HomeTips & TrickMountaineering5 Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

5 Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh


Sebelum melakukan kegiatan di alam terbuka, simpul tali menjadi satu hal yang dasar yang harus Eigerian pelajari. Hal ini mungkin kadang diabaikan oleh sebagian orang, padahal ini merupakan salah satu pengetahuan mendasar yang penting. Jika salah melakukan simpul, resiko kecelakaan fatal bisa saja terjadi.

Kemampuan tali temali ini kini harus menjadi salah satu dasar dalam berbagai aktivitas luar ruang seperti pendakian gunung. Saat melakukan pendakian atau kegiatan alam terbuka lainya, perlu ada salah satu orang yang ahli dalam melakukan tali-temali. Pasalnya kemampuan ini akan berguna untuk banyak keperluan.

Tanpa pengetahuan tentang berbagai simpul tali, kamu akan sulit untuk melakukan banyak hal saat pendakian. Bahkan hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Sebelum mengenal berbagai simpul, yuk cari tahu tentang salah satu simpul yang paling sering digunakan, yaitu simpul mati.

Apa itu Simpul Mati?

Ada berbagai macam jenis simpul yang harus kamu tahu, yang pasti penting dan berguna baik saat pendakian maupun kegiatan alam terbuka lainya. Salah satu jenis simpul yang paling sering digunakan adalah simpul mati.

Simpul mati atau juga yang biasa disebut dengan reef knot, adalah salah satu jenis simpul yang digunakan untuk menyambung dua buah tali yang sama besar dalam keadaan miring. Biasanya simpul tali digunakan untuk mengakhiri suatu simpul. Dengan fungsi dan kegunaannya, simpul tali menjadi salah satu jenis simpul yang paling sering dipakai ketika melakukan berbagai aktivitas pendakian atau juga bahkan kehidupan sehari hari.

Walaupun banyak yang mengakui simpul ini terlihat mudah dalam pembuatanya, tapi tak jarang ditemui yang juga salah dalam membuatnya. Jadi bagaimana sebenarnya simpul mati dibuat? Mari kita pelajari lebih lanjut cara membuat simpul mati.

Cara Membuat Simpul Mati

  1. Silangkan ujung tali putih dan biru
  2. Putar atau lilitkan tali putih pada tali biru sehingga tali putih menghadap ke atas
  3. Ulangi langkah nomor 2 namun dengan sisa ujung tali
  4. Tarik setiap ujung tali sehingga titik pertemuan tali menjadi erat.
  5. Selesai, simpul mati telah selesai dibuat.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Simpul Tali untuk Pendakian

Kini Kamu Siap Camping!

Setelah mengetahui cara membuat simpul mati, Jangan lupa juga pelajari berbagai simpul tali temali lainya seperti, simpul hidup, simpul jangkar, simpul tarik, dan berbagai simpul lainya. Setelah memiliki pemahaman yang cukup dan luas, ini saatnya kamu untuk melakukan perjalanan pendakian dan petualangan berkemah.

Mencari pengalaman baru bersama sahabat dan keluarga pasti seru. Berkemah kini tak perlu repot, kamu bisa menemukan berbagai peralatan berkemah lengkap hanya di official website EIGER. Jika Eigerian masih bingung, di bawah ini ada beberapa produk pilihan dari EIGER yang bisa temani kegiatan berkemah mu. 

Rekomendasi Produk Camping dari EIGER Jika Kamu Sudah Tahu Cara Membuat Simpul Mati

TENDA EIGER X-CASUARINA 6P TENT

Dengan desain yang luas dan nyaman, tenda Casuarina 6P ini menjadi pilihan yang tepat untukmu. Ideal untuk kapasitas enam orang, tenda ini hadir dengan desain satu pintu masuk dan teras tenda yang memanjang. Ini memudahkan Eigerian untuk menyimpan berbagai peralatan lainya. Terbuat dari bahan waterproof polyester dengan konstruksi double-layer serta dilengkapi triangular rag, tenda Casuarina 6P ini menawarkan perlindungan yang tahan terhadap kondisi cuaca hujan ataupun berangin. Penawaran terbaik kami berikan untuk EIGER X-CASUARINA 6P TENT dengan harga Rp 1.399.000

KURSI CAMPING EIGER CAMP CHAIR CHAIR

Jangan di bawa ribet, kamu bisa gunakan kursi kemping portable ini untuk bersantai saat melakukan kegiatan outdoor seperti berkemah, memancing, traveling, dan hiking. Ringkas, ringan, nyaman dan mudah dipasang. Kursi ini memiliki daya tahan kuat, produk ini dilengkapi carry bag yang memudahkanmu membawanya kemana saja dan tidak banyak memakan tempat saat berpergian. Dengan ukuran 55x65x50cm. Kursi outdoor paling dicari ini kini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 609.000

Cara Memasang EIGER Camp Chair

@eigeradventurecom

Mau beli kursi lipat, tapi bingung cara pakainya? Sinii simak videonya😉 #EigerAdventure #CaraPakai #KursiLipat #CaraPakaiKursiLipat #KursiLipatEiger

♬ som original – angel
SLEEPING BAG EIGER RECT PILOT 250 US SLEEPING BAG

Dengan desain khusus untuk kenyamanan penggunanya. Pasti mampu jaga suhu tubuh agar tetap normal. Sleeping bag ini juga wajib kamu bawa ketika pendakian loh, salah satu barang penting yang harus kamu punya. Ketika cuaca dingin Eiger Rect Pilot 250 US Sleeping Bag ini, bisa menghangatkan tubuh juga loh. Jangan sampai kehabisan karena kini harga EIGER RECT PILOT 250 US SLEEPING BAG Rp 399.000.

Sudah Tahu Cara Simpul Mati, Sekarang Waktunya Belanja Keperluannya Campingnya!

Belanja aman dan nyaman dari rumah pasti makin asyik dong dengan EIGER. Yuk cek berbagai rekomendasinya hanya official website EIGER Adventure. Dapatkan harga terbaik tanpa ongkos kirim yang bisa kamu nikmati sekarang juga. Sebelum habis kamu harus checkout, dari pada menyesal kemudian! Klik disini bisa langsung belanja sekarang juga.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru