HomeTips & TrickPengertian Campervan hingga Rekomendasi Lokasinya di Jawa Barat

Pengertian Campervan hingga Rekomendasi Lokasinya di Jawa Barat

Belakangan ini, campervan sedang naik daun digunakan sebagai alat berlibur, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan menggunakan campervan, kita memang tidak perlu berjumpa dengan keramaian, sehingga liburan di tengah pandemi lebih nyaman dan aman. Pada awalnya, liburan dengan campervan marak dilakukan di luar negeri. Namun ternyata, kita juga bisa merasakan pengalamannya di Indonesia. Lokasi yang dituju biasanya adalah daerah yang memiliki ruang hijau yang luas, salah satunya adalah di Jawa Barat.

Sebelum mengetahui rekomendasi lokasi terbaiknya di Jawa Barat, kita harus tahu apa sih yang dimaksud campervan? Campervan atau motorhome adalah mobil yang memiliki fasilitas lengkap seperti layaknya rumah. Ada dapur, tempat tidur, kamar mandi, hingga ruang makan. Motorhome ini merupakan salah satu transportasi sekaligus cara favorit untuk menjelajah alam. Pada umumnya, motorhome didesain untuk penggunaan camping di alam, yang memiliki dapur atau bahkan kamar mandi, namun lebih bersifat portable. Sedangkan tempat tidur bisa dibuat menggunakan tenda tambahan di luar mobil. Begitu juga dengan dapur yang juga bisa terkoneksi dengan mobil. 

Tips Liburan Seru ala Campervan

campervan
Sumber: Freepik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum liburan menggunakan motorhome bersama keluarga atau sahabat. Yuk, simak! 

  1. Jika ingin berlibur bersama keluarga, maka pastikan semuanya sudah setuju dengan destinasi yang akan dituju. Sebelum menentukan hari, tentukan juga lokasi, dan itinerary perjalanan dengan lengkap. Jika semua anggota keluarga sudah setuju, lalu jangan lupa mulai menyiapkan daftar lokasi kekinian di destinasi yang akan dikunjungi.
  2. Kemudian, penting sekali untuk tahu dengan pasti lamanya waktu liburan yang ingin diambil. Selain untuk menentukan jadwal istirahat, dengan mengetahui lamanya waktu liburan, kita juga akan tahu estimasi pengeluaran, pakaian, hingga sanitasi yang perlu kita siapkan. Jika memilih road trip, segera persiapkan juga akomodasi yang memadai, misalnya menggunakan campervan karena fasilitasnya yang sangat lengkap. 
  3. Salah satu faktor penentu ketika memilih berlibur dengan menggunakan motorhome adalah mencari tempat penyewaan yang terpercaya.

Rekomendasi Lokasi Terbaik di Jawa Barat

campervan
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Ada banyak hal yang menjadi para pertimbangan para pecinta motorhome untuk singgah di sebuah campervan ground. Di antaranya adalah fasilitas yang lengkap, akses jalan yang mudah, dan yang terpenting adalah keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa tempat menarik yang dapat menjadi pilihan untuk campervan di Jawa Barat. Jangan lupa dicatat, ya

1. Green Grass Cikole

Lokasi Green Grass Cikole bersebelahan dengan Orchid Forest. Memiliki suasana sejuk, hijau, dan asri, kita akan ditemani hutan pinus lebat dan menjulang tinggi saat singgah di Green Grass Cikole. Tiket wisata Green Grass Cikole sangat ekonomis yaitu Rp20.000 per orang, dan Rp10.000 untuk tiket masuk kendaraan roda empat. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, yaitu toilet, penjaga, dan mushola. Kita juga bisa membeli kayu bakar di pengelola setempat dengan biaya Rp20.000 per ikat.

2. Ranca Upas

Lokasi yang sudah lama menjadi andalan para penikmat alam adalah Ranca Upas. Suasana sejuk dan hijau pepohonan menjadi tempat ternyaman untuk memarkir motorhome. Sunrise dan sunset juga akan menjadi view yang ditunggu-tunggu para pengunjung. Fasilitas di Ranca Upas sangat lengkap, mulai dari mushola, toilet, warung, hingga pemandian air hangat. Selain itu, ada juga wisata berkuda dan memanah yang sangat cocok untuk menambah semarak liburan kita. Tiket masuk Ranca Upas adalah Rp33.000 per orang dan Rp28.000 per mobil. Murah, tapi pasti menyenangkan! 

3. Datar Pinus

Udara yang sejuk dan panorama hijau kebun teh yang asri akan menemani sepanjang perjalanan menuju Datar Pinus. Sesuai dengan namanya, lokasi ini dipenuhi oleh pohon pinus yang rapat dengan kontur tanah yang datar. Fasilitas yang disediakan juga komplit, mulai dari toilet, mushola, listrik, dan air bersih. Untuk tiket masuk Datar Pinus Pangalengan, kita perlu merogoh kocek Rp30.000 per orang dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat. Lokasinya sangat teduh dan sejuk. Dijamin, kita akan betah untuk berlama-lama berada si Datar Pinus. 

4. Campervan Park Sari Ater

Campervan ground yang resmi dibuka pada Januari 2021 ini memiliki daya tarik yang sangat mempesona, salah satunya adalah campervan di tepi sungai air hangat. Bisa dibilang camping di tepi sungai menjadi tempat terfavorit bagi kebanyakan orang. Seperti yang kita rasakan bahwa beraktifitas dengan iringan suara gemericik air mampu memberikan ketenangan dan menghidupkan suasana. Selain Riverside, di sana juga ada ground dengan hill view, di mana lokasinya tidak berjauhan dari riverside. Sekeliling lokasi ini dipenuhi rerumputan hijau yang sangat asri dan nyaman untuk berlama-lama menghabiskan waktu. Tiket masuknya adalah:

  • Riverside 1 vehicle Rp250.000 per mobil, sudah termasuk tiket masuk untuk 4 orang, tiket masuk kendaraan roda 4, dan tiket berenang di Waterpark Sari Ater. 
  • Riverside 2 vehicle Rp350.000 per mobil, sudah termasuk tiket masuk untuk 4 orang, tiket masuk kendaraan roda 4, dan tiket berenang di Waterpark Sari Ater. 
  • Hill view Rp200.000 per mobil, sudah termasuk tiket masuk untuk 4 orang, tiket masuk kendaraan roda 4, dan tiket berenang di Waterpark Sari Ater. 

Baca juga: 9 Wisata Jawa Barat Ini Bisa Dikunjungi Selama PPKM

5. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak biasa disebut Gunung Bunder. Lokasinya tidak jauh dari Kota Bogor. Karena dalam pengawasan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, menjadikannya sangat terjaga keasriannya. Ground yang ini berada di ketinggian 1.200-1.400 Mdpl dan dipenuhi oleh hutan pinus yang rapat dan menjulang tinggi, sehingga membuat suhunya sangat sejuk. Fasilitasnya lengkap seperti toilet, mushola, dan warung. Penjaga juga siap menemani selama kita camping di sana. Sejuk, aman, dan nyaman, bagaimana mungkin tidak betah berlama-lama di sana? 

Tiket masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah Rp12.500 per orang dan Rp10.000 untuk mobil. Sedangkan di campervan ground kita akan dikenakan biaya Rp20.000 per orang.

Baca juga: 7 Puncak Gunung Tertinggi Favorit di Pulau Jawa

Di manapun lokasi yang kita pilih, pastikan seluruh persiapan sudah matang. Dengan begitu, liburan kita akan berlangsung dengan menyenangkan. Koleksi terbaru Eiger Adventure ini bisa jadi perlengkapan penunjang liburan ala campervan, lho. Cek sekarang!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments