HomeTips & TrickRidingApa Tujuan Menggunakan Helm Saat Berkendara? Ini 5 Poinnya!

Apa Tujuan Menggunakan Helm Saat Berkendara? Ini 5 Poinnya!

Selalu menggunakan kelengkapan berkendara, kapan saja kamu mengendarai motor, adalah hal yang wajib. Helm, jadi perangkat utama yang harus dikenakan. Meski jelas manfaatnya, namun masih banyak orang yang belum terlalu paham apa tujuan menggunakan helm saat berkendara.

Well, mungkin artikel singkat ini bisa jadi artikel reminder yang berguna untuk kamu, atau siapa saja yang belum memahami benar apa tujuan penggunaan safety gear ini. Maka mari, kita bedah dan lihat bersama-sama tujuan dari penggunaan helm saat berkendara.

Baca Juga : Mengenal Jenis Rest Area dan Kapan Waktu yang Tepat untuk Mampir

1. Keselamatan Berkendara, Perlindungan dari Benturan

apa tujuan menggunakan helm saat berkendara
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Memang tak ada yang memiliki rencana untuk mengalami kecelakaan. Tapi apa saja bisa terjadi di jalan raya, terlebih ketika kamu berkendara. Meski kamu sudah berhati-hati, resiko kecelakaan tetap ada, dan berasal dari pengendara motor yang lain.

Penggunaan helm ini tujuan utamanya adalah melindungi area kepala dari benturan yang mungkin terjadi saat kamu mengalami kecelakaan atau terjatuh dari motor. Tidak main-main, perlindungan yang diberikan benar-benar signifikan, dan bisa meminimalisir dampak atau resiko kecelakaan.

Kepala adalah bagian vital dari tubuh manusia, sehingga perlu mendapat perlindungan maksimal. Berbagai organ penting ada di kepala, dan memerlukan proteksi maksimal untuk mencegah terjadinya cedera serius atau bahkan hal yang lebih fatal.

2. Perlindungan dari Angin secara Langsung

Berkendara, selain memang menyenangkan dan seru, juga dilakukan untuk merasakan terpaan angin ketika melaju. Namun demikian angin juga tak selamanya bersih, karena terkadang angin membawa materi kecil yang keras dan bisa mencederai wajah.

Perlindungan selanjutnya yang diberikan helm bertujuan untuk melindungi wajah dari terpaan angin yang terlalu kuat, dan materi keras yang terbawa. Karena bisa melukai wajah, maka penggunaan kaca helm menjadi penting sebagai perangkat perlindungan.

Menutup kaca helm, khususnya saat berkendara dalam kecepatan tinggi, akan memberikan proteksi bagian wajah terhadap paparan angin kencang. Tak hanya itu, hal ini juga bisa meningkatkan faktor aerodinamis saat berkendara, sehingga tidak terlalu banyak menangkap angin yang bisa merusak keseimbangan.

3. Menjaga Pandangan Tetap Jelas

apa tujuan menggunakan helm saat berkendara
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Menjawab pertanyaan apa tujuan menggunakan helm saat berkendara berikutnya, adalah untuk membantu menjaga pandangan tetap jelas. Seperti yang kamu pahami sebagai rider, angin kencang yang menerpa wajah bisa mengganggu pandangan dan fokus, sehingga tak jarang membuat pandangan jadi kabur.

Dengan adanya kaca helm, angin bisa ditahan dan ditepis ke area kiri, kanan, atas, dan bawah wajah. Area mata bisa lebih terlindungi, sehingga bisa melihat jelas ke depan ke arah jalan atau pengendara lain yang ada di depannya.

Selain menggunakan helm, pastikan juga kaca helm yang kamu gunakan selalu bersih dan bebas dari goresan. Kaca helm yang bersih dan bening akan terasa sangat berguna ketika malam hari, siang hari hujan, atau siang hari cerah. Tambahkan lapisan anti silau agar lebih optimal.

4. Melindungi Kepala dari Panas dan Hujan

Proteksi yang sering tak disadari adalah perlindungan area kepala dari panas matahari dan terpaan hujan ketika berkendara. Meski tak disadari banyak orang, dua hal ini sebenarnya sangat penting, karena cuaca yang ekstrim dapat mengganggu perjalanan.

Bayangkan saja ketika kamu touring tanpa mengenakan helm, tentu selain tak aman kepala juga akan secara langsung berhadapan dengan kejamnya suhu udara bukan? Tak perlu perjalanan jauh, berkendara di tengah kemacetan saja bisa benar-benar membuat kepala terasa ingin pecah.

Hal yang lebih buruk terjadi saat hujan, karena air secara langsung akan jatuh ke area kepala dan wajah tanpa perlindungan sama sekali. Rasanya hampir seperti akupuntur, namun tanpa manfaat dan justru meningkatkan resiko berkendara.

5. Apa Tujuan Menggunakan Helm Saat Berkendara? Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

apa tujuan menggunakan helm saat berkendara
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Aturan baku yang berlaku di Indonesia menyebutkan secara gamblang kewajiban penggunaan helm saat berkendara menggunakan sepeda motor. Aturan ini, jelas didasarkan pada prioritas keselamatan setiap pengendara, sehingga tentu wajib dipatuhi.

Serangkaian ancaman hukuman menanti bagi siapa saja yang melanggar aturan tersebut. Namun ini bukan berarti kamu hanya menggunakan helm ketika ada aparat kepolisian saja ya. Sebab pada dasarnya penggunaan helm ditujukan untuk melindungi aset berharga, yaitu kepala.

Ancaman hukuman mulai denda hingga kurungan menanti siapa saja yang melakukan pelanggaran lalu lintas, termasuk diantaranya tidak menggunakan helm yang sesuai standar saat berkendara. Jadi untuk meminimalisir resiko masalah, ada baiknya kamu selalu menggunakan helm saat berkendara.

Baca Juga : Memahami Panduan Konvoi Motor, Ini 8 Poin Pentingnya! 

Memahami apa tujuan menggunakan helm saat berkendara seharusnya jadi pengetahuan dasar, untuk setiap pengendara motor. Tentu, prioritas utama selalu pada keselamatan pribadi, dan kenyamanan semua pengguna jalan yang ada di jalan raya.

Dengan 5 poin di atas, semoga pertanyaan apa tujuan menggunakan helm saat berkendara bisa terjawab. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan produk helm dengan model keren dan berstandar tinggi dari Eiger Adventure di laman produk yang dimilikinya. Segera kunjungi laman produk Eiger, dan dapatkan produk terbaik sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments