HomeTips & TrickMountaineeringTips Simpel Memilih Senter Kepala Terbaik Ini 5 Poinnya!

Tips Simpel Memilih Senter Kepala Terbaik Ini 5 Poinnya!

Dalam konteks kegiatan luar ruang, sensasi tersendiri memang bisa dirasakan ketika hal ini dilakukan di malam hari. Tapi yang harus diingat adalah bahwa kamu harus melengkapi diri dengan perangkat penerangan yang handal, seperti misalnya senter kepala terbaik yang dapat digunakan.

Sebenarnya, penggunaan senter kepala secara praktis tidak hanya pada konteks kegiatan luar ruang seperti penjelajahan, pendakian, menyelam, atau sejenisnya. Alat ini juga banyak dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan di tempat gelap, sehingga kedua tangan bisa digunakan secara leluasa.

Baca Juga: 5 Fungsi Utama Pelindung Kaki Naik Gunung, Sudah Tahu?

Cara Memilih Senter Kepala Terbaik untuk Kegiatanmu

Senter kepala terbaik
Sumber: Eiger Adventure

Ada beberapa kriteria yang sebenarnya bisa dijadikan acuan ketika kamu akan memilih senter kepala terbaik untuk kegiatan luar ruang. Beberapa kriteria tersebut bisa langsung kamu lihat di bawah ini.

1. Mengenai Kekuatan Cahaya yang Dihasilkan

Fungsi dasar dari senter kepala adalah untuk memberikan penerangan pada saat berkegiatan, sehingga faktor pertama yang tentu harus kamu perhatikan adalah tingkat kecerahan yang dihasilkan. Setidaknya, cari senter kepala dengan tingkat kecerahan lebih dari 50 lumen.

Perhatikan juga jenis lampu yang digunakan. Lampu yang lebih direkomendasikan adalah model LED, karena bisa menghasilkan cahaya terang dengan konsumsi daya yang lebih kecil.

2. Strap dan Pengaturan Pemasangan

Selain memperhatikan tingkat kecerahan yang dihasilkan, perhatikan juga bagian strap yang digunakan untuk memasang senter kepala. Pastikan ada pengaturan yang cukup fleksibel jadi kamu bisa menggunakannya dengan nyaman.

Atur sedemikian rupa sehingga senter kepala terpasang dengan cukup steady tanpa harus terlalu kencang dan membuatmu pusing.

3. Daya Tahan Pemakaian

Well karena kamu akan berada di area terbuka selama berkegiatan, tentunya kamu perlu senter kepala terbaik yang bisa diandalkan dalam jangka waktu panjang bukan?

Maka dari itu, pastikan senter kepala yang kamu pilih memiliki daya tahan setidaknya 8 jam dalam sekali pengisian daya baterai. Baterai yang dikenal memiliki daya tahan optimal adalah jenis lithium. Selain itu, baterai ini juga memiliki kualitas yang baik sehingga tidak mudah rusak oleh cuaca ekstrim yang mungkin kamu hadapi.

4. Cari Keterangan Kekuatan Waterproof

Karena berisiko menghadapi cuaca ekstrim, baik panas terik atau hujan deras, maka fitur waterproof menjadi penting. Sebagai informasi, fitur ini memiliki beberapa tingkatan mengacu pada daya tahannya pada air.

Kode IPX 6 menjadi kode untuk produk dengan waterproof terbaik. Namun jika tidak bisa menemukan kode ini, kode IPX 4 juga sudah cukup baik.

5. Fitur Pelengkap Lain

Fitur pelengkap lain yang dimaksud adalah fitur pengaturan intensitas cahaya, mode nyala senter, hingga mode red light.

Pengaturan intensitas cahaya diperlukan sehingga kamu bisa menyesuaikan cahaya yang diperlukan. Kemudian mode nyala senter bisa berguna memberikan kode darurat pada model blinking mode. Pada red light mode, kamu bisa menggunakan senter kepala tanpa harus mengganggu penglihatan orang lain dalam kegiatan yang kamu lakukan.

Jika ada fitur tambahan lain yang manfaatnya jelas, maka akan jadi nilai plus untuk senter kepala terbaik yang kamu pilih.

Melihat Kembali Fungsi Mendasar dari Senter Kepala

Senter kepala terbaik
Sumber: Eiger Adventure

Sebenarnya jika berbicara mengenai fungsi dari senter kepala tentu adalah untuk memberikan penerangan ketika melakukan kegiatan. Kegiatan yang dimaksud bisa berupa perbaikan atau penelitian, alat bantu pencarian, kebutuhan rekreasional, penjelajahan, bahkan hingga pekerja di pertambangan dan pengelasan bawah laut.

Namun yang mungkin tidak banyak disadari adalah bahwa selain memberikan cahaya yang diperlukan, senter kepala juga bisa membantu kegiatan berjalan lancar. Kenapa? Sebab kedua tangan yang ada bisa digunakan dengan leluasa tanpa harus terbebani memegang sumber cahaya.

Dengan demikian fungsi pencahayaan yang diberikan benar-benar optimal dalam rangka membantu kegiatan karena kedua tangan dapat bekerja secara optimal tanpa gangguan. Secara alami, arah senter kepala yang dipasang di area dahi juga akan sama dengan arah pandangan, yakni lurus ke depan.

Sangat praktis dan efisien ‘kan?

Rekomendasi Senter Kepala Terbaik dari Eiger Adventure

Tentunya sebagai sebuah brand yang identik dengan kegiatan luar ruang, Eiger Adventure memiliki sederet rekomendasi produk senter kepala terbaik yang bisa kamu pilih. Hadir dengan kelebihan dan fiturnya masing-masing, berikut beberapa rekomendasi produk dari Eiger Adventure untuk kamu gunakan!

1. Bartelsi LED Headlamp

Senter kepala terbaik
Sumber: Eiger Adventure

Dengan harga Rp209,000 saja kamu sudah bisa membawa pulang produk keren ini. Dirancang untuk kegiatan speed hiking di malam hari, produk ini ringan ringkas tapi memiliki daya tahan kuat. Dengan output mencapai 150 lumen dan didukung rating IPX 5, dijamin tahan pada paparan hujan ringan saat pendakian.

2. Headlamp Kids Bebe

Senter kepala terbaik
Sumber: Eiger Adventure

Senter kepala selanjutnya dikhususkan untuk anak-anak, dalam kegiatan hiking ringan, camping, dan penggunaan sehari-hari. Dengan berat hanya 42 gram saja, strap jacquard yang elastis bisa digunakan dengan cukup nyaman. Harganya terjangkau, hanya Rp117,000 saja.

3. Eiger Seth Headlamp

Senter kepala terbaik
Sumber: Eiger Adventure

Nah untuk Eigerian yang gemar berpetualang di luar ruang, senter kepala ini bisa jadi opsi yang sangat pas untuk penjelajahan singkat. Menggunakan baterai tipe AAA yang mudah ditemukan, kamu bisa melihat hingga 10 meter jarak di hadapanmu. Harganya adalah Rp129,000.

4. Apollo Headlamp

Senter kepala terbaik
Sumber: Eiger Adventure

Produk rekomendasi keempat untuk senter kepala terbaik adalah Apollo Headlamp. Dengan rating IPX 4, fitur pencahayaan yang disediakan bisa mencapai 80 lume. Daya tahan LED-nya bisa mencapai 100,000 jam penggunaan, jarak pandang yang diberikan adalah sekitar 15 meter. Harganya sendiri ada di angka Rp249,000.

Baca Juga: 6 Tips Pilih Sepatu Anti Licin dari EIGER & Kelebihannya! 

Itu tadi sekilas tentang cara memilih senter kepala terbaik yang bisa dibagikan di artikel ini. Tentu masih banyak lagi produk Eiger Adventure yang dapat Anda pilih dengan mengunjungi bagian produk headlamp di situs resminya. Belanja melalui situs resmi, dan dapatkan berbagai benefit mulai dari harga terbaik, jaminan produk ori, gratis ongkir, hingga opsi metode pembayaran yang beragam. Dapatkan produk andalan di Eiger Adventure, dan maksimalkan pengalaman kegiatan luar ruanganmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru