HomeTips & TrickMountaineeringChecklist Berguna 13 Perlengkapan Camping Pribadi Untukmu!

Checklist Berguna 13 Perlengkapan Camping Pribadi Untukmu!

Untuk mendapatkan pengalaman camping pertama yang berkesan, persiapan yang matang tetap jadi hal yang paling utama. Antusiasme yang kamu punya untuk mencoba hal ini harus diimbangi dengan pengetahuan mendasar tentang apa saja perlengkapan camping  pribadi yang harus dibawa.

Sebenarnya artikel ini bermaksud  memberikan informasi tentang perlengkapan apa saja  yang seharusnya kamu bawa untuk kelancaran kegiatan camping. Bukan tidak boleh dilakukan sendiri, tapi camping sebaiknya dilakukan bersama dengan orang yang sudah berpengalaman, untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi selama pendakian dan selama berkemah di area yang sudah ditentukan.

Dengan membaca artikel ini sampai selesai, setidaknya kamu akan paham benar apa-apa saja yang harus dibawa untuk mendukung kegiatan pendakian dan camping dari sisi pribadi.

Jadi, mari mulai daftar singkatnya untuk menjadi checklist yang bisa kamu gunakan!

Baca Juga: Puncak Langit Camping Ground, Tempat Seru untuk Liburan!

Perlengkapan Tidur dan Istirahat

Perlengkapan camping pribadi
Sumber: EIGER Adventure

Untuk perlengkapan tidur, yang harus dibawa adalah tenda, sleeping bag, matras, dan bantal.

1. Tenda

Sebenarnya tenda sendiri bersifat kebutuhan komunal, dan hanya dibawa dalam jumlah yang sedikit atau tergantung dengan kebutuhan rombongan. Kamu bisa mempercayakan tenda pada orang yang lebih berpengalaman, supaya memilih jenis yang sesuai dengan jumlah peserta dan kondisi cuaca. Tapi jika ingin membawanya sendiri, pastikan bawa tenda yang mudah didirikan dan dibongkar.

2. Sleeping Bag

Peralatan ini penting untuk membantumu tidur dan menjaga suhu ketika kamu camping. Pilih sleeping bag yang punya rating suhu sesuai, dan nyaman digunakan. Pastikan bahannya tahan air agar tidak menyerap kelembaban dari luar dan membuatnya menjadi dingin, dan cari yang ringkas sehingga mudah dibawa.

3. Matras

Untuk matras sendiri, kamu bisa menggunakan jenis yang mudah dibawa, ringan, tapi tahan air. Matras akan berperan besar dalam membuat bagian dalam tenda menjadi lebih nyaman, dan mencegah suhu dingin dari tanah merambat sampai ke badan saat kamu beristirahat. Pastikan matras yang dipakai bisa memberikan insulasi suhu yang baik.

4. Selimut

Selain tenda, sleeping bag, dan matras, kamu juga disarankan membawa selimut tambahan. Barang ini akan membawa banyak sekali manfaat untukmu, dalam menghadapi terpaan angin dan udara dingin yang selalu terasa ketika kamu sedang camping. Sebisa mungkin bawa selimut yang tidak terlalu tebal, tapi bisa memberikan cukup kehangatan.

Perlengkapan Pakaian dan Alas Kaki

Perlengkapan camping pribadi
Sumber: EIGER Adventure

Bagian kedua adalah perlengkapan camping pribadi untuk pakaian dan alas kaki, yang dijabarkan sebagai berikut.

1. Pakaian

Penting untuk dipastikan kamu membawa pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca dan aktivitas yang kamu lakukan. Pasalnya pakaian yang tepat tidak hanya akan membuatmu nyaman, tapi juga membantu tubuh beradaptasi dengan suhu yang ada di area camping. Pilih jenis bahan yang mudah kering dan mudah dilapisi untuk persiapan menghadapi kondisi dingin. Bawa juga pakaian ganti dengan jumlah yang cukup sehingga jika basah bisa lekas diganti dengan pakaian kering.

2. Alas Kaki

Nah, pemilihan alas kaki yang tepat juga penting agar pijakan yang kamu lakukan solid dan tidak mudah terpeleset. Di sisi lain, memilih sepatu yang pas juga akan membantu pendakian lebih nyaman. Pilih sepatu dengan bahan tahan air, tapi tidak terlalu berat. Pastikan traksinya baik, sehingga nyaman digunakan di berbagai medan. Bawa juga sandal atau sepatu cadangan jika memang diperlukan.

3. Kaos Kaki

Sebagai tambahan, menggunakan kaos kaki dan membawa cadangannya juga akan berguna. Kamu tidak pernah tahu kapan hujan akan melanda, atau hal lain yang membuat sepatu dan kaos kaki basah. Akan sangat menguntungkan jika kamu bisa segera menggantinya dengan kaos kaki kering, sehingga bagian kaki tidak kedinginan karena adanya air yang ‘merendam’-nya.

Perlengkapan Kebersihan dan Kesehatan

Perlengkapan camping pribadi
Sumber: freepik via freepik.com

1. Perlengkapan Mandi

Memang mungkin mandi menjadi hal yang tidak terpikirkan selama di tenda. Tapi sebaiknya kamu tetap membawa perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, handuk kecil, hingga tisu basah sebagai persiapan jika diperlukan. Sebisa mungkin pilih produk yang ramah lingkungan dan mudah dibawa.

2. Perlengkapan Perlindungan Diri

Perlindungan diri yang dimaksud lebih kepada tabir surya, lotion anti nyamuk, obat pribadi, dan kotak P3K kecil. Jika diperlukan, mungkin kamu bisa membawa sumber api atau pisau kecil untuk menghadapi situasi darurat. Untuk bagian ini, pertimbangkan dengan cermat apa yang akan kamu bawa karena menyangkut kondisi kesehatan yang kamu punya.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Tenda Bocor Saat Camping di Gunung

Perlengkapan Lainnya

Perlengkapan camping pribadi
Sumber: EIGER Adventure

Poin terakhir ini akan memuat berbagai perlengkapan camping pribadi lain yang sebaiknya dibawa untuk menunjang perjalanan dan kegiatan di area kemah. Beberapa diantaranya adalah tas ransel atau carrier, kemudian peralatan makan dan minum, peralatan penerangan, peralatan navigasi, dan peralatan multifungsi lain.

1. Carrier

Carrier atau tas ransel akan digunakan untuk membawa berbagai barang dan perlengkapan yang kamu perlukan. Memilih tas sesuai dengan kapasitas dan kenyamanan ketika digunakan penting, sebab berpengaruh pada kenyamanan selama pendakian dan tenaga yang dikeluarkan. Tips sederhananya, pilih tas dengan bahan tahan air, kemudian memiliki bagian strap yang cukup tebal, dan pendukung bagian punggung. Cermati juga fitur berguna lain yang mungkin disematkan, dan bisa membawa keuntungan selama digunakan.

2. Peralatan Makan dan Minum

Jangan lupa bahwa kamu tetap perlu makan dan minum. Maka perlengkapan untuk kegiatan ini juga harus dibawa. Pilih peralatan makan dan minum yang ringkas tapi tetap bisa digunakan dengan nyaman. Sedikit mengeluarkan effort ekstra tidak masalah, demi mendukung kegiatan mendasar ini.

3. Peralatan Penerangan

Bawalah senter atau headlamp dengan baterai penuh dan tahan air. Dua benda ini akan sangat berguna untuk berkegiatan di malam hari. Memang smartphone juga memiliki pencahayaan yang bisa kamu pakai, tapi dua benda yang disebut awal tadi tetap penting dibawa sebagai perlengkapan camping pribadi. Pilih alat dengan daya tahan yang lama dan kemudahan mengganti atau mengisi daya baterainya.

4. Peralatan Navigasi

Penting untuk dibawa, peralatan navigasi akan membantumu melihat lokasi terkini dan arah mata angin dengan akurat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi navigasi di smartphone sebagai alternatif. Tapi usahakan kamu tahu benar dasar-dasar cara membaca peta dan cara menggunakan kompas sehingga bisa mengetahui arah perjalanan dengan baik.

5. Peralatan Multifungsi

Alat dan perlengkapan lain yang sebaiknya dibawa adalah pisau lipat, korek api tahan air, dan kantong plastik kedap air. Percayalah, benda-benda kecil ini akan sangat berguna ketika waktunya tiba, dan kamu akan bersyukur membawanya di dalam tasmu.  Pastikan memilih alat dengan kualitas yang bagus dan memiliki fungsi yang jelas.

Sedikit Tips Tambahan untuk Persiapan

Setelah tahu apa saja perlengkapan camping pribadi yang harus dibawa, kini rasanya kamu sudah mempunyai checklist yang jelas terkait hal tersebut. Tidak lagi ada perlengkapan yang sampai terlupakan jika kamu sudah merinci apa saja yang disebutkan di atas.

Selanjutnya ada beberapa tips tambahan yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan pengalaman camping pertamamu.

  • Terkait packing, lakukan dengan efisien. Buat semua barang mudah dimasukkan dan mudah dikeluarkan sehingga ketika diperlukan kamu tidak perlu menemukan kesulitan
  • Letakkan peralatan yang diperlukan selama perjalanan di bagian terluar sehingga mudah diakses, dan gulung pakaian agar tidak memakan banyak tempat
  • Gunakan kantong atau wadah berbeda untuk setiap jenis barang sebelum dimasukkan ke dalam tas ransel atau carrier
  • Lakukan persiapan fisik berupa olahraga rutin beberapa waktu sebelum berangkat camping
  • Selalu jaga kesehatan dan kebersihan selama camping, jangan sampai meninggalkan sampah apapun
  • Tidak perlu cemas ketika camping karena pada dasarnya alam terbuka yang disediakan sebagai camping ground sudah dikondisikan oleh pengelola
  • Tenang, dan nikmati pengalaman pertama dengan antusiasme dan fokus pada apa yang ada dihadapanmu

Baca Juga: Trekking Gunung Batur: Tips dan Persiapan Penting Pendakian 

Itu tadi daftar persiapan dan perlengkapan camping pribadi yang sebaiknya dipahami dan dijadikan daftar yang detail. Sebagai pengingat, camping pertama kali sebaiknya tidak dilakukan seorang diri karena ada satu dan lain hal yang mungkin kamu belum tahu sehingga diperlukan bimbingan dari orang yang lebih berpengalaman.

Selalu periksa checklist perlengkapan camping pribadi yang akan dibawa, dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Semoga panduan praktis camping ini bisa berguna, dan kamu bisa langsung menemukan produk berkualitas pada masing-masing tautan yang dicantumkan di atas, yang merupakan produk solid dari EIGER Adventure. Kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru