HomeTips & TrickMountaineeringKenapa Mendaki Harus Menggunakan Sepatu Gunung Khusus?

Kenapa Mendaki Harus Menggunakan Sepatu Gunung Khusus?

Mendaki gunung merupakan salah satu olahraga ekstrem yang mengandung banyak risiko dan bahaya. Tidak hanya kondisi dan cuaca yang dihadapi, medan dan jalur pendakian yang licin dan berbatu juga membuat kegiatan ini harus dilakukan dengan persiapan yang sangat matang. Persiapan yang dimaksud adalah mulai dari fisik, mental, hingga peralatan dan perlengkapan mendaki agar perjalanan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.

Jika berbicara tentang keamanan, di dalam dunia pendakian tentu memiliki safety procedure yang harus diikuti. Salah satunya disebutkan bahwa seorang pendaki wajib menggunakan sepatu gunung saat melakukan pendakian. Mengapa hal ini menjadi wajib?

Mendaki gunung lekat dengan risiko mengalami kecelakaan, seperti terkilir, tergores, bahkan terpeleset. Oleh karena itu, bagian tubuh yang paling vital seperti kaki ini butuh diberi perlindungan ekstra, salah satunya dengan menggunakan sepatu yang tepat dan dikhususkan untuk kegiatan pendakian.

Tentu, mendaki gunung tidak bisa disamakan dengan kegiatan saat berada di kota, sehingga sepatu yang digunakan pun tentu berbeda, baik dari segi fitur, material, hingga teknologi yang disematkan.

Lantas, apa lagi alasan lainnya yang mengharuskan seorang pendaki menggunakan sepatu saat mendaki gunung? Yuk, cari tahu!

Alasan Mengapa Mendaki Harus Menggunakan Sepatu Gunung Khusus

1. Untuk melindungi kaki dari bahaya tak terduga

Melakukan kegiatan outdoor tentu tidak terlepas dari bahaya tak terduga yang mungkin saja terjadi. Salah satunya cedera kaki akibat terbentur, tergores, tertusuk, hingga kaki terkilir atau keseleo. Dengan menggunakan sepatu outdoor dengan jenis yang tepat, kamu bisa mencegah bahaya-bahaya tersebut.

Sepatu gunung dirancang dengan desain konstruksi yang kokoh, sementara di bagian bawah sepatu terdapat sol yang memiliki gerigi tajam dengan daya cengkeram tinggi. Di samping itu, material sepatu gunung telah dilengkapi dengan teknologi waterproof yang dapat melindungi kaki saat melewati sungai, medan berlumpur, ataupun dalam kondisi hujan.

2. Dapat memberikan kenyamanan saat mendaki gunung

Saat mendaki, kamu tidak hanya berjalan lurus, tetapi akan melewati medan tertentu, seperti kemiringan yang curam atau kondisi tanah yang licin. Sepatu gunung dibuat dengan konstruksi yang kuat dan tangguh demi keamanan, serta dilengkapi dengan material yang fleksibel dan empuk untuk kenyamanan pada kaki, sehingga memungkinkanmu melangkah dengan mudah dan bergerak lebih leluasa di kondisi terjal sekalipun.

3. Tentunya melindungi kaki dari gigitan hewan berbahaya

Jalur pendakian di Indonesia sebagian besar masih berupa alam liar yang beberapa jalurnya masih semak belukar. Jadi, sangat memungkinkan bagi kamu untuk melintasi medan berupa hutan rimba di mana di dalamnya terdapat hewan liar yang bisa mengancam keselamatan, terlebih hewan kecil seperti lintah. Untuk mencegahnya, kamu perlu menggunakan sepatu gunung untuk melindungi kaki agar tetap aman.

4. Selain itu, juga melindungi kaki dari tanaman beracun di alam liar

Kamu harus lebih berhati-hati saat mendaki gunung, sebab tak hanya bertemu dengan hewan liar, tetapi juga tumbuhan beracun yang hidup di alam liar. Sebut saja tumbuhan Pulus yang memiliki daun yang berbentuk bulat memanjang, runcing pada ujungnya dan terdapat bulu-bulu halus di permukaannya. Apabila terkena, maka akan mengakibatkan gatal-gatal pada kulit, serta terasa perih dan panas yang cukup menyengat. Untuk menghindari risiko yang berbahaya tersebut, pastikan kamu memakai sepatu gunung agar kaki tetap aman.

5. Dapat memberi perlindungan dari panasnya terik matahari dan dinginnya cuaca hujan

Memakai sepatu gunung juga akan melindungi kakimu dari sinar matahari yang terlalu lama dan saat kondisi hujan. Terlebih temperatur di gunung saat malam ataupun hujan akan sangat dingin, sehingga bisa menyebabkan anggota tubuh jadi lebih mudah kram, terutama pada bagian tangan dan kaki. Oleh karena itu, dengan memakai sepatu gunung yang tebal akan memberikan kehangatan pada kaki.

6. Yang paling penting, menjaga kebersihan kaki

Tak hanya itu, dengan menggunakan sepatu gunung, kamu juga akan melindungi kaki dari kotoran ataupun genangan air yang berisiko dapat merusak kulit bahkan kuku kaki. Kebersihan dan kesehatan kakimu akan selalu terjaga, sehingga perjalananmu pun dapat berjalan dengan lancar hingga kembali ke rumah.

Ketahui 3 Tipe Sepatu Gunung dan Fungsinya!

Terdapat tiga tipe sepatu untuk kegiatan pendakian, yaitu tipe low cut, mid cut, dan high cut yang dibedakan berdasarkan medan dan lamanya pendakian. Yuk, cari tahu apa saja tipe-tipe sepatu untuk kegiatan mendaki gunung!

Tipe Low Cut

1. Sepatu low cut cocok untuk pendakian ringan, seperti hill walking, hiking, atau approach, karena memiliki struktur yang lebih lentur sehingga membuat pergerakan kaki jadi lebih mudah dan bebas.

2. Sepatu tipe low cut lebih direkomendasikan untuk medan pendakian yang cenderung ringan dan landai, serta durasi perjalanan sekitar 1-2 hari.

3. Sepatu low cut tidak menutupi mata kaki, sehingga tidak direkomendasikan untuk pemakaian di medan yang ekstrem.

4. Beban bawaan ringan atau ultralight, sekitar di bawah 10 kg.

Tipe Mid Cut

1. Sepatu tipe mid cut cocok digunakan untuk pendakian dengan medan yang cukup terjal dan membutuhkan waktu berhari-hari untuk sampai ke puncak gunung, seperti trekking.

2. Menutupi hingga mata kaki, sehingga pergelangan kaki terlindungi dari gesekan maupun benturan saat pendakian.

3. Meskipun mempunyai ukuran yang tinggi, sepatu mid cut tetap memberikan keleluasaan pada pergerakan kaki.

4. Beban bawaan medium, yaitu di bawah 20 kg.

Baca Juga: 8 Daftar Obat yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung, Yuk Catat!

Tipe High Cut

1. Tipe sepatu high cut memiliki tinggi hingga menutupi atas mata kaki, sehingga sangat cocok digunakan untuk kegiatan trekking atau dengan medan yang berat atau terjal dan durasi yang lama.

2. Struktur sepatu lebih kaku dan keras yang berfungsi untuk melindungi pergelangan kaki saat melewati medan yang berbatuan.

3. Sepatu tipe high cut dapat melindungi mata kaki dari gesekan maupun benturan secara maksimal.

4. Beban bawaan cukup berat, yaitu di atas 20 kg.

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, jadi jangan abaikan penggunaan sepatu gunung saat pendakian, ya Eigerian. Lakukanlah demi keamanan, kenyamanan, serta kesehatan kaki kamu agar pendakianmu berjalan lancar sampai kamu kembali dari puncak.
#EigerAdventure#EigerTropicalAdventure#Shoes#Adventure#Hiking

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru