HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Kebiasaan Buruk yang Tanpa Sadar Masih Kamu Lakukan

7 Kebiasaan Buruk yang Tanpa Sadar Masih Kamu Lakukan

Tidak sedikit kebiasaan buruk yang dapat berdampak pada kesehatan kamu. Tanpa memandang usia, apakah masih muda atau sudah cukup berumur, kebiasaan-kebiasaan ini bisa memberikan efek kurang baik pada stabilitas kesehatan.

Mungkin kamu sendiri tidak menyadari bahwa kamu melakukan kegiatan yang ada di daftar artikel ini. Maka dari itu, ada baiknya kamu menyelesaikan artikel ini hingga akhir, untuk mengetahui kebiasaan yang sering dilakukan, namun tanpa disadari berdampak jelek untuk kesehatan.

Mari kita bedah satu per satu.

Pola Makan Tidak Teratur untuk Sarapan dan Makan Siang

Coba ingat kembali, apakah kamu sudah melaksanakan dua rutinitas ini dengan benar dan teratur setiap harinya? Meski terdengar sepele, tapi sarapan dan makan siang adalah dua hal penting yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan.

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang-orang perkotaan adalah melewatkan salah satu diantaranya karena merasa belum lapar. Padahal ketika sarapan atau makan siang tidak dilakukan secara rutin dan teratur bisa berpengaruh pada metabolisme tubuh dan tingkat stres yang tidak terkontrol.

Kebiasaan Buruk Tidak Minum 8 Gelas Air Per Hari

kebiasaan buruk

Bandingkan konsumsi air putih kamu dengan kopi yang setiap hari kamu minum. Apakah jumlah air putih yang dikonsumsi sudah sesuai dengan rekomendasi? Air putih berguna untuk membantu ginjal dalam melakukan penyaringan darah, sehingga fungsi tubuh secara umum bisa terjaga.

Ketika kamu tidak terbiasa minum air dengan takaran ideal, biasanya 8 gelas per hari untuk orang dewasa, maka fungsi tubuh bisa saja menjadi kurang optimal. Gangguan kesehatan seperti pusing, sembelit, nyeri otot, bisa terjadi ketika tubuh kekurangan cairan.

Jadi hindari kebiasaan buruk tidak mengkonsumsi cukup air putih ini ya.

Membersihkan Gigi, Tak Hanya dengan Sikat Gigi

Satu kebiasaan buruk yang masih banyak dilakukan oleh banyak orang adalah merasa bahwa membersihkan gigi cukup dengan sikat gigi saja. Faktanya, sikat gigi tidak dapat benar-benar membersihkan bagian tersebut hingga benar-benar bersih.

Sisa makanan masih saja tersangkut di sela-sela gigi. Maka dari itu, penggunaan benang gigi yang rutin setelah menyikat gigi juga sangat direkomendasikan, selain mungkin obat kumur. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter gigi kepercayaanmu untuk urusan yang satu ini, agar gigi terjaga kesehatannya.

Begadang, Kebiasaan Buruk yang Dianggap Lumrah

kebiasaan buruk

Merasa masih memiliki fisik yang cukup bugar membuat banyak orang, mungkin juga termasuk kamu, masih begadang dalam skala harian. Padahal tubuh manusia benar-benar membutuhkan istirahat panjang ketika malam hari, karena jam biologis alaminya.

Memang mungkin banyak argumen yang diutarakan untuk menyanggah hal ini, mulai dari tuntutan pekerjaan, kebiasaan yang sudah berlangsung lama, dan lain sebagainya. Namun pada tubuh manusia normal, begadang dan kurang tidur bisa berdampak buruk dan meningkatkan risiko penyakit serius di kemudian hari.

Selain tentu saja, produktivitas yang menurun di siang hari karena mengantuk.

Baca Juga : Tips Jalani Karier Digital Nomad yang Jadi Tren di Kalangan Millennials

Stres dan Marah

Well, dua hal ini bisa jadi kebiasaan buruk yang berdampak langsung pada kesehatan, karena berpengaruh langsung pada keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh kamu. Ketika kamu merasakan stress atau marah yang berlebihan, tubuh secara otomatis akan meresponnya. Dan responnya kurang baik untuk kesehatan.

Selalu pastikan kamu bisa mengelola stres dan rasa marah dengan baik, agar tubuh juga tetap memiliki produksi hormon seimbang. Selain bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, ini juga bisa membantu menjaga hubungan baik kamu dengan orang lain.

Kebiasaan Buruk Merokok

Sudah jadi rahasia umum jika merokok adalah kebiasaan buruk yang masih dijalani banyak orang. Seperti begadang, merokok juga disanggah dengan berbagai argumen pendukung untuk ‘meluruskan’ kebiasaan ini.

Dari segi manapun pada bidang kesehatan, merokok tidak memiliki efek baik sama sekali. Pada jangka panjang, kebiasaan buruk ini bisa meningkatkan resiko kematian akibat penyakit jantung, kerusakan paru-paru, dan kanker.

Pola Makan Tidak Sehat

Memilih makanan sehat bukan perkara yang sulit. Namun tidak sedikit yang memutuskan makanan cepat saji karena berpikir makanan sehat perlu persiapan yang lama dan tidak bisa diselesaikan dengan praktis.

Dari sisi kecepatan saji dan rasa, mungkin akan unggul. Namun tubuh memerlukan nutrisi lengkap setiap hari agar dapat berfungsi sempurna dan menjaga kesehatannya. Maka kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan cepat saji sebaiknya dikurangi, atau bahkan ditinggalkan.

Baca Juga : Langkah Awal Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Berbagai kebiasaan buruk yang ada di atas mungkin saja masih kamu lakukan, dengan berbagai alasan. Namun untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berfungsi optimal, hal ini perlu diubah. Menerapkan pola hidup sehat jadi kunci, agar tubuh kamu tetap sehat dan siap beraktivitas setiap saat.

Terkait dengan kebiasaan buruk di atas, semoga bisa jadi inspirasi dan pengetahuan sehingga kamu bisa menjadi orang yang lebih baik. Hal ini bisa ditunjang dengan penggunaan perangkat dan peralatan ramah lingkungan, seperti yang dimiliki Eiger Adventure. Di sana, kamu bisa menemukan banyak perlengkapan berkualitas dan ramah lingkungan, sehingga usaha menjadikan dirimu lebih baik bisa dilakukan dengan lebih optimal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru