HomeTips & TrickMountaineeringSekilas tentang SIMAKSI Merbabu, Cermati Detailnya di Sini!

Sekilas tentang SIMAKSI Merbabu, Cermati Detailnya di Sini!

Tentu Eigerian tidak lagi asing dengan Taman Nasional Gunung Merbabu, yang selain menawarkan pemandangan alam indah juga memiliki popularitas akan jalur pendakiannya. Hal lain yang juga seharusnya sudah dipahami adalah terkait dengan SIMAKSI Merbabu.

SIMAKSI sendiri sebenarnya merupakan singkatan, dari Surat izin Masuk Kawasan Konservasi. Surat izin ini ditetapkan di beberapa taman nasional yang dikelola oleh pemerintah, dan untuk beraktivitas di sana kamu perlu mengajukan perizinan terlebih dahulu.

Lebih lanjut, dilansir dari situs resmi tngunungmerbabu.org/simaksi/, terdapat beberapa kegiatan yang diwajibkan menyertakan pembuatan surat izin masuk ke area taman nasional. Mulai dari diksar/dikjut, pendakian massal, bersih gunung, berkemah, penanaman, dan sebagainya. Perizinan juga diperlukan untuk kegiatan penelitian, tapi kali ini mari bahas lebih detail terkait kelompok kegiatan pertama.

Baca Juga: Tips Simpel Memilih Senter Kepala Terbaik Ini 5 Poinnya!

Syarat Pembuatan SIMAKSI Merbabu

Simaksi merbabu
Sumber: freepik via freepik.com

Untuk kegiatan diksar/dikjut, pendakian massal, bersih gunung, berkemah, penanaman, dan sebagainya, terdapat enam syarat yang disampaikan pada situs resmi tersebut. Keenamnya, dilansir langsung dari situs bersangkutan, adalah sebagai berikut.

  • Membawa dokumen kelengkapan berupa proposal kegiatan dan / atau surat pengantar yang berasal dari instansi yang bersangkutan (kampus, kantor, organisasi / lembaga, sekolah) yang berisi rencana kegiatan (rundown acara), waktu pelaksanaan kegiatan, serta perihal permohonan izin yang sudah disetujui serta ditanda tangani oleh dekan / dosen / kepala sekolah / ketua organisasi yang bersangkutan
  • Membawa kelengkapan administrasi berupa fotokopi identitas berupa (KTP / KTM / kartu pelajar) sebanyak 1 lembar, meterai 10.000 sebanyak 2 lembar, dan menuliskan nomor kontak yang dapat dihubungi
  • Syarat-syarat tersebut dibawa pada saat akan mengajukan SIMAKSI
  • Proses pengajuan SIMAKSI paling lambat dilakukan 1 minggu sebelum dilaksanakannya kegiatan.
  • Peserta wajib mematuhi segala ketentuan dan tata tertib masuk kawasan yang berlaku di Taman Nasional Gunung Merbabu
  • Dalam pelaksanaan kegiatan agar berkoordinasi dengan petugas lapangan terkait

Setiap poin persyaratan ini harus dipersiapkan dan dipenuhi agar pengurusan perizinan yang kamu lakukan bisa berjalan lancar, dan pendakian atau kegiatan lain bisa lekas dilakukan. Setelah tahu syaratnya, bagian selanjutnya akan membahas tentang tata cara pengajuan izin atau booking pendakian Gunung Merbabu melalui sistem SIMAKSI Merbabu ini.

13 Langkah Mudah Booking Pendakian Gunung Merbabu

Simaksi merbabu
Sumber: freepik via freepik.com

Untuk melakukan booking pendakian Gunung Merbabu sendiri, caranya juga cukup mudah. Dengan asumsi kamu sudah memiliki akun pendaki di situs tngunungmerbabu.org, langkah booking secara online yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Buka situs resmi https://tngunungmerbabu.org/ kemudian klik opsi Booking Pendakian
  • Terlebih dahulu pastikan kuota tersedia dengan klik menu Cek Kuota
  • Login dengan akun yang sudah kamu punya, pilih jalur pendakian yang tersedia
  • Lakukan verifikasi kode pendaki anggota rombongan
  • Pilih destinasi dengan klik Booking Sekarang
  • Setujui persyaratan yang diberikan, melakukan pengisian formulir, dan tambahkan Kode Pendaki
  • Periksa data booking, kemudian klik Hitung Biaya Tiket
  • Klik Proses setelah memastikan semua data sudah benar
  • Input OTP yang dikirimkan via WhatsApp
  • Konfirmasi dan periksa kembali data booking yang sudah dimasukkan
  • Klik Lanjut ke Pembayaran untuk proses pembayaran melalui BRI atau BRI Virtual Account
  • Dapatkan nomor Virtual Account dan instruksi pembayaran
  • Biaya jasa wisata lokal, asuransi, serta pengelolaan basecamp belum termasuk dalam pembayaran ini. Jadi siapkan juga biaya tambahan yang mungkin muncul untuk variabel di atas

Praktis, mudah, dan bisa dilakukan secara online, kini kamu tahu benar apa yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara pemesanan tiket dan slot untuk pendakian Gunung Merbabu. Tidak sulit dan cukup praktis bukan? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung klik https://tngunungmerbabu.org/2019/06/15/tata-cara-pendaftaran-online-taman-nasional-gunung-merbabu/ untuk tahu detail mengenai pembuatan akun, booking pendakian, hingga hal lain terkait pendakian di Gunung Merbabu tersebut.

Agar Lancar dalam Mengurus SIMAKSI Merbabu, Ini Tipsnya

Simaksi merbabu
Sumber: EIGER Adventure

Mungkin beberapa dari kamu yang mencoba melakukan pendaftaran dan pemesanan online menemui kendala dalam prosesnya. Tapi tidak usah cemas, server situs resmi tersebut sudah diatur sedemikian rupa agar dapat mengakomodir pendaki yang akan melakukan pendaftaran.

Jika pada pendaftaran atau pemesanan terjadi kesalahan atau ada data yang tidak valid, kamu akan mendapatkan notifikasi dan diminta memperbaiki data yang tidak valid tersebut. Tentu, kamu harus pastikan pengisian data yang dilakukan benar-benar valid, dan sesuai dengan identitas.

Selain itu tips sederhana lainnya adalah untuk selalu memastikan koneksi internet lancar selama kamu melakukan pemesanan. Pastikan cahaya yang cukup untuk mengambil file gambar yang diperlukan, dan cermati juga semua berkas yang menjadi syarat supaya tidak ada yang kurang saat pendaftaran dilakukan.

Persiapkan Pendakian dengan Baik Bersama EIGER Adventure

Mempersiapkan fisik dan mental menjadi hal yang wajib dilakukan, bersamaan dengan persiapan pada setiap perlengkapan dan peralatan yang akan dibawa. EIGER Adventure kemudian menawarkan ragam jenis produk yang bisa mendampingimu dalam pendakian, sehingga terasa lebih nyaman dan aman.

Beberapa rekomendasi produknya adalah sebagai berikut.

1. Mens Zenith Baselayer Top

Simaksi merbabu
Sumber: EIGER Adventure

Cepat kering, bisa menyerap kelembaban, dan terasa hangat, produk ini cocok digunakan untuk menemanimu mendaki Gunung Merbabu. Memiliki fitur lengkap dan nyaman dipakai, pergerakan yang diperlukan tidak akan terhambat karena fleksibilitas bahannya. Harganya adalah Rp1,099,000.

2. Ferret

Simaksi merbabu
Sumber: EIGER Adventure

Sepatu dengan desain mid-cut yang keren ini juga akan memberikan kenyamanan sekaligus pijakan solid selama kamu beraktivitas di Gunung Merbabu. Dengan harga Rp689,000 saja, kamu bisa membawa pulang sepatu berkualitas dengan tampilan yang kekinian.

3. WS Chimbali 2.0 Full Gloves

Simaksi merbabu
Sumber: EIGER Adventure

Cocok digunakan untuk menghangatkan bagian tangan, gloves ini nyaman dan hangat saat digunakan. Kamu bisa mengatur kenyamanannya dengan perekat yang dapat disesuaikan, sehingga fit sesuai dengan ukuran yang kamu pilih. Ditawarkan dari ukuran S, M, L, dan XL, harganya adalah Rp159,000.

4. Kestrel 38 S23

Simaksi merbabu
Sumber: EIGER Adventure

Untuk membawa berbagai barang, Kestrel 38 S23 hadir dalam tiga warna berbeda. Dijamin nyaman, berkualitas solid, dan memiliki kapasitas besar, produk bermutu tinggi ini dibanderol dengan harga Rp2,999,000.

Baca Juga: 6 Tips Celana Gunung Wanita Terbaik, Pendakian Jadi Nyaman! 

Sekilas pengetahuan dan informasi tentang SIMAKSI Merbabu di atas semoga bisa jadi artikel yang berguna untuk membantu persiapan pendakian yang kamu lakukan. Jangan lupa selalu dampingi kegiatan luar ruang dengan EIGER Adventure, dan selalu pastikan produk original yang memberikan kualitas terbaik. Kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia! 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru