HomeTips & TrickLifestyle5 Manfaat Puasa Sosial Media, untuk Hidup Lebih Berkualitas

5 Manfaat Puasa Sosial Media, untuk Hidup Lebih Berkualitas

Selama satu hari berapa jam yang Eigerian habiskan untuk mengecek sosial media? Apakah Eigerian salah satu yang aktif di berbagai sosial media? Jika iya, yuk simak artikel di bawah ini tentang puasa sosial media dan berbagai manfaatnya. 

Banyak aspek di kehidupan kita yang berubah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Salah perkembangan teknologi yang dapat dirasakan banyak orang adalah adanya sosial media. Sosial media tidak memandang umur, baik lanjut usia hingga anak-anak semua menggemarinya. 

Kini jenis sosial media tidak terbatas, mengakses nya pun semakin mudah kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menikmatinya. Informasi apapun dari seluruh dunia bisa kamu peroleh dari sosial media. Mulai dari informasi politik, kesehatan, kecantikan, olahraga dan lain lain. 

Namun semakin berkembangnya sosial media, semakin banyak pula fenomena yang hadir diantara kita. Salah satunya puasa sosial media. Puasa sosial media ini digadang-gadang bisa membawa ketenangan dan manfaat lainya bagi kesehatan fisik dan mental. Mau tau apa saja? Simak terus artikelnya.  

Apa Dampak Negatif dari Sosial Media?

Bahaya Sosial Media

Terlalu bergantung pada sosial media itu kurang baik loh Eigerian. Berbagai dampak negatif bisa kamu rasakan cepat atau lambat.  Dari mulai gangguan kesehatan fisik dan mental sampai hubungan sosial mu bersama orang terdekat.  

Apa itu Puasa Sosial Media? 

Puasa sosial media punya arti yang sederhana. Puasa memiliki arti tersendiri yaitu menahan diri. Jadi definisi puasa somed itu adalah menahan diri atau menghentikan penggunaan sosial media selama beberapa waktu. Tentu Eigerian bebas memilih dan menentukan jadwal sendiri untuk menyesuaikan dengan kegiatan sehari-hari. 

Cara Mulai Puasa Sosial Media 

  1. Atur Jadwal!

Mengatur jadwalmu untuk melihat sosial media bisa jadi pilihan loh Eigerian. Kamu bisa tingkatkan kedisiplinan dan manajemen waktu lebih baik. Eigerian akan memaksimalkan sisa waktu yang ada untuk melakukan berbagai hal yang lebih penting. 

  1. Matikan Notifikasi 

Matikan notifikasi untuk berbagai hal yang tidak penting. Agar tangan kamu tidak terdistraksi saat melakukan berbagai hal penting lainya seperti bekerja atau mengerjakan tugas. Puasa sosial media akan lebih mudah dengan cara ini. 

  1. Jadi Aktif dan Positif

Yuk aktif lakukan berbagai kegiatan positif. Ada berbagai pilihan kegiatan outdoor yang bisa kamu lakukan loh. Mulai dari mountaineering, travelling ke berbagai tempat, rock climbing dan masih banyak lagi. Kegiatan ini bisa membuat kamu banyak berinteraksi dengan banyak orang dan teralih dari sosial media.

Manfaat Puasa  Sosial Media

  1. Lebih Produktif 

Lebih produktif tanpa sosmed yuk. Kamu bisa fokus memaksimalkan waktumu dengan melakukan berbagai hal positif. Ketika kamu lebih produktif, hidupmu akan jauh lebih teratur dan terarah loh Eigerian. Kamu juga bisa beristirahat dengan tenang karena semua pekerjaan telah selesai tepat waktu. 

  1. Lebih Banyak Waktu Dengan Orang Tersayang

Penting bagi kita untuk selalu meluangkan waktu bersama orang tersayang. Selain meningkatkan kualitas hubungan. Waktu bersama orang tersayang juga bisa jadi salah satu caramu untuk menghilangkan stress. 

  1. Menurunkan Resiko Depresi 

Puasa sosial media juga jadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari resiko depresi. Terlalu banyaknya informasi yang bisa kita dapatkan dari sosial media dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental loh. Ketika kita melakukan puasa sosmed, kita dapat memilah dan memilih informasi apa saja yang ingin kita ketahui. 

  1. Menikmati Banyak Hal Disekitarmu 

Ketika kamu melepas diri dari sosial media kamu bisa lebih fokus pada hal-hal penting. Kamu juga bisa menikmati hal-hal sederhana yang terjadi di sekitarmu. Mensyukuri berbagai hal yang terjadi di sekitarmu dan menghargai hal hal kecil dengan penuh makna. 

  1. Mempelajari Hal-Hal Baru

Disaat waktu luangmu semakin banyak, kamu bisa mempelajari hal baru. Mempelajari hal baru sama artinya dengan kamu terus mengembangkan diri. Hal tersebut adalah akan banyak memberikan dampak positif kepadamu loh Eigerian. Dengan mencoba dan mempelajari hal baru juga menjadi sarana yang memperluas jaringan pertemanan kamu.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menggunakan Media Sosial dengan Bijak – Blog

Manfaatkan Waktu Berhargamu, Mari Lakukan Hal-Hal Positif!

Banyak loh hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan tanpa gadget. Aktivitas di alam terbuka seperti hiking ke berbagai gunung, traveling ke kota impianmu, atau riding santai bersama orang terkasih. 

Aktivitas alam bisa hilangkan stress dan juga tingkatkan kreativitas mu loh. Selain itu kamu juga bisa berolahraga dengan melakukan berbagai kegiatan alam. Dapatkan berbagai produk untuk kegiatanmu hanya di EIGER Adventure.  

Eiger menyediakan berbagai perlengkapan kegiatan outdoor mulai dari mountaineering, riding hingga travelling. Yuk belanja di eigeradventure.com sekarang dan dapatkan harga terbaik. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments