HomeTips & TrickTraveling15 Tempat Wisata Tersembunyi di Indonesia, Cocok untuk Liburan

15 Tempat Wisata Tersembunyi di Indonesia, Cocok untuk Liburan

Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki ribuan pulau dengan keindahan alam yang luar biasa. Meski banyak destinasi wisata yang sudah populer, masih banyak surga tersembunyi yang belum banyak dijamah wisatawan, lho! Tanpa tahu mana saja tempat wisata tersembunyi di Indonesia, opsi liburanmu bisa terbatas, hanya itu-itu saja, dan juga kamu bisa kehilangan kesempatan mendapat pengalaman berpetualang seru di tempat baru. 

Terbukti deretan ‘surga’ tersembunyi sering kali menawarkan pengalaman yang lebih eksklusif, tenang, dan autentik dibanding tempat wisata yang ramai pengunjung. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah 15 destinasi wisata alam tersembunyi di Indonesia yang belum banyak dikunjungi, namun menawarkan pesona yang tak kalah menakjubkan dengan spot wisata yang sudah populer.

Daftar Tempat Wisata Tersembunyi di Indonesia Bak Kepingan Surga 

1. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora lokasinya berada di di Pulau Seram, Maluku, adalah surga tersembunyi dengan keindahan yang memukau. Air lautnya jernih dan berwarna biru kehijauan membuat pantai ini terlihat seperti Maldives versi Indonesia, lho! Di pantai ini, wisatawan dapat menikmati snorkeling dan menyaksikan keindahan terumbu karang serta berbagai jenis ikan tropis.

2. Danau Kaco, Jambi

Danau Kaco, Jambi. Sumber: Kompas.com (Shutterstock/Rico Yulianto)

Terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi, Danau Kaco adalah danau kecil dengan air yang sangat jernih dan berwarna biru terang seperti kaca. Danau Kaco yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) juga dikenal karena keindahan alam sekitarnya yang masih sangat alami. 

Berbeda dengan danau pada umumnya, pada malam hari atau saat bulan purnama tiba, dasar Danau Kaco akan mengeluarkan kilauan cahaya yang indah. Meskipun membutuhkan perjalanan yang cukup menantang untuk sampai ke lokasi danaunya, keindahan Danau Kaco yang mempesona benar-benar akan membuat usahamu terbayar lunas.

3. Bukit Holbung, Sumatera Utara

Bukit Holbung terletak di dekat Danau Toba, Sumatera Utara. Bukit ini cocok menjadi tujuan trekking singkat namun menawarkan pemandangan spektakuler. Dari puncaknya, wisatawan dapat menikmati panorama Danau Toba yang begitu megah dikelilingi oleh hamparan perbukitan hijau.

4. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi. Sumber: travel.kompas.com/Barry Kusuma

Tempat wisata tersembunyi di Indonesia berikutnya adalah Pantai Pulau Merah yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini menawarkan daya tarik pemandangan yang sangat indah dengan pasir putih dan bukit kecil di tengah laut yang berwarna merah saat matahari terbenam. Warna merah ini berasal dari tanah yang berwarna merah di bukit tersebut.

Panorama sunset terbaik yang bisa dinikmati langsung dari pantai ini sekitar bulan November hingga Februari. Selain menjadi spot terbaik healing, pantai ini juga merupakan tempat yang cocok untuk camping dan berselancar karena ombaknya yang menantang.

5. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ada juga di Probolinggo, Jawa Timur, namanya Air Terjun Madakaripura. Air terjun cantik ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang menambah keindahan alamnya. Meskipun lokasinya agak tersembunyi, keindahan dan kesegaran alam di sekitar air terjun ini sangat memikat hati.

6. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Sumber: foreverwallpaper.com

Kepulauan Derawan adalah surga tropis tersembunyi di Kalimantan Timur dengan 31 pulau yang cantik. Wisatawan akan menikmati pemandangan pantai pasir putih yang eksotis dengan warna air biru jernih. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan penyu di sekitar pesisir pantai, melakukan snorkeling, hingga berenang bersama penyu. 

Fun fact, Kepulauan Derawan dikenal sebagai rumah bagi para penyu, utamanya penyu hijau raksasa dan penyu sisik yang langka dan bahkan terancam punah. Tak hanya penu, Derawan jga menjadi lokasi konservasi beragam satwa laut seperti lumba-lumba, pari manta, kura-kura raksasa, duyung, ubur-ubur tanpa sengat, bahkan paus. 

Di sekitar kawasan Derawan ada banyak pilihan resor yang bisa kamu jadikan lokasi staycation sembari menikmati keindahan lautan. 

7. Goa Jomblang, Yogyakarta

Goa Jomblang terletak di kawasan Karst Gunungkidul, Yogyakarta. Goa ini terkenal dengan cahaya surga yang masuk melalui lubang vertikal di langit-langit goa, sehingga menciptakan pemandangan yang sangat spektakuler. Wisatawan yang ingin menjelajahi Goa Jomblang harus siap untuk menuruni tebing dengan bantuan tali. Meskipun menantang, ini akan menjadi pengalaman yang sangatlah mengesankan.

8. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur. Sumber: Dok. Indonesia Travel

Mungkin Eigerian baru pertama kali mendengar salah satu wisata hidden gem yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Labuan Cermin mempunyai keunikan karena terdiri dua lapisan air: air tawar di permukaan dan air asin di bawahnya. 

Saking jernihnya, air danau ini terlihat seperti cermin. Itulah mengapa danau ini dinamakan Labuan Cermin. Selain kejernihan air yang menjadi daya tariknya, danau ini juga dikelilingi oleh hutan tropis yang masih alami dengan pepohonan yang teduh dan asri.

9. Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang, Jawa Timur

Next, salah satu air terjun terindah di Indonesia, Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan antara Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki banyak aliran air yang jatuh dari tebing tinggi, sehingga menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Meskipun medannya cukup menantang, keindahan yang ditawarkan sebanding dengan usaha yang kamu keluarkan untuk mencapai air terjun ini.

10. Pantai Wediombo, Gunungkidul

Pantai Wediombo, Gunungkidul. Sumber: Dislautkan.jogjaprov.go.id

Saat berlibur di Jogja dan ingin mantai, kamu bisa menjadikan Pantai Wediombo sebagai destinasi favoritmu. Pantai yang berada di Gunungkidul ini masih sangat alami dengan pasir putih dan ombak yang cocok untuk berselancar. 

Di pantai ini, kamu juga dapat menemukan laguna alami yang terbentuk di antara batu karang untuk bersantai dan main air sepuasnya. Selain aktivitas bermain air, di kawasan Pantai Wediombo, kamu juga bisa camping hingga mancing, lho! 

11. Pulau Banyak, Aceh

Pulau Banyak di Aceh merupakan gugusan pulau kecil dengan keindahan alam yang luar biasa. Pulau-pulau ini menawarkan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, serta kehidupan bawah laut yang sangat rich. Walaupun belum sepopuler lokasi lainnya, Pulau Banyak adalah destinasi yang ideal bagi para penyelam dan pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam tanpa banyak keramaian.

12. Bukit Panguk Kediwung, Bantul

Bukit Panguk Kediwung. Sumber: jogja.disway.id

Bukit Panguk Kediwung terletak di Bantul, Yogyakarta, dan menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, terutama saat matahari terbit. Dari puncak bukit ini, wisatawan dapat menyaksikan hamparan lautan awan yang menutupi perbukitan di bawahnya, tepatnya saat pagi hari. Dijamin dari bukit ini, wisatawan dapat puas menikmati pemandangan yang sangat magis dan menenangkan.

13. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Jika kamu traveling ke Sulawesi Tenggara, ada salah satu tempat wisata tersembunyi yang sayang dilewatkan, yaitu Air Terjun Moramo. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Moramo merupakan  air terjun bertingkat dengan tujuh tingkatan utama. 

Letak keindahan air terjun ini ada pada kejernihan airnya dan susunan batu-batu yang menciptakan kolam-kolam alami di setiap tingkatannya. Selain puas menikmati keindahan alam sekitar air terjun, wisatawan bisa bermain air sepuasnya dengan tetap memperhatikan keamanannya.

14. Pantai Nemberala, Rote Ndao

Peselancar di Pantai Nemberala. Sumber: rotendaokab.go.id

Pantai Nemberala yang terletak di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, adalah surga tersembunyi bagi para peselancar dunia. Pantai ini menawarkan ombak yang besar dan konsisten, cocok untuk berselancar. Selain itu, Pantai Nemberala juga memiliki pasir putih dan air laut yang jernih, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk bersantai.

15. Teluk Kiluan, Lampung

Teluk Kiluan di Lampung adalah tempat yang terkenal dengan atraksi lumba-lumba liar. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan lumba-lumba yang berenang bebas di laut lepas. Selain itu, Teluk Kiluan juga menawarkan pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih, cocok untuk snorkeling dan berenang.

Baca juga: 7 Gunung di Indonesia yang Aman dan Cocok untuk Kegiatan Wisata

Menikmati Keindahan Alam Indonesia dengan Produk EIGER

Indonesia memang memiliki banyak destinasi wisata alam yang luar biasa namun belum banyak dikunjungi. Bagi Eigerian yang mencari petualangan dan pengalaman baru yang nggak biasa, mengunjungi tempat-tempat tersembunyi ini adalah pilihan yang tepat.

Agar travelingmu semakin seru dan berkesan, lengkapi semua kebutuhan liburan dengan produk EIGER seperti tas traveling, baju, sandal, dan kebutuhan outfit lainnya. Kapanpun dan dimanapun, Eigerian dapat memiliki koleksi produk EIGER original dan terbaru hanya di situs resmi Eiger Adventure

Selain mengunjungi website resmi Eiger, Eigerian juga bisa langsung datang ke EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Atau supaya lebih praktis dan mudah, Eigerian bisa belanja lewat aplikasi dari smartphone. 

Install sekarang mobile apps EIGER Adventure yang bisa didownload di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Di aplikasi mobile milik EIGER ini, Eigerian bisa melihat katalog produk dan belanja produk incaranmu!

Produk untuk traveling tersedia lebih lengkap, jaminan produk original, ada banyak promo menarik, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Tak perlu pikir panjang, cek sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru