HomeTips & TrickMountaineering#SejenakSelamanya Maknai Hari Pramuka Bersama Si Kecil

#SejenakSelamanya Maknai Hari Pramuka Bersama Si Kecil

Selamat Hari Pramuka, Eigerian! Hari Pramuka adalah perayaan tahunan yang merayakan gerakan kepanduan di Indonesia. Diadakan setiap 14 Agustus, Hari Pramuka merupakan momen penting untuk mengenang dan merayakan nilai-nilai kepanduan, semangat persaudaraan, serta kontribusi Pramuka dalam membentuk karakter generasi muda.

Sebelumnya, ayo kita cari tahu bagaimana sejarah Hari Pramuka di Indonesia dan bagaimana sih cara merayakannya?

Sejarah Hari Pramuka

Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana atau yang berarti “orang muda yang suka berkarya”. Pramuka sudah menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia. Gerakan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1923, jauh sebelum Indonesia merdeka.

Kala itu, kepanduan di Indonesia didominasi oleh organisasi yang dibentuk oleh Belanda, seperti Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Jakarta.

Namun, seiring berjalannya waktu, muncul banyak organisasi kepanduan lainnya yang berdiri di Indonesia. Untuk menyatukan semua organisasi ini, Presiden Soekarno pada tahun 1961 memutuskan untuk membubarkan semua organisasi kepanduan yang ada dan meleburkannya menjadi satu organisasi baru bernama Gerakan Pramuka.

Dengan lambang tunas kelapa, Gerakan Pramuka resmi diperkenalkan kepada publik pada 14 Agustus 1961 dalam sebuah upacara di Istana Negara. Sejak saat itu, tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pramuka dan diperingati oleh anggota pramuka di seluruh Indonesia setiap tahunnya.

Semangat kebersamaan, kedisiplinan, dan kecintaan pada tanah air yang diajarkan oleh pramuka terus diwariskan dari generasi ke generasi, menjadikan Gerakan Pramuka sebagai salah satu organisasi yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter pemuda Indonesia.

Baca Juga: One Day Trip Ramah Anak? Gunakan 5 Produk EIGER Junior Ini!

Cara Merayakan Hari Pramuka

Tahun ini, kita bersama-sama memperingati Hari Pramuka ke-63 dengan tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”. Terdapat beragam cara untuk memperingati Hari Pramuka di tahun 2024 ini dengan mengajak si Kecil dan anggota keluargamu yang lain untuk melakukan:

1.    Melangsungkan upacara bendera

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Pramuka adalah melangsungkan upacara bendera. Biasanya upacara bendera memperingati Hari Pramuka ini rutin diselenggarakan di sekolah.

2.    Mengikuti pelatihan

Penting bagi anggota pramuka untuk mengetahui pengetahuan yang erat kaitannya dengan kepramukaan. Oleh karena itu, kamu bersama si Kecil bisa menambah pengetahuan dengan mengikuti workshop atau pelatihan, seperti pelatihan mengenal dan belajar tali simpul pramuka, belajar kode morse, atau mengenal CPR (Cardiopulmonary Resuscitation). CPR ini dinilai sangat penting untuk diketahui oleh anggota pramuka karena ini merupakan upaya pertolongan pertama saat dalam keadaan genting.

3.    Menjadi relawan

Selain itu, penting juga bagi anggota pramuka untuk memiliki jiwa yang bersimpati dan berempati. Maka, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah menjadi relawan di sekitarmu. Kamu bisa mengajak si Kecil untuk melakukan kegiatan bakti sosial di komplek rumah, menjadi relawan kebersihan yang membersihkan lingkungan sekitar, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat sosial.

4.    Melaksanakan berbagai lomba

Sangat menyenangkan bila peringatan Hari Pramuka bisa diperingati dengan lomba. Misalnya lomba membuat tenda, lomba tali simpul, lomba dengan kode morse, lomba pentas seni, dan kegiatan lomba lainnya yang bisa dilakukan. Tak perlu repot, lomba ini juga bisa kamu lakukan di rumah bersama anggota keluarga. Agar lebih seru, siapkan hadiah bagi yang berhasil memenangkan lomba.

5. Melakukan kegiatan kemah

Salah satu kegiatan kepramukaan yang begitu lekat adalah berkemah sehingga kegiatan ini sangat cocok dan pas untuk dilakukan. Carilah bumi perkemahan yang tak begitu jauh dari tempat tinggalmu dan ajak seluruh anggota keluargamu. Dengan berkemah seseorang akan belajar bagaimana bekerja sama dengan tim, bertahan hidup di alam, dan menjaga kekompakan satu sama lain.

Peringati Hari Pramuka di Outdoor Bersama EIGER

1. Gunakan gear yang aman

Lengkapi peralatan dan perlengkapanmu saat berkegiatan di outdoor dengan EIGER. Terutama perhatikan yang digunakan oleh si Kecil saat mengeksplorasi alam bebas. Pastikan alas kaki yang digunakan pas di kaki dan memiliki fitur yang mendukung pergerakan di medan tanah dan batuan.

Kamu bisa pilih sandal yang ringan, breathable, dan nyaman di kaki. Sandal sangat pas dipakai untuk bersantai atau beraktivitas di sekitar perkemahan. Selain itu, lengkapi juga si Kecil dengan tas untuk membawa berbagai kebutuhannya. Ransel kecil dengan banyak fitur bisa menjadi pilihan yang pas untuk beraktivitas di outdoor.

2. Pakai pakaian yang nyaman

Menggunakan pakaian yang nyaman saat mengajak si Kecil berkegiatan di outdoor menjadi hal yang harus diperhatikan. Gunakanlah kaus dengan bahan yang sejuk dan nyaman, serta celana pendek yang terbuat dari material nilon yang ringan.

Jangan lupa juga untuk tambahkan aksesori seperti topi untuk melindungi kulit wajah si Kecil dari paparan langsung sinar UV.

3. Abadikan setiap momen berharga

Ketika berkegiatan di outdoor, ajaklah si Kecil dan anggota keluargamu yang lain untuk melakukan aktivitas bersama-sama, seperti memasak, memasang tenda bersama, atau bermain permainan yang seru.

Tinggalkan gawai dan nikmati setiap momen berharga yang kamu lewati berlatar pemandangan syahdu di alam bebas.

Baca Juga: Inspirasi OOTD Anak, Cocok Untuk Para Petualang Kecil

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru