HomeTips & TrickTraveling8 Spot Arung Jeram yang Bisa Kamu Kunjungi, dari Barat ke Timur!

8 Spot Arung Jeram yang Bisa Kamu Kunjungi, dari Barat ke Timur!

Bersamaan dengan mulai membaiknya keadaan di Indonesia, agenda liburan dan wisata juga mulai banyak disusun. Arung jeram jadi salah satu aktivitas yang bisa jadi opsi menarik untuk kamu dan teman-teman dalam menghabiskan waktu liburan sebentar lagi.

Mungkin selama ini arung jeram identik dengan wisata yang ada di area Jawa, atau Sumatera mungkin, atau bahkan Bali. Tapi tahukah kamu ternyata di area Indonesia Timur juga terdapat beberapa spot arung jeram yang menawarkan tantangan dan keseruan yang tak terlupakan?

Nah, dalam artikel singkat ini, kami coba menyajikan beberapa rekomendasi tempat arung jeram yang bisa kamu coba dan kunjungi. Ingat, tak semua cocok untuk pemula, ada beberapa yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, sehingga perlu sertifikasi khusus untuk mencobanya.

Sungai Asahan, Sumatera Utara

arung jeram
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mungkin ada baiknya kita mulai dari area Sumatera Utara, tepatnya di sungai Asahan. Tempat ini bisa jadi lokasi yang menantang untuk dicoba, karena kabarnya memiliki tingkat kesulitan IV hingga V, dari skala yang ada.

Penjelajahan akan berlangsung sejauh 22 kilometer, jalan yang cukup panjang untuk diarungi bukan? Dengan berbagai rintangan dan tantangan jalur, lokasi ini lebih direkomendasikan untuk pemain lama dan berpengalaman. Kesulitan medan di sungai Asahan menjadikannya salah satu lokasi favorit untuk kompetisi nasional.

Sungai Alas, Aceh

Mungkin di bagian paling Barat Indonesia, kamu bisa mencoba sungai Alas. Lokasinya ada di Aceh, dan menawarkan tingkat kesulitan III hingga IV. Tapi tak perlu cemas untuk kamu yang masih pemula, ada juga jalur yang lebih mudah, yakni jalur dari Muara Situlan hingga Kota Gelombang.

Sungai Alas sendiri terbilang cukup mengakomodir semua jenis penjelajah, dari yang berpengalaman hingga yang masih pemula, semua bisa memilih jalur sesuai dengan kemampuan. Tentu terdapat tenaga profesional yang menjadi pemandu, agar penjelajahan bisa berjalan lebih aman.

Baca Juga : Pernah Mendengar Desa Wisata Gamplong? Ini 5 Fakta Menariknya!

Bergeser Ke Jawa Barat, Sungai Citarik

arung jeram
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun, sungai Citarik merupakan spot arung jeram yang menawarkan debit air tinggi dan bersih, sehingga akan memberikan pengalaman berbeda bagi kamu yang ingin mencobanya.

Untuk jarak tempuhnya sendiri kamu bisa memilih, dari mulai trek 5 kilometer hingga trek 17 kilometer. Tentu, tingkat kesulitannya juga akan berbeda dari opsi trek tersebut. Sungai ini jadi salah satu lokasi paling direkomendasikan di Jawa Barat, karena nuansa dan opsi trek yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan.

Di Magelang Ada Sungai Progo

Di Jawa Tengah, kamu bisa mendapati sungai Progo di kabupaten Magelang. Sungai Progo jadi salah satu sungai terpanjang yang menawarkan trek rafting sejauh 26 kilometer dari titik awal berangkat hingga garis finish.

Kamu juga bisa menyesuaikan trek yang ingin kamu pilih. Jika ingin trek lebih menantang dan membutuhkan keahlian khusus, area Progo Bawah bisa jadi opsi dengan tingkat kesulitan IV-nya. Untuk arung jeram rekreasional, kamu bisa memilih bagian Progo Atas, dengan tingkat kesulitan II hingga III.

Sebenarnya masih ada sungai Elo dan sungai Serayu, yang berlokasi di Magelang dan Banjarnegara, tapi mari kita bergeser ke arah Timur.

Ke Jawa Timur, Sungai Pekalen untuk Arung Jeram

arung jeram
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dari Jawa Tengah kita bergeser ke Jawa Timur. Tepatnya di kabupaten Probolinggo, kamu bisa menjumpai sungai Pekalen. Dengan kedalaman sekitar 3 meter saja, kamu akan disajikan beberapa spot yang memiliki tingkat kesulitan berbeda.

Di area Pakelan atas, dengan jarak 12 kilometer, memiliki tingkat kesulitan tinggi dan digunakan oleh profesional. Kemudian di area Pakelan bawah, terdapat trek sejauh 10 kilometer dengan arus yang stabil dan sangat cocok untuk kegiatan rekreasional pemula.

Lanjut Ke Bali, Sungai Melangit

Berada di area Klungkung, kamu bisa mencoba mengarungi sungai ini jika kamu singgah ke Bali. Keunikan utama dari arung jeram ini adalah keberadaan pohon yang menjulang tinggi di sepanjang tepi sungai, sehingga hawanya sangat sejuk.

Tantangan lain terletak pada ukuran sungai yang cukup sempit, sehingga arusnya tinggi. Kamu juga tak perlu cemas saat berkunjung ke sini, karena ada profesional yang siap mendampingi penjelajahan kamu.

Sungai Nimanga Di Kabupaten Minahasa

arung jeram
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Menjelang akhir dari rekomendasi kami, ada juga sungai Nimanga di kabupaten Minahasa. Sungai ini terletak di desa Timbukar, dan telah memiliki popularitas yang tinggi di area tersebut. Yang perlu jadi catatan adalah bahwa sungai ini memiliki tingkat kesulitan tinggi, sehingga lebih direkomendasikan untuk profesional atau orang yang sudah ahli.

Terakhir, Sungai Prafi DI Manokwari

Rekomendasi terakhir kami di artikel singkat ini adalah sungai Prafi yang ada di Manokwari. Yap, tidak salah, sungai untuk arung jeram ini berada di Papua, memiliki tingkat kesulitan tinggi dan menantang, serta airnya sangat bersih.

Satu lagi, sungai ini membelahj hutan yang masih sangat alami sehingga memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga : Hiking Di Ranu Kumbolo, Menikmati Alam Asri yang Luar Biasa

Well, itu tadi beberapa rekomendasi spot arung jeram yang bisa kami berikan. Tentu saja, untuk mendukung aktivitas ini, kamu bisa mengandalkan gear dari Eiger Adventure. Berkualitas dan memiliki banyak pilihan, dijamin aktivitas rafting yang kamu lakukan bisa semakin seru dan aman!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments