HomeTips & TrickRiding3 Perbedaan Pertamax dan Pertalite, Anak Touring Wajib Tahu!

3 Perbedaan Pertamax dan Pertalite, Anak Touring Wajib Tahu!

Punya rencana touring kemana minggu ini, gunung, pantai atau jalan jalan santai di kota? Apapun pilihan kamu touring memang jadi jawaban yang tepat untuk sebagian orang melepas penat. Eigerin bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan saat melakukan touring. Selain itu, mengunjungi tempat-tempat menarik yang indah juga bisa menjadi salah satu cara refreshing terbaik. Baik solo maupun bersama teman, touring pasti akan meninggalkan kesan tersendiri.

Namun sebelum melakukan touring, kamu wajib cek berbagai kelengkapan dan kesiapan kendaraan agar selamat kemudian. Salah satunya bahan bakar, pilihlah bahan bakar yang paling sesuai dengan jenis kendaraanmu. Contohnya Pertamax dan Pertalite, sebenarnya apa sih perbedaan kedua bahan bakar ini? Yuk cari tahu lebih lanjut di sini.

3 Perbedaan Pertamax dan Pertalite, Cek Disini

Selain perbedaan harga, ada beberapa poin perbedaan pertamax dan pertalite. Seperti nilai oktan, warna cairan, tingkat polusi yang dihasilkan juga ternyata berbeda. Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang perbedaan pertamax dan pertalite. 

  1. Nilai Oktan

Sebelum mengetahui kadar nilai oktan pada kedua bahan bakar ini, apakah Eigerian tahu apa fungsi kadar oktan dalam bahan bakar minyak? Kandungan unsur itu membantu pembakaran mesin agar lebih sempurna dan tidak ada sisa residu.

Pertalite, memiliki RON sebesar 90, sedangkan Pertamax memiliki RON sebesar 92. Nah, semakin tinggi oktan berarti semakin besar kemungkinan mesin kamu bebas dari residu BBM.

Tak ayal, melalui situs Pertamina Fuels, perusahaan pelat merah itu menyarankan agar para pengemudi menggunakan Pertamax bagi kendaraan mereka.

  1. Warna Cairan Bahan Bakar

Karena adanya kandungan zat yang berbeda dari setiap bahan bakar, maka warnanya pun berbeda. Tahukah kamu, perbedaan warna itu ternyata juga berdampak loh pada performa mesin. Bahan bakar tanpa pewarna cenderung lebih baik daripada mesin yang menggunakan bahan bakar dengan tambahan warna. Di bawah ini rincian warna untuk setiap bahan bakar yang diproduksi oleh Pertamina: 

  • Premium: Kuning cerah, mengandung zat tambahan warna.
  • Pertalite: Hijau terang.
  • Pertamax: Biru kehijau-hijauan.
  • Pertamax Turbo: Merah.
  1. Tingkat Polusi yang Dihasilkan

Berkaitan dengan RON atau nilai oktan yang dimiliki jenis bahan bakar, maka dapat pula dilihat setinggi apa tingkat polusi yang dihasilkan. Secara umum, bahan bakar dengan RON tinggi akan menghasilkan tingkat polusi yang rendah, demikian pula sebaliknya. Maka Pertalite akan menghasilkan polusi lebih tinggi daripada Pertamax.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Soal Arti Riding Motor dan Pentingnya Safety Riding

Jadi, Lebih Baik Pilih Yang Mana?

Apapun bahan bakarnya, yang paling tepat adalah pilih yang sesuai dengan jenis kendaraan mu. Jika kendaraan Eigerian memiliki mesin kompresi lebih dari 10:1 hingga 10,9:1 disarankan untuk menggunakan pertamax. Kebanyakan keandaran baru keluaran tahun 2000-an cocok dengan jenis bbm pertamax. Di sisi lain, Pertalite cocok untuk jenis kendaraan dengan kompresi mesin 9:1 sampai dengan 10:1. Artinya, kendaraan itu membutuhkan BBM dengan RON 90.

Bensin Full Tank, Makin Siap Touring!

Nah itu tadi perbedaan pertalite dan pertamax, sekarang kamu jadi lebih siap untuk touring dengan bahan bakar yang tepat kan. Sebelum touring, yuk cek berbagai perlengkapan riding. Dari mulai helm, sepatu sampai sarung tangan tersedia untuk mu. Yuk cek rekomendasinya di bawah ini:

Tas multifungsi ini memudahkan kamu isi bahan bakar tanpa ribet. Kamu bisa membuka sebagian risleting penyambung pada bagian tank pad tanpa perlu memindahkan posisi tas saat mengisi bahan bakar. Dengan kompartemen khusus yang dengan layar transparan untuk menyimpan peta, GPS, dan smartphone. Simpan juga berbagai aksesori dan perlengkapan berkendara  Untuk perlindungan ekstra, tas ini juga dilengkapi rain cover untuk menjaga bagian dalam tas supaya tetap kering ketika hujan.Tas ini cocok digunakan untuk sepeda motor yang memiliki tangki depan (disarankan tangki berukuran kecil).

Lindungi tangan dari gesekan atau benturan saat berkendara, ini saatnya kamu menggunakan EIGER PHAETON 1.1 RIDING GLOVES. Sarung tangan ini terbuat dari bahan kulit asli yang dilengkapi penutup velcro yang dapat disesuaikan setelannya dengan kebutuhan, sarung tangan ini terasa aman dan nyaman saat dipakai. Dengan fitur fingertip, kini tak perlu repot membuka sarung tangan ketika ingin mengoperasikan smartphone.

Desain retro yang unik terinspirasi dari para pengendara moto perkotaan dengan gaya klasik. Jangan khawatir, helm ini telah memiliki standar SNI dan memiliki  PET tanpa visor yang dapat dilepas pasang untuk melindungimu dari sinar matahari. Dengan sistem penginjat dagu double D-ring, keamanan berkendara juga pasti terjamin. 

Semua rekomendasi produk diatas bisa kamu dapetin di official website EIGER Adventure. Kini customer service siap 24 jam atasi keraguan mu loh, Eigerian juga jangan khawatir soal ongkos kirim. Kini kami tanggung kemanapun barang dikirim! Seluruh Indonesia pasti gratis ongkir. Bayar pake metode apapun pasti dapat untungnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments