HomeTips & TrickGreen & HealthyMudah dan Efektif, Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Ini Patut Dicoba

Mudah dan Efektif, Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Ini Patut Dicoba

Tak dapat dipungkiri, memiliki bentuk perut yang kurang proporsional memang dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu produktivitas. Khususnya bagi para wanita yang umumnya mengidamkan tubuh ideal. Dan ternyata, bentuk perut yang kurang proporsional tidak hanya mengganggu tampilan fisik saja, tetapi juga dapat berbahaya bagi kesehatan dan berisiko terkena penyakit kronis. Oleh karena itu, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengatur pola makan. Tidak hanya sekadar mengatur pola makan, menerapkan olahraga juga sangat penting dalam membantu proses pembakaran lemak dan menegaskan otot tubuh. Salah satunya adalah olahraga yang berfokus untuk mengurangi kalori dan lingkar pinggang pada perut. Pemilik bentuk perut kurang proporsional tentu penasaran kan apa saja jenis olahraga mengecilkan perut yang paling efektif?

Apa sih Penyebab Bentuk Perut Kurang Proporsional?

olahraga mengecilkan perut
Sumber: Freepik

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan perut kita menjadi lebih berisi. Mulai dari bagaimana cara kita makan, perubahan hormon, hingga kebiasaan yang tidak kita sadari dapat membuat perut menjadi tampak kurang proporsional jika dilakukan terus menerus. Jika bentuk perut kurang proporsional dibiarkan, hal ini bisa berbahaya! Menurut Harvard Medical School, penelitian menunjukkan bahwa sel-sel lemak, khususnya sel-sel lemak perut bersifat aktif secara biologis. Oleh karena itu, sangat tepat jika kita menganggap lemak sebagai organ atau kelenjar endokrin, yang memproduksi hormon dan zat lain yang dapat memengaruhi kesehatan kita. Lemak perut diketahui dapat meningkatkan produksi zat inflamasi di dalam tubuh yang meningkatkan  risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Letaknya yang dekat dengan organ hati dan pankreas juga dapat meningkatkan kolesterol jahat, mencegah tubuh memecah lemak, hingga berkontribusi pada resistensi insulin. Kebiasaan makan yang buruk, terutama makanan tinggi gula tambahan dan karbohidrat sederhana, serta kurang berolahraga juga dapat menyebabkan bertambahnya berat badan, terutama lemak perut yang membandel. Melihat bahaya yang bisa ditimbulkan akibat kelebihan lemak perut, maka cara termudah untuk menguranginya adalah dengan menurunkan berat badan. 

Tips Olahraga untuk Mengecilkan Perut

olahraga mengecilkan perut
Sumber: Freepik

Lantas, jenis olahraga mengecilkan perut apa saja yang efektif dan mudah untuk dilakukan? Kita bisa mengecilkan perut dengan melakukan olahraga berikut ini setiap hari. Namun, pastikan juga kita melakukan pemanasan dan pendinginan untuk mencegah risiko kesehatan!

1. Sit Up

Sit up adalah salah satu gerakan klasik untuk membentuk otot dan mengurangi lemak di perut. Berikut ini adalah teknik sit up yang benar:

  • Baringkan tubuh dengan lutut tertekuk serta kaki di lantai
  • Kemudian taruh telapak tangan di belakang kepala tanpa menarik leher
  • Angkat tubuh bagian atas hingga mencapai lutut
  • Tahan selama 2-3 detik
  • Lalu baringkan kembali ke posisi semula secara perlahan

Gerakan ini akan lebih efektif jika kita melakukannya secara perlahan karena otot akan bekerja lebih keras. Jangan lupa ulangi sebanyak 8-12 kali dalam 1 set.

2. Burpees

Burpees adalah salah satu olahraga mengecilkan perut yang diklaim sangat ampuh jika dilakukan secara rutin. Gerakan olahraga ini menyatukan antara plank, squat, dan meloncat. Berikut ini cara agar bisa menerapkan burpees dengan benar:

  • Mulailah dari posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu
  • Lalu gerakkan badan menjadi posisi squat dengan tangan di lantai
  • Lempar kedua kaki ke belakang sehingga dapat mencapai posisi plank
  • Bergerak kembali ke posisi squat pada langkah yang kedua
  • Dan pindah ke posisi melompat setinggi yang kita bisa

Lakukan gerakan ini hingga mencapai 10 sampai 15 kali dalam 1 set.

3. Bicycle Crunches

Bicycle crunches adalah gerakan yang menargetkan bagian core (inti), terutama pada otot bagian atas tubuh, salah satunya adalah otot abdominal (perut). Lantas, bagaimana cara melakukan bicycle crunches yang benar?

  • Pertama, rebahkan tubuh di atas lantai atau matras Yoga
  • Lalu letakkan telapak tangan di bawah kepala
  • Angkat kaki dan tekuk lutut kiri, sedangkan siku tangan kanan di arahkan ke langit
  • Kembalikan ke posisi semula, dan lakukan bergantian dengan lutut kanan dan juga tangan kiri

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kita melakukannya secara perlahan dan tidak terburu-buru. Ulangi gerakan tersebut hingga 15-20 kali dalam 1 set.

4. Mountain Climbers

Olahraga mengecilkan perut yang satu ini termasuk jenis olahraga yang berintensitas tinggi dan bertujuan untuk menaikkan detak jantung. Kita pun bisa melakukannya dengan jenis olahraga kardio yang lain. Nah, berikut ini adalah cara melakukan latihan mountain climbers yang benar:

  • Bersiap pada posisi push up, di mana badan bertumpu pada tangan yang berjarak selebar bahu dan kaki yang rapat. Pastikan punggung kita juga sudah lurus.
  • Mulailah gerakan mountain climbers dengan menggerakan satu kaki menuju dada sejauh yang kita bisa.
  • Lalu kembalikan ke posisi semula dan lakukan bergantian dengan kaki yang satu lagi.
  • Pastikan posisi punggung tetap lurus dan pinggang masih berada di bawah, serta pastikan bagian atas tubuh tidak bergerak.

Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali dalam 1 set. Jika kita sudah lebih terbiasa dengan olahraga, maka kita bisa menaikkan repetisi hingga 25-30 per set.

Baca juga: Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Sambil WFH

5. Plank

Plank dianggap sebagai salah satu latihan yang terbilang sulit untuk melatih kekuatan otot. Tapi tidak ada salahnya jika kita mencobanya. Beberapa variasi plank juga termasuk jenis olahraga kardio. Cara melakukan plank pun cukup sederhana, yaitu:

  • Mulailah dari posisi tengkurap di lantai
  • Lalu angkat badan sehingga bertumpu pada tangan dan kaki saja
  • Pastikan kepala, leher, punggung, dan juga kaki sudah sejajar lurus
  • Dan tahan selama waktu latihan

Sebagai pemula, kita bisa mulai pendek dulu, misalnya 10 detik. Jika sudah bisa, mulai naikkan hingga 20 detik, kemudian 30, dan seterusnya. Idealnya adalah jika kita bisa menahan posisi plank hingga 60 detik atau 1 menit. 

Baca juga: Ini Dia 7 Manfaat Berenang yang Bisa Kamu Rasakan

Bagaimana, apakah Eigerian sanggup melakukan berbagai jenis olahraga mengecilkan perut seperti yang telah disebutkan di atas? Jangan lupa kasih reward untuk diri sendiri saat berhasil mematahkan kemalasan dan mulai beranjak untuk rajin berolahraga, ya! Misalnya, kita bisa beli matras baru, tumbler untuk menemani kita selama berolahraga, dan perlengkapan lainnya. Eiger Adventure punya koleksi perlengkapan olahraga yang lengkap dan berkualitas, lho. Buruan cek sekarang, jangan sampai ketinggalan promo menariknya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru