HomeTips & TrickPesawat Delay? Jangan Khawatir, Ini Aturan dan Kompensasinya

Pesawat Delay? Jangan Khawatir, Ini Aturan dan Kompensasinya

Penat dengan kegiatan sehari-hari? Berencana traveling ke suatu tempat? Traveling ke berbagai tempat wisata atau negara impian memang sering menjadi pilihan beberapa orang untuk sekedar menjernihkan pikiran. Namun banyak hal yang tak terduga bisa terjadi ketika traveling.

Contohnya pesawat delay atau terlambat. Hal ini sangat mungkin terjadi, tapi tetap saja membuat penumpang  khawatir dan sering kali kesal. Pasalnya keterlambatan pesawat ini tidak dapat diprediksi dan tidak bisa ditentukan.

Ini menimbulkan kegelisahan diantara penumpang yang harus menunggu berapa lama. Tidak perlu khawatir, Eigerian bisa mendapatkan kompensasi dari keterlambatan pesawat. Cek informasi selengkapnya yuk, keep scrolling!

Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Pesawat Delay?

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana bisa pesawat mengalami keterlambatan. Apa sebenarnya faktor yang membuat pesawat yang seharusnya tepat waktu membawa banyak penumpang bisa terlambat. Padahal salah satu alasan para calon penumpang menggunakan pesawat adalah karena lebih cepat sampai tujuan. Ada banyak faktor kenapa pesawat bisa mengalami keterlambatan.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan, Ada tiga jenis keterlambatan. Pertama, keterlambatan penerbangan (flight delayed). Kedua, tidak terangkutnya penumpang dengan alasan kapasitas pesawat udara (denied boarding passengers). Ketiga, pembatalan penerbangan (cancelation of flight).

Tidak hanya itu, perlu diketahui  keterlambatan ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang meliputi manajemen airline, teknis operasional, cuaca, dan lain-lain. Faktor manajemen airline seperti keterlambatan pilot, co pilot, awak kabin, jasa boga, penanganan di darat, menunggu penumpang, hingga ketidaksiapan pesawat udara.

Sedangkan, faktor teknis operasional bisa meliputi bandar udara yang tidak dapat digunakan, lingkungan atau landasan terganggu, terjadinya antrian pesawat udara (lepas landas atau mendarat), serta pengisian bahan bakar. 

Selain keduanya, faktor cuaca seperti hujan lebat, banjir, petir, badai, hingga kecepatan angin yang melampaui standar maksimal serta terjadinya kerusuhan atau demonstrasi di wilayah bandar udara juga menjadi alasan keterlambatan pesawat untuk terbang. 

Baca Juga: Cara Mengetahui Arah Mata Angin dengan dan Tanpa Kompas

Pesawatmu Terlambat? Cek Ini Ada Kompensasinya!

Eigerian tidak perlu khawatir kini pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 telah mengatur hak-hak penumpang apabila mengalami keterlambatan. Dengan detail sebagai berikut:

  • Delay 30-60 menit kompensasi delay pesawat berupa pemberian minuman ringan
  • Delay 61-120 menit kompensasi delay pesawat berupa minuman dan makanan ringan 
  • Delay 121-180 menit kompensasi delay pesawat berupa minuman dan makanan berat 
  • Delay 181-240 menit kompensasi delay pesawat berupa makanan dan minuman ringan, plus makanan berat
  • Delay lebih dari 240 menit kompensasi delay pesawat berupa ganti rugi uang tunai sebesar Rp 300.000 
  • Maskapai melakukan pembatalan penerbangan, penumpang mendapatkan kompensasi berupa penawaran dua alternatif yakni pengembalian dana secara penuh tiket yang sudah dibeli (refund) dan pengalihan ke penerbangan berikutnya. 

Pihak maskapai wajib untuk memberikan informasi kepada penumpang terkait keterlambatan penerbangab melaui petugas yang berada di ruang tunggu bandara. Informasi ini perlu disampaikan secara jelas baik melalui sambungan telepon atau pesan singkat maupun media pengumuman. Informasi ini harus disampaikan paling lambat 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. Aturan ini ditulis dalam Pasal 7.

Tahukah kamu, keterlambatan penumpang juga bisa menjadi faktor terlambatnya penerbangan. Maka dari itu persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Pastikan kamu tidak terlambat dan datang tepat waktu ke Bandara. Periksa kembali kelengkapan yang kamu bawa ya Eigerian. 

Lengkapi Perlengkapan Liburan Mu Dengan Berbagai Produk EIGER!

  1. EIGER T.P WANDERS 7.0 2F TRAVEL POUCH
EIGER T.P WANDERS 7.0 2F TRAVEL POUCH

Travel Pouch ini sangat cocok kamu gunakan saat melakukan perjalanan liburan. Bisa banyak membantu Eigerian untuk menyimpan berbagai barang berharga seperti gadget maupun barang-barang essential lainya. Dengan kompartemen utama dengan saku dalam saku depan, dan saku akses cepat di bagian depan untuk menyimpan barang berukuran kecil. Kamu bisa dapatkan EIGER T.P WANDERS 7.0 2F TRAVEL POUCH seharga Rp 259.000. Semua tersedia di EIGER Adventure official website.

  1. EIGER T.TOILETRIES MODIF 6238 CASES
EIGER T.TOILETRIES MODIF 6238 CASES

Cocok mengakomodir aktivitasmu sehari-hari selama berlibur, EIGER Toiletries ini didesain sangat praktis untuk untuk membawa seperti sikat gigi, keperluan mandi, dan lain-lain. Kamu juga bisa menyelipkan tas ini di antara tumpukan baju di koper. Dengan kompartemen utama, kantong depan dan kantong belakang pastinya membuat liburanmu tambah mudah. Jangan sampai kehabisan, check out sekarang dengan harga Rp 239.000.

  1. EIGER WANDERHAUL DUFFEL 25L
EIGER WANDERHAUL DUFFEL 25L

Duffel ini memiliki kompartemen utama yang luas, cocok bagi kamu yang membawa banyak outfit untuk bepergian. Di bagian luar, terdapat saku depan untuk menyimpan barang esensial seperti paspor atau dokumen perjalanan, dan saku di bagian samping dilengkapi lubang ventilasi untuk menaruh sepatu atau pakaian kotor. Baik dijinjing atau diselempangkan tas ini pasti mudah kamu bawa kemana-mana. Tas ini kini tersedia loh ekslusif di EIGER Adventure official shop dengan harga Rp 419.000.

Kemanapun, kapanpun travelingnya pastikan kamu menggunakan rangkaian series traveling dari EIGER. Cek berbagai perlengkapan traveling dari apparel, tas, aksesoris dan sepatu disini ya.

Pasti dapat harga terbaik dan gratis ongkir di official website EIGER Adventure. Ngga perlu khawatir kini segala pertanyaan mu juga bisa terjawab dengan admin yang fast respon setiap hari. Jangan ragu, yuk kunjungi eigeradventure.com #PastiMakinAsyik travelling dengan EIGER.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru