HomeTips & TrickLifestyle5 Tips Menabung Efektif, Meskipun Gaji Pas-pasan

5 Tips Menabung Efektif, Meskipun Gaji Pas-pasan

Siapa yang merasa, gaji yang pas-pasan hanya numpang lewat saja di rekening? Kalau kita selalu menjalani hidup dari gaji ke gaji seperti ini setiap bulannya, tentu saja akan sulit untuk bisa menabung apalagi berinvestasi untuk jangka panjang. Lantas, apa yang harus kita lakukan? Tenang, jangan pesimis! Berikut ini ada beberapa tips menabung yang efektif dan wajib dipraktekkan. Yuk, simak! 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang tips menabung, kita perlu menjawab pertanyaan yang satu ini. Selama ini, sudahkah kita mencatat pemasukan dan pengeluaran? Jika belum, kita harus mencatatnya mulai sekarang. Setiap pemasukan yang diterima setiap bulan, baik dari gaji tetap maupun dari penghasilan tambahan perlu dicatat. Begitu pula dengan setiap pengeluaran yang kita lakukan. Jangan malas untuk mencatat setiap detailnya, karena hal ini penting untuk melihat pos mana yang merupakan pengeluaran terbesar kita. Apakah konsumsi, transportasi, paket data internet, belanja pakaian, atau lainnya. 

Setelah mengetahui kebiasaan pengeluaran kita setiap bulannya, kita bisa mulai membuat budgeting. Kenapa perlu membuat budgeting? Tujuannya adalah untuk menjaga supaya kita tidak mengeluarkan uang lebih dari yang sudah ditentukan. Kita bisa mencoba metode budgeting ala Li Ka-Shing atau yang lebih minimalis seperti metode 50/30/20 dan 80/20. Kita bisa mencoba semuanya dan mencari metode mana yang lebih pas untuk kita terapkan. Ingat, budgeting bukan untuk membatasi, melainkan untuk membantu kita mengatur keuangan supaya bisa menikmati hidup tanpa penyesalan.

Perlukah Memangkas Pengeluaran? 

tips menabung

Jika pengeluaran kita ternyata sangat tinggi sehingga tidak dapat menabung sebanyak yang diinginkan, mungkin sudah waktunya untuk menguranginya. Kita perlu mengidentifikasi hal-hal tidak penting yang dapat dibelanjakan lebih sedikit, seperti hiburan, dan makan di luar. Kita bisa membatalkan langganan dan keanggotaan yang tidak terlalu diperlukan, terutama jika diperpanjang secara otomatis. Kemudian, kita perlu berkomitmen untuk makan di luar hanya sebulan sekali dan mencoba tempat-tempat yang termasuk dalam kategori “makan murah”. Berani untuk mencobanya? 

Tips Menabung untuk Gaji Pas-pasan

tips menabung
Sumber: Freepik

Setelah membuat catatan pemasukan dan pengeluaran, serta menyusun budgeting, saatnya fokus mempraktekkan tips menabung. 

1. Rencanakan goal yang ingin dicapai

Setiap orang yang mempraktekkan tips menabung pasti memiliki goal yang ingin dicapai. Goal ini adalah rencana masa depan. Terlebih jika tabungan ingin digunakan untuk hal-hal yang positif. Dengan merencanakan goal yang ingin dicapai, kita akan lebih termotivasi untuk menabung. 

2. Belajar hemat

Tips menabung selanjutnya adalah berhemat. Tak dapat dipungkiri, bahwa kunci sukses dari menabung yaitu berhemat, termasuk untuk para pekerja yang bergaji kecil. Kita harus berusaha untuk tidak konsumtif dan mengendalikan diri sendiri dari perilaku boros. Tahu tidak, bahwa menghemat uang juga termasuk dari bagian berinvestasi, lho. Pasalnya, uang yang berhasil dihemat ditabung.

3. Buat rekening khusus tabungan

Buatlah rekening yang terpisah khusus untuk menabung. Jangan satukan rekening untuk menabung dengan rekening pemasukan. Tujuannya adalah supaya tidak tercampur. Selain itu, cara ini juga dapat memudahkan kita dalam memantau keuangan dengan baik. Bahkan jika diperlukan, kita bisa mencari tabungan berencana. Jenis tabungan berencana ini pada umumnya tidak memiliki potongan. Jenis tabungan berencana ini juga bisa diambil dalam jangka waktu tertentu, mulai dari bulanan hingga tahunan. Jadi, tabungan kita akan lebih aman. 

4. Menabung di celengan setiap hari

Menabung di celengan mungkin terkesan kekanakan-kanakan. Namun cara ini cukup ampuh sebagai tips menabung harian, lho. Kita bisa mengisi celengan dengan uang receh mulai dari ribuan hingga puluhan ribu. Supaya lebih bersemangat menabung, kita juga bisa membuat tabel menabung harian agar bisa memantau perkembangannya. Setelah celengan terisi oleh uang yang banyak, kita bisa menyimpannya di rekening tabungan. Tips menabung yang satu ini terbukti efektif untuk menabung sehari-hari dan dalam jangka waktu yang panjang. Tapi ingat, pilihlah jenis celengan yang tidak mudah dibongkar, ya! Supaya kita tidak bisa sembarangan untuk mengambilnya. 

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menyusun Resolusi Tahun Baru

5. Mulai investasi

Mengalokasikan uang pada sebuah instrumen investasi juga merupakan keputusan yang tepat. Pasalnya, menyimpan uang pada investasi akan mendatangkan keuntungan dibandingkan dengan hanya ditabung begitu saja. Sebut saja P2P (Peer to Peer) lending yang saat ini sedang populer. P2P ini adalah salah satu investasi yang cocok untuk pemula dan bergaji kecil.

Baca juga: Mudah Tapi Jitu, Begini Cara Mengatur Keuangan yang Tepat

Untuk menunjang keberhasilan tips menabung di atas, kita memang harus bijak dalam mengatur keuangan. Cerdas dalam membelanjakan uang juga mutlak diperlukan. Misalnya, kita dapat memanfaatkan promo tertentu jika hendak membeli sesuatu. Dengan potongan harga hingga cashback, tentunya kita akan lebih hemat. Seperti halnya belanja online di Eiger Adventure Official Website, kita akan dapat produk berkualitas dengan affordableprice. Ada diskon hingga gratis ongkir, yang sayang untuk dilewatkan. Cek sekarang!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments