HomeTips & TrickLifestyle6 Aktivitas saat Musim Hujan di Rumah, Produktif!

6 Aktivitas saat Musim Hujan di Rumah, Produktif!

Hidup di negara tropis membuat masyarakat Indonesia lebih mudah menjadwalkan kegiatannya. Seperti sekarang ini, ketika musim hujan tiba, semua persiapan tentu sudah dilakukan. Agar tidak bosan dan jenuh, ada lho beberapa ide aktivitas saat musim hujan yang bisa kamu coba.

Meski mungkin Eigerian secara alami punya naluri untuk berpetualang, tapi mengutamakan kondisi tubuh dan menjaga kesehatan harus jadi yang utama. Untuk itu, beberapa aktivitas di artikel ini bisa jadi berguna untuk menunjang kesehatan fisik dan mental selama musim hujan.

Bukan berarti tidak boleh beraktivitas di luar ruang, tapi tidak ada salahnya ‘kan punya opsi beragam?

Baca Juga: 6 Konsep Mix and Match Warna Simpel, Cek di Sini!

1. Membereskan Rumah

Aktivitas saat Musim Hujan
Sumber: freepik.com

Tempat tinggal selalu punya jalan sendiri untuk menjadi berantakan, dan meninggalkan setumpuk pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Baik di kamar kos, kontrakan, apartemen, atau rumah, kamu tentu paham dengan baik hal ini.

Ketika di luar sedang hujan, kamu bisa membereskan pekerjaan rumah yang terbengkalai selama kamu bekerja atau keluar. Membereskan cucian piring dan perabotan, menyapu dan mengepel, mengembalikan semua ke tempatnya masing-masing, dan sebagainya.

Aktivitas yang sepertinya sederhana ini akan membakar cukup banyak kalori dan jadi kegiatan fisik yang produktif. Dalam waktu singkat, kamu akan banjir keringat tapi merasa puas sebab tempat tinggal terlihat rapi dan bersih.

2. Work from Home

Aktivitas saat Musim Hujan
Sumber: freepik.com

Setelah masa pandemi selesai, mungkin sebagian besar dari Eigerian sudah tidak lagi mendapatkan kenyamanan bekerja dari rumah. Nah, jika masih ada beberapa pekerjaan kantor yang harus diselesaikan, Eigerian bisa mencoba merasakan kembali sensasi WFH yang pernah jadi kebiasaan.

Memang bukan jadi aktivitas saat musim hujan favorit banyak orang, tapi sesekali bekerja dengan suasana rumah yang nyaman dan bisa melakukan apapun selama pekerjaan selesai tentu akan jadi hal yang seru, dan menyegarkan.

Kamu bisa kembali menggunakan working corner yang sempat dibuat beberapa tahun lalu, dan merasakan kembali serunya meeting atau berkoordinasi lewat aplikasi yang pernah populer dulu.

3. Melakukan Workout di Rumah

Aktivitas saat Musim Hujan
Sumber: freepik.com

Yap, untuk tetap bisa menjaga kebugaran badan dan kekuatan, kamu juga bisa melakukan workout secara mandiri di rumah. Tidak perlu bingung mengenai urutan atau gerakan yang harus dilakukan, karena banyak sekali video singkat atau panjang yang bisa jadi panduanmu.

Olahraga dan tetap aktif secara fisik membantu kamu tetap memiliki badan yang segar dan stamina yang baik. Di sisi lain olahraga juga akan meningkatkan kekuatan, menyegarkan pikiran, serta stabilitas mental.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan workout di rumah. Dengan bermodal resistant band, barbel, atau alat sederhana lain, kamu bisa mulai rutin berolahraga sambil menikmati suasana gloomy yang ada di luar rumah.

4. Coba Journaling 

Aktivitas saat Musim Hujan
Sumber: freepik.com

Menjadi aktivitas sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, journaling adalah proses mencurahkan dan menulis semua isi perasaan, pikiran, ide, emosi, dan semua yang berkaitan dengan hidup ke bentuk yang lebih nyata, yakni tulisan atau catatan.

Dengan rutin melakukan journaling, Eigerian bisa merasa lebih tenang dan stabil secara mental. Hal ini sudah terbukti pada cukup banyak penelitian, sehingga tidak ada salahnya untuk mencobanya untuk pertama kali.

Selain bisa jadi bacaan yang menarik di kemudian hari, kamu bisa menjadikan aktivitas ini sebagai proses healing dan mengendalikan stres. Semakin mengenali diri sendiri adalah langkah yang baik untuk kesehatan mental.

5. Membersihkan dan Merawat Perlengkapan Luar Ruang

Aktivitas saat Musim Hujan
Sumber: freepik.com

Untuk kamu yang punya perlengkapan luar ruang, kamu bisa mempertimbangkan untuk merawat dan membersihkan perlengkapan yang kamu punya ini. Baik dalam bentuk sepatu, tas, jaket, atau perlengkapan lain, bisa dibersihkan agar bisa disimpan dalam keadaan bersih.

Jika disimpan dalam keadaan bersih, maka perlengkapan luar ruang yang kamu punya jelas akan punya usia pakai yang lebih lama. Apalagi jika gear ini memang berkualitas baik dan dari brand yang solid, maka maintenance ini akan bagus jadi hal rutin yang kamu lakukan.

6. Bersantai dan Quality Time

Aktivitas saat Musim Hujan
Sumber: freepik.com

Menghabiskan waktu saat musim hujan bisa dilakukan dengan bersantai atau menikmati quality time, baik dengan diri sendiri atau dengan orang-orang terdekat. Tentu saja cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

Mulai dari menonton film, binge watching, melakukan hobi, bermain game, atau kegiatan lainnya yang membuat Eigerian bahagia bisa dengan mudah dilakukan. Selama tidak mengganggu kepentingan umum, rasanya nihil alasan untuk membahagiakan diri sendiri.

Tapi jangan kelewatan ya, sebab musim hujan tidak kemudina berarti kamu bisa bermalas-malasan seharian penuh. Tetap lakukan sesuatu yang produktif, supaya kamu tidak menggunakan waktu dengan sia-sia.

Baca Juga: Cari Tahu Manfaat Orienteering dan Tips Melakukannya, Yuk! 

Sebenarnya, tidak ada masalah untuk mengagendakan aktivitas saat musim hujan di luar ruang. Tapi seperti yang kamu tahu, tantangannya akan lebih besar dan memerlukan persiapan yang lebih matang. Kamu tetap bisa mengandalkan perlengkapan solid dari Eiger Adventure untuk menaklukkan tantangan yang kamu hadapi, tapi kegiatan di dalam rumah juga bukan hal yang kontra produktif, selama kamu tetap bersemangat dan berprogres dari waktu ke waktu secara konsisten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru