HomeTips & Trick8 Daftar Obat yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung, Yuk Catat!

8 Daftar Obat yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung, Yuk Catat!

Mendaki gunung memang memiliki resiko yang sangat besar.  Karena aktivitas luar ruangan ini menguras hampir seluruh apa yang ada dalam tubuh kita, mulai dari tenaga hingga mental dan jiwa. Bahkan tak jarang ada beberapa pendaki yang mengalami masalah ketika dalam pendakian seperti, kram otot, terjatuh, terluka karena terkena ranting atau batuan tajam dan juga kecelakaan lainnya karena medan pendakian yang ekstrim. Nah kali ini kita akan membahas tentang obat-obatan yang wajib dibawa ketika mendaki gunung. Hal ini untuk menghindari kejadian tak diinginkan yang lebih parah lagi ketika terjadi masalah baik berupa kecelakaan maupun masalah dalam tubuh kita. Nah langsung aja kita bahas Daftar 8 obat yang perlu dibawa saat mendaki gunun.

1. Obat Demam

Gunung sejatinya adalah alam liar dan terbuka. Suhu udara pun tidak bisa diprediksi dan bisa jadi berubah ubah. Hal ini lah yang bisa meningkatkan resiko terkena demam. Selain itu medan pendakian yang berat juga menyebabkan kamu lelah dan kurang istirahat. Biasanya pada saat malam hari kamu akan merasa demam. Jangan sampai kamu lengah, persiapkan obat demam demi pendakian yang nyaman. 

2. Obat Sakit Kepala

Stamina tubuh menurun ketika kita berada di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih daerah tujuan pendakianmu adalah tempat yang panas. Sakit kepala pasti tidak terhindarkan. Selain panas, pusing juga bisa disebabkan karena mabuk perjalanan. Sediakan obat ini untuk berjaga-jaga saat kepala mulai tidak bersahabat. Mudah untuk menemukan obat sakit kepala di apotik sekitar. 

3. Jamu Masuk Angin

Mual, pusing dan tidak enak badan biasanya salah satu gejala masuk angin. Masuk angin biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya perut kosong, kondisi badan yang kurang fit, terkena angin terlalu lama dan lain lain. Maka dari itu jamu masuk angin jadi obat yang perlu dibawa saat mendaki gunung. Tenang Eigerian, banyak merk jamu masuk angin yang bisa kamu pilih. Jenisnya pun juga beragam mulai dari cair, bubuk, bahkan permen. Selain minum jamu masuk angin kamu juga bisa menggunakan jaket anti angin dengan teknologi tropical wind block. Jaket ini akan menghalau angin yang datang saat kamu melakukan pendakian. 

4. Obat Sakit Perut

Nah salah satu penyakit yang sering ditemui oleh para pendaki adalah, sakit perut. Ini bisa timbul karena salah makan, telat makan, dan penyakit maag atau bisa jadi mengkonsumsi makanan yang kotor. Selain itu bagi Eigerian yang  tidak terbiasa makan terlalu pedas atau terlalu asam, perut pun akan bergejolak. Akibatnya, perut akan mulas, maag kambuh atau bahkan diare. Jaga kesehatanmu dan jangan sampai tersiksa saat pendakian. Selalu bawa obat andalanmu. Masukan ke dalam tas yang mudah dijangkau agar berkegiatan tetap aman. 

5. Vitamin 

Tetap minum vitamin selama pendakian ya Eigerian. Kamu bisa membawa vitamin saat C saat mendaki. Ada berbagai jenis vitamin hisap, cair dan tablet, tinggal pilih. Selain vitamin, salah satu pendukung kesehatan lainnya adalah madu. Siapa nih Eigerian yang rutin minum madu? Madu bisa membantu menjaga kesehatan, juga bisa sebagai penahan lapar. Kamu bisa mencampur madu dengan susu atau teh. Yuk jadi ga ada alasan saat mendaki kamu tidak bisa jaga asupan vitamin mu ya Eigerian. 

6.  Plester dan Alkohol

Mendaki gunung punya banyak resiko berbahaya. Terantuk batu atau tergores dahan, tergelincir dan lain lain bisa saja dialami siapapun saat berada di pegunungan. Meski kecil, luka terbuka cukup berbahaya jika tidak segera diobati. Bagi kamu Eigerian jangan lupa untuk segera tentukan pertolongan pertama. Dengan membasuh luka dengan alkohol 70 persen dan kemudian menutupnya dengan plester. Selain mendaki, selalu bawa perlengkapan ini saat berpergian. 

7. Minyak Kayu Putih Jadi Obat yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung

Minyak kayu putih jadi penolong yang paling dibutuhkan saat kamu sedang melakukan pendakian. Dengan aromanya yang menyegarkan minyak kayu putih selain bisa menghangatkan juga bisa meredakan sakit tenggorokan pilek dan lain lain. Jadi untuk jaga-jaga selalu bawa minyak kayu putih mu ya Eigerian. 

8. Perlengkapan Darurat Hipotermia

Alam ga pernah bisa ditebak. Sering kali saat kita melakukan pendakian, kita bertemu dengan kondisi ekstrim yang luar biasa seperti hujan deras, badai, dan angin yang kencang. Saat ada kondisi ekstrim, kemungkinan terburuknya adalah terkena hipotermia. Untuk berjaga-jaga kamu perlu membawa beberapa perlengkapan seperti; emergency blanket, thermometer, tabung oksigen kecil, dan penghangat.

Baca Juga: Sederet Peralatan Pendaki yang Diperlukan dan yang Tidak Diperlukan

Selain Obat Yang Perlu Dibawa Saat Pendakian, Kamu Juga Perlu Persiapan Lengkap! 

Nah setelah obat-obatan siap, kamu juga perlu memastikan semua perlengkapan mendakimu lengkap ya. Mulai dari jaket, celana, sampai sepatu khusus pendakian. Perlengkapan dan pakaian lengkap juga bisa hindari kamu dari berbagai hal-hal buruk yang tidak bisa dihindari. Dapatkan perlengkapan pendakianmu dari kepala hingg ujung kaki di EIGER Adventure. EIGER Adventure brand penyedia kebutuhan luar ruangmu yang siap memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan aman. Belanja kebutuhanmu dimana saja lewat eigeradventure.com. Terpercaya dan pasti aman. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru