dan uji reaksi rem menghindar. 

RIntangan trek untuk ujian praktik SIM C berdasarkan aturan baru memang sudah dibuat sedemikian relevan dengan kondisi di jalan raya, ada trek lurus, cara berhenti dengan aman, hingga menghindari hambatan. 

Adapun beberapa perubahan materi dalam ujian praktik SIM sepeda motor adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan dari lintasan menjadi sirkuit
  2. Materi tes berkendara zig-zag atau slalom telah dihapuskan.
  3. Materi tes berkendara angka 8 diubah menjadi letter ‘S’.
  4. Penyesuaian ukuran lebar lintasan, yang awalnya 1,5 kali lebar kendaraan, menjadi 2,5 lebar kendaraan.

Tips Lolos Ujian Praktik Pembuatan SIM Sepeda Motor

Arahan kepada peserta sebelum ujian praktik SIM C. Sumber: Kompas.com/Erwin Setiawan

1. Sejak Awal Tanamkan Keyakinan dalam Diri

Satu hal mendasar yang harus kamu tahu dan lakukan sebelum ujian SIM C adalah yang penting yakin akan lolos. Hilangkan keraguan sebelum menjalani tes karena bisa menurunkan peluangmu untuk berhasil.

Semua hal dilandasi dengan keyakinan, sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengeluarkan segenap pengetahuan dan kemampuan yang diujikan. Intinya, tanamkan keyakinan bahwa kamu bisa melalui tes SIM sepeda motor dan afirmasi kata-kata positif untuk diri sendiri.

2. Ketahui Jenis Rintangan serta Teknik untuk Melaluinya

Ada beberapa jenis rintangan yang akan kamu hadapi saat tes SIM C nanti, seperti melintasi jalur letter S. Setiap jalur yang dilalui punya triknya sendiri agar peserta bisa lolos saat melaluinya. Yang terpenting kamu harus terbiasa dengan kendaraan motor yang akan dipakai untuk ujian. 

Sebelum ujian praktik, minta waktu dengan petugas untuk membiasakan diri dengan motor yang akan digunakan. Pada beberapa lokasi tes, ada juga yang memperbolehkan memakai motor sendiri untuk ujian SIM. 

3. Lakukan Latihan Rutin supaya Lebih Lancar saat Tes

Setelah mengetahui jenis ujian praktik yang harus dilakukan agar lolos SIM C, ada baiknya kamu melakukan persiapan ujian dengan rutin melakukan latihan. Jika sudah cukup bisa mengendarai motor sendiri maupun baru tahap belajar, coba kendalikan motormu di area yang cukup luas seperti lapangan.

Dengan rutin berlatih membawa motor, maka kamu akan terbiasa dengan medan dan rintangan yang akan dihadapi. Mulai dari belokan, jalan menurun, jalan menanjak, cara mengerem disaat yang tepat, dan sebagainya.

4. Jangan Lupa untuk Berdoa

Satu hal penting lainnya yang tidak boleh kamu lakukan adalah selalu berdoa untuk mengawali segala aktivitas, termasuk ujian SIM C. Berdoa kepada Tuhan YME supaya kamu diberikan kelancaran dan hasil memuaskan yang diharapkan. 

Lolosnya ujian SIM yang kamu lalui bisa terjadi berkat doa yang dipanjatkan. Jadi, selain terus berlatih dan fokus, jangan lewatkan untuk berdoa, ya!

Kuncinya, selain kemahiran dalam berkendara motor roda dua, untuk bisa lolos tes SIM C, peserta juga dituntut untuk menerapkan etika yang baik saat berkendara serta mempraktikkan aturan yang ada dengan benar. 

Selalu Gunakan Perlengkapan Riding yang Berkualitas!

Setelah memahami segala persiapan dan tips lolos tes SIM C, tentunya Eigerian tidak boleh lupa untuk mempersiapkan semua perlengkapan riding yang berkualitas. Eiger Adventure selalu jadi pilihan tepat untuk urusan kebutuhan riding dengan berbagai riding equipment yang kece dan pastinya high quality. 

EIGER Spanner Shirt

Salah satu koleksi dari RK Series, kemeja ini memiliki empat saku di bagian depan yang terbuat dari bahan polikatun ripstop untuk memberikan kesan tangguh pada penampilanmu.

Penggunaan slyer atau bandana multifungsi untuk masker pelindung wajah saat berkendara cukup penting. Eiger Famous Bandana bukan hanya sebagai aksesori, lho. Namun juga punya banyak fungsi untuk memberi perlindungan ekstra ketika menjelajah menggunakan kendaraan roda dua.

EIGER Gyroneta WS Gloves

Sarung tangan khusus wanita yang dirancang untuk berkendara sehari-hari dengan memadukan gaya dan fungsionalitas. Selain itu, penutup Velcro pada Half Charge Gloves ini juga berfungsi menambah keamanan dan kenyamanan selama pemakaian sepanjang petualangan berkendara. 

Dibuat dari material Poliester yang fleksibel dan berdaya tahan kuat untuk menambah tingkat kenyamanan saat berkendara.

EIGER Baldr Low Cut

Sepatu dengan tampilan klasik dan stylish ini cocok untuk aktivitas sehari-hari maupun riding. Bagian atas sepatunya dibuat dari bahan kanvas dan kulit suede yang dilengkapi dengan anti slip toe cap untuk menambah kenyamanan saat berkendara. Outsole-nya juga menggunakan material karet dengan proses vulkanisir dengan grip yang lebih baik.

Baca juga: Cara Buat SIM Internasional, Siap Riding di Negeri Orang?

Demikian informasi selengkapnya seputar tes SIM C sebagai persyaratan berkendara dengan aman dan legal di jalan raya. Tentu saja, dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang tepat dan berkualitas, sangat penting untuk menunjang keselamatan serta kenyamananmu selama berkendara. Rencanakan semua hal dengan baik dan maksimalkan pengalaman berkendara yang kamu inginkan bersama produk perlengkapan riding dari Eiger Adventure Official.

Dapatkan jaminan produk berkualitas dan original, belanja online dengan mudah dari mana saja, banyak pilihan metode pembayaran (bank transfer, kartu kredit, paylater, COD, dan sebagainya), serta keuntungan gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia!

Segera kunjungi website resmi EIger Adventure Official sekarang yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru