HomeTips & TrickTravelingWisata Outdoor: 5 Destinasi Terbaik untuk Liburan Keluarga

Wisata Outdoor: 5 Destinasi Terbaik untuk Liburan Keluarga

Siapa yang suka berwisata outdoor? Tahukah Eigerian, ternyata wisata outdoor sangat penting bagi keluarga karena memberikan berbagai manfaat yang signifikan, lho. Manfaat dari aktivitas ini bisa dilihat dari segi kesehatan fisik dan mental, penguatan hubungan antar anggota keluarga, hingga edukasi dan perkembangan anak.

Wisata outdoor biasanya akan melibatkan aktivitas fisik seperti berjalan, berlari, berenang, atau mendaki. Aktivitas semacam ini tentunya dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung. Di sisi lain, alam memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Jadi, menghabiskan waktu di alam terbuka akan membantu merilekskan pikiran dan meningkatkan suasana hati.

Wisata outdoor juga dapat memberikan kesempatan bagi keluarga untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama, jauh dari gangguan teknologi dan rutinitas sehari-hari. Manfaat lainnya adalah anak-anak dapat belajar tentang alam, lingkungan, dan ekosistem secara langsung. 

Begitu banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari wisata outdoor, membuat aktivitas ini banyak digemari. Namun perlu dipahami bahwa berwisata outdoor bersama keluarga juga bisa menghadirkan beberapa tantangan. Mulai dari perencanaan dan persiapan, keamanan dan keselamatan, kenyamanan dan kebersihan, manajemen waktu, dan lain sebagainya. Tapi tak perlu khawatir, karena di bawah ini sudah disiapkan beberapa tips wisata outdoor beserta rekomendasi destinasi terbaiknya.

Simak terus ulasan di bawah ini sampai akhir, ya!

Tips Wisata Outdoor Bersama Keluarga

wisata outdoor
Sumber: Eiger Adventure

Berwisata outdoor bersama keluarga tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan jika direncanakan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu memastikan perjalananmu berjalan lancar dan menyenangkan:

1. Perencanaan dan Persiapan

  • Riset Lokasi: Pilihlah destinasi yang cocok untuk seluruh anggota keluarga, terutama jika Eigerian mengajak anak kecil. Pastikan juga lokasi tersebut memiliki fasilitas yang cukup memadai.
  • Buat Rencana Perjalanan: Tentukan jadwal aktivitas, rute perjalanan, serta waktu istirahat. Pastikan jadwalnya fleksibel supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.
  • Checklist Barang Bawaan: Buatlah daftar periksa untuk memastikan Eigerian membawa semua yang diperlukan, seperti pakaian ganti, makanan, minuman, obat-obatan, dan peralatan outdoor.

2. Keselamatan dan Kesehatan

  • Bawa Kotak P3K: Pastikan Eigerian juga membawa kotak pertolongan pertama dengan obat-obatan dasar, perban, plester, dan obat pribadi.
  • Pelajari Dasar-Dasar Pertolongan Pertama: Pengetahuan tentang pertolongan pertama juga sangat penting, terutama jika terjadi kecelakaan kecil atau cedera.
  • Periksa Prakiraan Cuaca: Selalu periksa prakiraan cuaca sebelum berangkat dan siapkan perlengkapan yang sesuai untuk menghadapi kondisi cuaca yang mungkin berbeda.

3. Kenyamanan dan Kebersihan

  • Pilih Pakaian yang Tepat: PIlih dan kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas serta kondisi cuaca. Pastikan juga membawa pakaian cadangan.
  • Bawa Camilan dan Minuman: Jangan lupa sediakan camilan sehat dan minuman yang cukup untuk menjaga energi dan hidrasi selama perjalanan.
  • Jaga Kebersihan: Bawalah kantong sampah untuk membuang sampah dan tisu basah atau hand sanitizer untuk kebersihan tangan.

4. Aktivitas dan Hiburan

  • Rencanakan Aktivitas yang Menarik: Pilihlah aktivitas yang menarik dan sesuai untuk semua anggota keluarga, seperti mendaki, berkemah, berenang, atau bermain di pantai.
  • Bawa Mainan atau Buku: Jangan lupa bawa beberapa mainan atau buku untuk mengisi waktu luang anak-anak, terutama saat istirahat atau perjalanan.

5. Pengalaman Edukatif

  • Ajari Anak tentang Alam: Gunakan kesempatan berwisata outdoor ini untuk mengajarkan anak-anak tentang alam, ekosistem, dan pentingnya menjaga lingkungan.
  • Kegiatan Edukatif: Coba lakukan kegiatan edukatif seperti mengamati burung, mengenali tanaman, atau membuat kerajinan dari bahan-bahan alami yang ditemukan.

6. Keamanan dan Pengawasan

  • Awasi Anak-Anak: Ingat, selalu awasi anak-anak dengan ketat, terutama di area yang berbahaya seperti tepi jurang, sungai, atau danau.
  • Tetapkan Aturan Keselamatan: Buatlah aturan keselamatan yang jelas dan pastikan semua anggota keluarga mematuhinya.

7. Fleksibilitas dan Kesabaran

  • Jadwal yang Fleksibel: Rencanakan jadwal yang fleksibel dan siap untuk menyesuaikan jadwal tersebut jika terjadi perubahan situasi atau jika anak-anak membutuhkan waktu istirahat tambahan.
  • Tetap Sabar dan Positif: Tetaplah tenang dan sabar jika terjadi hambatan atau kesulitan. Fokus juga pada pengalaman positif dan nikmati waktu bersama keluarga.

8. Dokumentasi Perjalanan

  • Bawa Kamera atau Ponsel: Eigerian juga perlu mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga dengan kamera atau ponsel.
  • Buat Jurnal Perjalanan: Ajak anak-anak untuk membuat jurnal perjalanan, seperti mencatat hal-hal menarik yang mereka temui dan pengalaman yang mereka rasakan.

9. Persiapan Mental dan Fisik

  • Siapkan Diri Secara Mental: Bersiaplah untuk menghadapi berbagai tantangan dan kejutan yang mungkin terjadi selama perjalanan.
  • Lakukan Pemanasan: Sebelum melakukan aktivitas fisik yang intens, pastikan juga untuk melakukan pemanasan agar dapat terhindar dari cedera.

Dengan persiapan yang matang dan sikap yang positif, wisata outdoor bersama keluarga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, mendekatkan hubungan keluarga, dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental semua anggota keluarga.

Baca juga: Cara Mengatur Budget Liburan Efektif, Berkesan dan Hemat!

Destinasi Wisata Outdoor Ramah Keluarga di Indonesia

wisata outdoor
Sumber: Eiger Adventure

Berwisata outdoor bersama dengan keluarga memerlukan destinasi yang tidak hanya indah, tetapi juga aman dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk anak-anak dan orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata outdoor ramah keluarga di Indonesia:

  1. Taman Safari Indonesia – Bogor: Di Taman Safari Indonesia, Eigerian bisa mengamati satwa dari kendaraan, pertunjukan satwa, berinteraksi dengan hewan. Taman Safari ini menyediakan pengalaman melihat hewan liar dalam lingkungan yang menyerupai habitat alami mereka. Fasilitasnya lengkap dan program edukasi yang ada membuatnya ideal untuk anak-anak.
  2. Kebun Raya Bogor – Bogor: Kebun raya yang luas dengan koleksi tanaman yang beragam, cukup ideal untuk edukasi botani dan rekreasi keluarga. Aktivitas yang bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor adalah piknik, bersepeda, berjalan-jalan, serta mengunjungi museum. 
  3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – Jakarta: Tempat ini menawarkan pengalaman budaya dan edukasi dari seluruh Indonesia, dengan fasilitas yang cukup lengkap untuk keluarga. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah berkeliling anjungan daerah, bermain di taman hiburan, dan mengunjungi museum.
  4. Farmhouse Lembang – Bandung: Di tempat ini, Eigerian akan merasakan suasana pedesaan Eropa yang unik dengan bangunan-bangunan bergaya Eropa, perkebunan bunga, dan peternakan mini. Aktivitas seru yang bisa dilakukan adalah berinteraksi dengan hewan ternak, menunggang kuda, berfoto dengan kostum tradisional, dan menikmati berbagai wahana permainan.
  5. Pantai Pangandaran – Jawa Barat: Pantai Pangandaran memiliki pasir putih, ombak yang tenang, dan pemandangan matahari terbenam yang indah. Aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai adalah berenang, bermain pasir, membuat istana pasir, bermain layang-layang, dan menyaksikan atraksi lumba-lumba.

Destinasi-destinasi ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa, tapi juga menyediakan berbagai macam aktivitas yang cocok dan aman untuk seluruh anggota keluarga, memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan dan mendidik.

Baca juga: Hari Keluarga Nasional: Kunjungi 6 Destinasi Liburan Outdoor yang Kids Friendly di Bandung

Berwisata outdoor bersama keluarga akan lebih aman dan nyaman dengan produk dari EIGER yang bisa ditemukan di EIGER Adventure Store (EAS) terdekat. Agar lebih praktis dan mudah, Eigerian juga bisa belanja online di mobile apps EIGER Adventure. Langsung saja unduh aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS, lalu cek produk-produknya yang lengkap. Jangan lupa manfaatkan promo menarik dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru