HomeTips & TrickRiding5 Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Memperbaikinya

5 Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Memperbaikinya

Salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan adalah lampu motor. Lampu motor ini tidak hanya bersifat estetika saja. Lampu motor punya banyak kegunaan untuk untuk menerangi jalan saat gelap maupun memberikan petunjuk bagi pengendara lain. Namun apa jadinya jika komponen penting ini mati? Yuk cari tahu penyebab lampu motor mati sebelum terlambat, cari tahu juga cara atasi lampu motor mati lewat artikel berikut ini!

Eigerian, sangat membahayakan jika kamu berkendara tanpa lampu. Contohnya lampu sein. Lampu yang terletak pada bagian kiri dan kanan ini berfungsi memberitahukan pengendara di depan ataupun di belakang kita bahwa kita akan menepi atau berbelok ke arah kanan atau kiri. Bahaya jika lampu ini mati, resiko yang didapatkan juga besar. 

Apa yang Menyebabkan Lampu Motor Mati?

1. Relay yang kemungkinan bermasalah

Pernahkah kamu dengar komponen motor yang satu ini? Relay pada motor berfungsi mirip dengan saklar listrik. Keberadaannya berguna untuk mengalirkan daya listrik dari sumbernya ke bagian-bagian motor yang membutuhkan aliran listrik. Nah lampu motor lah yang jadi salah satu komponen yang tersambung dengan jalur ini. Relay motor bisa jadi salah satu penyebab lampu motor mati. Bisa jadi ada salah pada bagian relay-nya. 

2. Socket lampu motor yang longgar atau copot

Kemungkinan penyebab selanjutnya yang mungkin terjadi adalah soket lampu motormu yang nyaris atau malah sudah copot. Untuk memperbaiki masalah yang satu ini, kamu hanya perlu menyambungkannya kembali ke tempat semula.

Pastikan Eigerian sudah pasang soket lampu dengan dengan tepat dan kuat.  Socket yang terbuat dari bahan plastik memang cenderung lebih mudah mengalami kelonggaran sehingga dapat lepas sewaktu-waktu, jadi cek kembali yuk socket lampu motormu! 

3. Aki motor yang soak

Selain alasan diatas, aki juga bisa jadi salah satu alasan lampu motor mati. Aki yang bermasalah tidak bisa menyuplai daya ke lampu motor. Bagaimana pun aki adalah sumber yang menyuplai daya listrik untuk seluruh komponen pada motor yang membutuhkannya.

Kalau aki motormu soak, sudah jelas ini akan mempengaruhi kinerja arus kelistrikan pada motor. Termasuk pada bagian lampunya. Yuk Eigerian, pastikan kamu selalu mengecek kondisi aki motormu dan menggantinya setelah mencapai usia pakainya atau saat sudah menimbulkan masalah lain pada kendaraan roda duamu.

4. Masalah pada kabel motor

Jika kamu sering melakukan modifikasi pada motor. Lebih baik cek kembali semua kondisi komponen kelistrikan yang ada di kendaraan. Pastikan semua kabel berada dalam kondisi baik dan terpasang semestinya.

Sebab, sering kali orang-orang lupa memasang kembali beberapa kabel pada sepeda motornya setelah dimodifikasi. Sebaiknya, cek kembali lokasi pemasangan serta kondisi kabel dan pastikan tidak ada yang putus.

5. Cek kondisi bohlam lampu motor

Penyebab lainya yang bisa saja terjadi adalah lampu bohlam yang bermasalah. Tidak ada salahnya kamu secara berkala cek kondisi bohlam ya. Bohlam lampu sendiri memiliki kapasitas tegangan listrik yang berbeda-beda saat diserap. Setiap motor pun juga memiliki klasifikasinya tersendiri terhadap tegangan bohlam lampu yang disarankan.

Nah, jika bohlam menyerap tenaga yang terlalu besar atau sebaliknya, hal ini akan memicu terjadinya kinerja yang kurang optimal.

6. Ganti Bohlam dengan Merk Original

Salah satu yang menyebabkan bohlam lampu sering putus, tentu saja disebabkan karena penggunaan bohlam lampu dengan merk abal-abal.

Perlu diketahui bahwa penggunaan bohlam lampu dengan merk original dirasa jauh lebih aman dan awet dalam penggunaannya. Sebab, sudah dirancang dan di setting sedemikian rupa serta disesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi motor tersebut.

Maka dari itu, menggunakan bohlam dengan merk yang asli pabrikan adalah salah satu langkah terbaik sebagai cara mengatasi bohlam lampu motor sering mati.

Jadi Bagaimana Cara Mengatasi Lampu Motor Mati?

Cek Relay Motor

Yang pertama harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan pada relay. Karena kemungkinan besar penyebab lampu motor mati ada masalah pada bagian relaynya. Eigerian bisa mengecek terlebih dahulu peranti ini dan membersihkannya, karena relay yang kotor dan berkarat jadi penyebab gangguan pada lampu.

Jangan Lupa Selalu Rawat Kiprok Motor

Kiprok pada bagian motor merupakan komponen penting sebagai penyuplai arus atau data yang menuju ke bagian bohlam. Merawat bagian kiprok adalah hal penting mengingat jika komponen ini berjalan dengan normal maka akan membuat suplai arus menjadi semakin lancar menuju bohlam.

Namun, jika arusnya terganggu karena kiprok lemah atau rusak tentu akan membuat daya yang disalurkan ke bohlam menjadi minim. Ini membuat lampu menjadi tidak awet.

Maka oleh sebab itu, disarankan untuk selalu menjaga agar kiprok terawat supaya kinerjanya dalam memberikan suplai listrik menjadi lebih terjamin.

Memperbaiki Instalasi Kabel

Selain itu juga langkah yang bisa Eigerian lakukan adalah dengan perbaikan instalasi kabel. Perlu kamu ketahui instalasi kabel di sini sangat berpengaruh kuat dalam menjamin terjaganya suplai arus ke bagian bohlam lampu pada motor.

Bilamana instalasinya salah maka akan memicu korsleting. Sehingga, jika korsleting sering terjadi maka akan membuat bohlam cepat rusak dan mati.

Dengan demikian, jangan remehkan bagian kabel. Karena, bila tidak dirawat maka dipastikan akan menambah masalah pada sistem kelistrikan.

Ganti Spull Penerangan

Cara lain untuk atasi lampu motor mati adalah spull penerangan. Kamu bisa melakukan penggantian spull penerangan.  Sebenarnya, komponen ini masih bisa diperbaiki. Hanya saja, proses perbaikannya cukup rumit dan sulit mengingat berhubungan dengan kiprok.

Dikhawatirkan, bila kiprok masih normal namun karena ada kesalahan saat memperbaiki spul maka kiprok juga bisa ikut rusak.

Maka dari itu, disarankan untuk mengganti bagian ini dengan yang baru dan berkualitas agar listrik yang disalurkan ke bagian bohlam bisa terus dialiri dengan arus yang tepat.

Selain terjaga dayanya, tentu akan membuat bohlam motor menjadi lebih tahan lama karena daya yang disuplai sudah sesuai kebutuhan, tidak kurang dan tidak lebih dikarenakan adanya spull penerangan ini.

Cek Soket dan Dudukan Lampu

Nah Eigerian kamu juga bisa cek soket dan dudukan lampu ya. Penyebab lain dari lampu motor mati adalah Salah satu dari sekian penyebab kelistrikan motor mati adalah karena adanya masalah pada bagian soket dan dudukan lampu.

Karena, kedua sektor tersebut sangat berpengaruh langsung dengan kondisi lampu pada motor. Sehingga, bila ada kendala pada kedua komponen tersebut maka sebaiknya Anda ganti dengan yang baru saja.

Tentunya, penggantian di sini harus diganti yang original dan asli untuk menjamin keawetan dan kualitasnya dalam menjaga kinerja lampu pada motor.

Cek Aki, Apakah Dalam Keadaan yang Normal?

Secara berkala pastikan kondisi aki motor kesayanganmu dalam keadaan normal ya Eigerian.  Karena, aki yang sudah lemah atau soak biasanya tegangannya tidak tinggi. Kondisi ini tentu sangat memungkinkan bohlam lampu menjadi ikut melemah karena daya yang didapat tidak sesuai dengan kebutuhan.

Maka oleh karena alasan tersebut, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan aki motor, baik dari segi daya maupun kemampuannya dalam menyuplai daya.

Baca Juga: 5 Tips Riding Aman Menuju Lokasi Bukber, Taat Prokes Aman!

Riding Lagi Bareng EIGER Yuk!

Kalau performa motormu sudah kembali siap, yuk saatnya kita riding lagi bareng EIGER. Dapatkan perlengkapan ridingmu hanya di eigeradventure.com. Mulai dari tas, sepatu, sampai outfit bisa kamu dapatkan disini. 

Belanja di eigeradventure.com pasti terpercaya, barang original dan harga terbaik. Kini kamu juga bisa dapatkan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Yuk dapatkan penawaran menariknya sekarang! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments