HomeTips & TrickGreen & Healthy11 Tanaman Pagar Hidup yang Bikin Rumah Tampak indah

11 Tanaman Pagar Hidup yang Bikin Rumah Tampak indah

Pagar merupakan salah satu komponen dari rumah yang biasanya terbuat dari bangunan, kayu, dan besi. Selain memiliki fungsi untuk menjaga keamanan, pagar juga bisa memperindah rumah kamu terlebih jika terdapat tanaman pagar hidup.

Terdapat jenis banyak tanaman pagar hidup yang bisa kamu tanam di rumah. Kamu bisa pilih beragam jenis dan ukurannya sesuai dengan tata letak rumah kamu. 

Memiliki tanaman sebagai hiasan di rumah, memberikan kamu kesempatan untuk belajar merawat tanaman dengan baik supaya tumbuh indah. 

Nah, kira-kira jenis tanaman apa aja sih yang cocok untuk memperindah rumah kamu? Simak artikelnya yuk!

Baca Juga: 17 Tanaman Tanpa Sinar Matahari, yang Tetap Bisa Tumbuh!

Ragam Tanaman yang Cocok Dijadikan Pagar Hidup

1.Boxwood

Tanaman pagar hidup pertama adalah Boxwood. Tanaman ini bisa tumbuh subur dan padat hingga mencapai enam meter, 

Boxwood juga sangat mudah dibentuk seperti persegi panjang, lingkaran, atau sesuai dengan keinginan kamu. 

Jika Eigerian ingin memiliki tanaman ini sebagai hiasan, kamu perlu merawatnya dengan melakukan pemotongan daun secara rutin. Alhasil rumah kamu akan terlihat hijau dan asri dengan adanya tanaman Boxwood.

2. Cemara Kipas

Cemara Kipas merupakan tanaman yang cocok untuk dijadikan pagar hidup. Bentuknya yang tegak dan tinggi hingga mencapai empat meter ni bisa dijadikan sebagai pelindung rumah kamu.

Selain berfungsi sebagai pagar hidup rumah, tanaman ini juga memiliki kegunaan sebagai obat bagi beberapa penyakit tertentu. Kayu yang dihasilkan dari pohon ini juga dapat digunakan untuk pembuatan furniture, kayu bakar, dan lain-lain. Wah, bermanfaat sekali ya Eigerian!

3. Glossy Abelia

Tanaman ini merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki bau harum dan daun hijau yang mengkilap. 

Glossy Abelia memiliki bunga yang berbentuk mirip terompet yang menjalar di sepanjang musim panas. Secara alami tanaman ini akan membentuk gundukan melengkung yang tinggi. 

Abelia ini sangat bagus jika dijadikan tanaman pagar hidup. Tanaman ini akan membuat rumah kamu lebih menawan apalagi jika dikombinasikan dengan bunga lain. Namun, bunga Glossy Abelia ini hanya dapat bertahan hingga lima bulan.

4. Clematis

Clematis jadi salah satu tanaman merambat yang mencolok. Tanaman ini juga jadi salah satu tanaman yang paling populer untuk dijadikan pagar hidup. 

Bunga Clematis ini dapat tumbuh sepanjang tahun dengan cepat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. 

Tanaman akan terlihat lebih indah jika dikombinasikan dengan bunga lainnya seperti mawar merah muda. Yakin deh, rumah kamu akan tampak terlihat lebih indah jika memiliki tanaman ini. 

5. Soka Jawa

Tanaman selanjutnya yang sering digunakan sebagai tanaman pagar hidup dan hiasan rumah adalah Soka Jawa. Daun hijau dan bunga yang bermekaran dari tanaman ini jadi salah satu tanaman terbaik untuk dijadikan hiasan rumah.

Tanaman ini akan lebih indah dilihat ketika bunganya sedang bermekaran. Biasanya tanaman ini akan menghasilkan bunga berwarna merah, pink, kuning, oranye, yang bergumul di ujung batang. 

Namun, Soka Jawa bukan jenis tanaman yang tumbuh dengan cepat jadi butuh waktu yang cukup lama untuk membentuk pagar hidup. Soka Jawa juga akan lebih indah jika dikombinasikan dengan bunga lain secara berdampingan.

6. Pucuk Merah

Pucuk merah adalah tanaman yangs ering digunakan untuk dekorasi rumah. Tanaman biasanya ditanam secara berdekatan dan dipangkas agar menyerupai pagar hidup. Kamu bisa memangkas sesuai dengan keinginan agar terlihat unik. 

Meski telah dipangkas secara rutin, tanaman ini akan tumbuh dengan cepat. Tanaman ini identik dengan warna pucuk oranye, merah, dan akan berubah menjadi kuning, hingga hijau dewasa. 

Dengan menanam Pucuk Merah di halaman rumah, akan membuat suasana rumah menjadi lebih asri dan rimbun

7. Bambu Kuning

Pohon bambu memang dikenal memiliki banyak manfaat.  Bambu biasanya digunakan untuk bahan untuk membuat rumah atau furnitur. Ternyata selain itu, kamu juga bisa gunakan bambu sebagai tanaman pagar hidup, loh. 

Dengan bentuk yang tinggi menjulang tanaman bambu bisa menjaga privasi rumah kamu sekaligus menjadi pagar yang unik. 

Kamu bisa memilih jenis bambu fargesia yang memiliki akar menggumpal dan tumbuh lebih lambat. Batang yang kuat dengan daun yang selalu hijau, akan jadi keuntungan bagi kamu yang memilih bambu sebagai tanaman pagar hidup. 

8. Pittosporum

Tanaman Pittosporum ini merupakan jenis tanaman semak hijau yang lebat, padat, dan tumbuh tinggi. Tanaman semak ini memiliki kemampuan adaptasi yang baik dan bisa bertahan pada situasi panas dan kering. 

Pittosporum memiliki daun yang padat sehingga mudah untuk dibentuk dan bisa dipangkas untuk perawatannya. Salah satu tanaman yang populer ini sangat cocok dijadikan  pagar hidup untuk membuat rumah semakin asri.

9. American Holly

American Holly merupakan tanaman yang menyerupai pohon cemara dengan daun hijau yang lebat. Pohon yang memiliki bunga kecil berwarna merah putih dan buah berwarna merah ini sering dijadikan sebagai tanaman pagar. 

Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga mencapai 20 meter, sehingga tidak perlu untuk pemangkasan secara rutin. Selain digunakan untuk menambah keindahan di halaman rumah, American Holly juga sering digunakan untuk hiasan di hari natal.

10. Alamanda

Tanaman selanjutnya yakni Alamanda, yang memiliki bunga warna kuning cantik. Namun bunga di bunga ini tidak tumbuh banyak. Jika ingin memperbanyaknya kamu bisa melakukan cara stek. 

Bunga Alamanda ini akan cocok dijadikan sebagai tanaman menjalar di pagar rumah. Karena tanaman ini membutuhkan ruang terbuka agar terkena sinar matahari, serta curah hujan dan kelembaban yang cukup tinggi. 

Untuk merawat tanaman ini kamu perlu memotongnya serta memastikan daunnya tidak membusuk dan mengeluarkan bau tidak harum.

11. Morning Glory

Morning Glory juga merupakan tanaman yang cocok dijadikan tanaman pagar hidup, karena menjalar dan akan terlihat indah ketika sudah tumbuh. 

Sesuai dengan namanya, tanaman ini akan mekar dengan cantik di pagi hari. Tidak hanya indah, tanaman ini juga memiliki bau yang harum. Warna bunga ungu yang indah dan daunnya yang elok akan jadi pemandangan indah bagi kamu di pagi hari.

Bunga Morning Glory ini akan tumbuh dengan rimbun. Kamu hanya perlu merawatnya dengan cara memberi pupuk setiap 2 bulan sekali dan menyiramnya setiap 5-7 hari sekali. Terlihat mudah bukan Eigerian?

Siap Menghias Halaman Rumah?

Nah, itulah beberapa tanaman pagar hidup yang bisa kamu tanam di rumah Eigerian. Selain memiliki fungsi untuk mempercantik halaman rumah, tanaman pagar hidup juga memiliki banyak manfaat lain, loh. 

Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mulai mempercantik halaman rumah dengan tanaman pagar hidup? Jika tertarik, jangan lupa untuk merawatnya ya, Eigerian.

Buat kamu yang mau mulai aktivitas berkebun atau suka dengan aktivitas luar ruangan, EIGER punya banyak pilihan produk seperti tas ransel, sepatu, jam tangan, dan aksesoris lain yang bisa menunjang aktivitas kamu. 

Jangan khawatir, banyak promo menarik seperti gratis ongkir, cashback, voucher dan promo menarik lainnya. Ayo segera check out di situs resmi EIGER Adventure Official

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru