HomeTips & TrickLifestyleTips Memilih Wind Breaker Terbaik dan Cara Tepat Merawatnya

Tips Memilih Wind Breaker Terbaik dan Cara Tepat Merawatnya

Beberapa orang ada yang menyamakan jaket wind breaker dengan jas hujan karena kemampuannya dalam mengantisipasi hujan. Pada kenyataannya, jaket wind breaker memang dirancang untuk dapat mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Tidak hanya bisa dipakai saat musim hujan atau musim dingin saja, tapi jaket ini juga cocok untuk digunakan saat berolahraga pagi atau malam hari di luar rumah alias outdoor.

Sebenarnya, wind breaker merupakan nama sebuah merek dagang milik perusahaan John Risman dari Chicago untuk produk jaket mereka. Namun belakangan, istilah ini menjadi sangat populer dan identik dengan jenis jaket yang dapat menahan angin sekaligus hawa dingin.

Dengan jaket ini, tubuh pemakainya akan tetap merasa hangat meski berada di tengah kondisi cuaca yang lumayan ekstrim seperti angin besar hingga suhu yang dingin. Biasanya, bahan yang digunakan untuk jaket jenis ini adalah katun, kanvas, fiber sintesis, polyester atau nylon. 

Mengenal Sejarah Jaket Wind Breaker

Jaket wind breaker pertama kali populer sebagai pakaian luar informal di tahun 1970-an. Model jaket ini dikenal mirip dengan jaket parka, dan sering dianggap sebagai perkembangan jaket parka yang dikenakan oleh suku Inuit di Antartika. Jaket ini memiliki berbagai macam penamaan sesuai dengan wilayah, sebagai contoh, istilah jaket wind breaker dipergunakan di Amerika Utara dan Jepang.

Sedangkan di daerah Inggris dan negara persemakmuran (commonwealth) tertentu termasuk Australia dan India, jaket ini biasa disebut sebagai wind cheater. Sementara itu, Inggris Raya biasa menyebut jaket jenis ini sebagai wind jammers atau cagoules. Sebetulnya, istilah jaket wind cheater lebih dulu lahir daripada jaket wind breaker.

Pada awalnya istilah jaket ini dinamakan untuk pakaian yang lebih mirip jaket pullover daripada jaket wind breaker modern. Jika model jaket wind breaker memiliki panjang sepinggang, sedangkan model wind cheater cenderung lebih panjang hingga ke paha.

Wilayah tersebut di atas cenderung dingin, sehingga membuat orang yang hidup di sana mencari sebuah jaket yang ringan namun mampu menahan hawa dingin sekaligus untuk menjaga dari hujan salju yang sering turun.

Sehingga terciptalah jaket penahan angin yang berbobot lebih ringan daripada jaket tebal seperti jaket wol, namun memiliki kemampuan memberikan kehangatan tidak kalah dengan jaket wol paling tebal sekalipun. Kemudian pada perkembangannya, jaket ini cepat menyebar ke berbagai penjuru dunia, bahkan menjadi jaket yang paling digemari untuk menahan hawa dingin.

7 Tips Memilih Jaket Wind Breaker

wind breaker

Jika berencana untuk membeli jaket jenis ini sebagai pelengkap gaya penampilan, tapi masih bingung harus memilih jaket yang seperti apa? Beberapa tips di bawah ini wajib diperhatikan. 

  1. Perhatikan fitur-fitur ekstra yang ada pada sebuah jaket. Biasanya, semakin banyak fitur yang ditambahkan akan membuat jaket jenis ini semakin berat.
  2. Pastikan lengan jaket cukup panjang untuk menutupi pergelangan tangan. Beberapa produsen membuat variasi jaket ini yang memiliki thumb hole untuk menghangatkan bagian telapak tangan dan melindungi tubuh agar tidak terluka.
  3. Jika jaket yang dipilih menawarkan hoodie, maka pastikan ukurannya sudah benar-benar sesuai dengan kepala kita. Untuk mengujinya, kita bisa mencoba dahulu jaket tersebut dan rasakan apakah hood tersebut nyaman dipakai atau malah menyusahkan.
  4. Usahakan untuk memilih jaket yang memiliki ukuran sedikit lebih besar di atas nomor pakaian kita biasanya. Sehingga tubuh kita dapat bergerak dengan mudah dan nyaman meskipun sedang mengenakan jaket.
  5. Perhatikan bagian resleting jaket karena bagian ini biasanya akan menjadi tempat favorit bagi angin untuk menyusup. Agar lebih aman, pastikan bagian dalam resleting memiliki lapisan penutup.
  6. Untuk menghemat pengeluaran, ada baiknya kita sesuaikan harga jaket yang hendak dibeli dengan kondisi keuangan. Jangan hanya karena ingin mendapatkan jaket wind breaker, lantas kita menguras isi tabungan yang semestinya bisa digunakan untuk keperluan lain. 
  7. Periksa kualitas jahitan pada jaket wind breaker yang hendak kita beli. Sebab semahal apapun jaket yang kita pilih, jika jahitannya kurang rapi dan terlihat tidak kuat maka kualitas jaketnya juga akan menjadi turun.

Cara Merawat Jaket Wind Breaker

wind breaker

Kalau sudah menemukan jaket wind breaker yang sesuai dengan keinginan, maka untuk memastikan bahwa jaket yang kita miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, pastikan cara perawatan yang diterapkan untuk jaket tersebut benar-benar tepat.

  1. Periksa label pencucian yang ada pada jaket untuk mengetahui informasi jenis bahan, anjuran dan larangan dalam perawatannya.
  2. Keluarkan semua benda yang ada di dalam saku jaket, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal. Apa lagi sisa makanan yang tidak sengaja masuk ke dalam saku jaket.
  3. Hindari mencuci jaket wind breaker dengan menggunakan mesin cuci. Sebagai gantinya kita bisa mengucek jaket, tapi itu pun harus dengan tenaga biasa. Untuk urusan merendam pun sama, hindari merendam jaket terlalu lama karena akan membuat lapisan kain menjadi luntur. Sedangkan untuk membersihkan kotoran membandel pada permukaan jaket, kita bisa menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan halus, kemudian kucek jaket seperti biasa. Hindari memeras jaket dengan cara dipelintir karena bisa membuat jaket jadi tampak kusut. 
  4. Setelah selesai melakukan pencucian, kita bisa menjemur jaket hingga benar-benar kering. Tapi ingat, untuk menjemurnya jangan langsung di bawah sinar matahari agar jaket berumur lebih panjang.
  5. Simpan jaket dalam posisi tetap pada gantungan baju. Dan usahakan jangan melipat jaket ketika menyimpannya jika anda tidak ingin menemukan lipatan-lipatan kecil yang timbul pada jaket. 

Di antara sekian banyak jenis jaket yang ada, jaket wind breaker bisa dibilang punya popularitas yang bagus. Bukan semata-mata karena memiliki tampilan yang keren, tapi secara fungsional jaket jenis ini juga dapat dijadikan sebagai sahabat sejati di tengah cuaca yang tidak menentu. 

Jadi, sudah tahu tentang jaket wind breaker dan tips yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli jaket wind breaker baru, bukan? Jika ingin mendapatkan jaket wind breaker dengan harga terjangkau namun kualitas maksimal, kunjungi saja Eiger Adventure Store.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments