HomeTips & TrickGreen & HealthyButuh Aplikasi Olahraga untuk di Rumah? Cek Rekomendasinya di Sini!

Butuh Aplikasi Olahraga untuk di Rumah? Cek Rekomendasinya di Sini!

Hampir semua orang tentu sudah tahu, bahwa olahraga secara rutin itu baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Namun kenyataannya, masih ada saja orang yang malas untuk melakukannya. Padahal sebaiknya, kita berolahraga setiap hari minimal 30 menit. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk bisa mendapatkan manfaatnya, cukup yang ringan saja, seperti jalan kaki atau jogging di pagi atau sore hari. Jika tidak sempat, olahraga ringan malam hari juga bisa dilakukan. Nah, untuk mendongkrak semangat berolahraga, kita bisa pakai aplikasi olahraga lho! Aplikasi ini akan membantu kita lebih konsisten untuk berolahraga.

Aplikasi Olahraga

Manfaat Rajin Berolahraga

aplikasi olahraga

Sebelum membahas lebih lanjut seputar aplikasi olahraga, kita harus tahu dulu nih apa saja manfaat yang dapat diperoleh jika kita rajin olahraga. 

1. Terhindar dari berbagai macam penyakit

Manfaat pertama yang bisa didapatkan jika kita rajin olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Ketika berolahraga, tubuh akan bebas bergerak sehingga akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Dan hasilnya tubuh akan lebih sehat dan kuat, serta tidak mudah terserang penyakit.

2. Pertumbuhan menjadi lebih ideal

Pada saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, maka kalori yang ada di dalamnya akan terbakar secara lebih optimal. Kalori dalam tubuh akan diproses menjadi energi secara keseluruhan, tanpa ada yang tersisa yang berpotensi menimbulkan tumpukan lemak tubuh. Kemudian, tubuh akan mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan secara ideal.

3. Meningkatkan kekuatan jantung

Peningkatan kekuatan jantung ditandai dengan meningkatnya ukuran dan kekuatan otot ventrikel jantung sebelah kiri, yang berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Pada orang dewasa normal yang tidak beraktivitas fisik secara rutin, jantung memompa sekitar 60 ml darah. Namun, orang yang memiliki aktivitas fisik secara rutin dapat memompa darah hingga 100 ml dalam keadaan istirahat. Selain itu, manfaat berolahraga secara rutin juga bisa menyebabkan detak jantung menjadi lebih rendah. Hal ini karena jantung dapat bekerja secara lebih efisien dalam memompa darah. Kapasitas jantung juga hal penting untuk menjaga elastisitas pembuluh darah, pertumbuhan otot, serta kapasitas asupan oksigen.

4. Mempercepat regenerasi tulang

Kontraksi otot terhadap tulang selama kita berolahraga juga bermanfaat dalam membantu terjadinya proses regenerasi tulang oleh sel tulang yang baru. Proses ini akan terjadi secara perlahan dan bertahap. Proses regenerasi tulang dapat kita rasakan melalui semua jenis olahraga, khususnya latihan ketahanan yang dapat melatih kekuatan otot.

5. Meningkatkan mood

Melakukan aktivitas fisik melalui olahraga juga bisa membantu kita untuk menstimulasi otak melepaskan senyawa kimia tertentu yang bisa memperbaiki mood, membuat kondisi tubuh menjadi lebih rileks, dan mengurangi gejala stres, gangguan kecemasan, bahkan depresi. Olahraga secara rutin mampu meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin yang mampu untuk meredakan depresi. Selain itu, manfaat olahraga juga terbukti dapat meningkatkan produksi hormon endorfin untuk menghasilkan perasaan positif, lho

Baca juga: Low Impact Adalah Olahraga yang Cocok untuk Pemula

Daftar Aplikasi Olahraga Terbaik

aplikasi olahraga

Setelah mengetahui sederet manfaat berolahraga secara rutin, sekarang lebih tergerak untuk melakukannya, bukan? Supaya lebih semangat, beberapa aplikasi olahraga terbaik di bawah ini bisa digunakan secara gratis. Simak, yuk!

1. Aplikasi untuk menurunkan berat badan

Untuk mengecilkan perut atau menurunkan berat badan, sebaiknya kita mengunduh aplikasi home workout. Aplikasi ini memang paling banyak ditemui di Google Play atau App Store. Dalam memilih aplikasi, hal yang perlu dipertimbangkan adalah kelengkapan menu latihannya. Apakah latihannya perlu alat atau tidak. Sebaiknya, pilih aplikasi yang punya program latihan jelas, misalnya 30 day challenge atau ABS training level beginner, bahkan hingga advanced. Beberapa aplikasi home workout yang bisa dipilih, di antaranya adalah Freeletics atau Empire Fit App. 

2. Aplikasi untuk mencatat progres dan meningkatkan teknik latihan

Aplikasi olahraga juga bisa dimanfaatkan untuk mencatat progres latihan. Jika gemar bersepeda atau running, kita bisa melacak performa dengan aplikasi olahraga seperti Strava atau Nike Run Club. Menariknya, kita bisa menghubungkannya ke smartphone untuk melacak GPS, heart rate, kecepatan, hingga jarak yang ditempuh.

Bagi yang hobi olahraga bela diri seperti martial arts atau muay thai, maka aplikasi Muay Thai Fitness bisa diunduh. Kita bisa lebih memperdalam teknik tendangan, pukulan, hingga kuncian dari aplikasi tersebut. Mungkin tidak sedetail pada saat dilatih oleh pelatih secara langsung, tetapi kualitasnya cukup bagus untuk latihan mandiri di rumah.

3. Aplikasi untuk membentuk tubuh atletis

Jika olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, kemungkinan kita akan meningkatkan target. Target yang tadinya hanya mengontrol berat badan, akan meningkat jadi ingin mendapatkan tubuh yang atletis. Karena bodybuilding memerlukan pemahaman yang kompleks tentang porsi latihan, jenis latihan, hingga asupan nutrisi.  Jadi, kita bisa mencoba aplikasi Fitness & Bodybuilding. Aplikasi ini akan mengatur secara detail dan lengkap, mulai dari porsi latihan hingga asupan nutrisi kita sehari-hari. Dengan latihan secara rutin, massa otot yang besar dan kuat bukan hal yang mustahil untuk diraih, kok

4. Aplikasi untuk membakar kalori lewat menari

Bagi yang jago dance atau sekadar suka menari, bakat tersebut bisa diasah dengan mengunduh aplikasi Just Dance Now. Di aplikasi tersebut, kita bisa belajar koreografi dari sekitar 500 lagu dari seluruh dunia. Tidak hanya sendiri, kita bahkan bisa dance party secara daring bersama dengan ribuan orang lainnya. Ada juga fitur HealthKit yang bisa melacak berapa kalori yang kita bakar selama menari, dan berbagai indikator kesehatan lainnya.

5. Aplikasi dengan digital personal trainer andal

Aplikasi olahraga bernama Freeletics memiliki konsep yang cukup unik. Kita bisa bebas latihan di mana saja dan kapan saja tergantung kebutuhan. Ada digital personal trainer yang akan memandu dan memberikan porsi latihan pribadi untuk kita. Setiap pengguna akan mendapatkan porsi latihan yang berbeda. Menggunakan layanan gratis Freeletics saja, kita sudah bisa mendapatkan porsi latihan yang lengkap. 

Satu sesi latihan bersama Freeletics umumnya akan memakan waktu sekitar 30 menit. Ada 20 HIIT bodyweight workouts, 25 latihan spesifik, serta 20 sesi audio. Jika kita memutuskan ikut layanan berbayar, maka akan ada tambahan mindset coach dan nutrition coach yang memandu kita. Ilmu lebih bertambah, dan asupan nutrisi pun lebih terjaga.

Baca juga: Mudah dan Efektif, Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Ini Patut Dicoba

Kemudian muncul pertanyaan, berapa kali olahraga teratur dalam seminggu yang perlu dilakukan? Sesuai panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa dengan usia 18-64 tahun sebaiknya melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang minimal 150 menit per minggu. Dengan durasi ini, kita sudah bisa merasakan manfaat kebugaran dari berolahraga secara rutin.

Untuk urusan perlengkapan olahraga from head to toe, Eiger Adventure punya semuanya. Dengan kualitas terbaiknya, produk Eiger bisa diandalkan untuk menemani setiap aktivitas. Cek laman Eiger Adventure sekarang juga, dan wujudkan outfit olahraga paling keren! Dijamin, semangat untuk berolahraga akan semakin membara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru