HomeTips & TrickSimak Amalan Malam Lailatul Qadar Di Sini, Ada Giveaway di Akhir Artikel!

Simak Amalan Malam Lailatul Qadar Di Sini, Ada Giveaway di Akhir Artikel!

Eigerian, bulan Ramadan adalah salah satu bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan, yaitu Malam Lailatul Qadar. Nah Eigerian, kita semakin dekat ke malam Lailatul Qadar loh oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan mengetahui amalan-amalan di malam Lailatul Qadar.

Lewat artikel berikut, kamu bisa mengetahui dengan lengkap keutamaan dan amalan-amalan di malam Lailatul Qadar. Simak artikelnya sampai selesai dan temukan giveaway berhadiah produk EIGER juga THR voucher belanja.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad Saw, menyebutkan keutamaan Lailatul Qadar. Dalam hadis tersebut Nabi Muhammad Saw menyebutkan bahwa malam ini lebih baik dari seribu bulan. 

1. Malam Kemuliaan 

Keutamaan malam Lailatul Qadar ini juga dikenal dengan “Malam Kemuliaan” atau “Malam Takdir”, yang pastinya memiliki keistimewaan yang luar biasa dalam ajaran Islam. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad Saw menyebutkan bahwa malam ini lebih baik dari seribu bulan. 

Oleh karena itu, ibadah yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar memiliki nilai pahala yang sangat besar di hadapan Allah Swt. Dalam satu hadis Rasullullah Saw juga bersabda siapa saja yang beribadah di 10 malam terakhir bulan Ramadan akan mendapatkan pahala setara dengan beribadah seribu bulan atau lebih dari 83 tahun. 

2. Dosa-Dosa Dapat Terhapus

Terdapat sebuah hadis dari Nabi Muhammad Saw yang menyatakan bahwa dosa-dosa seseorang dapat diampuni pada malam Lailatul Qadar jika dia beribadah dengan sungguh-sungguh. Juga bertaubat dengan tulus dan memohon ampunan kepada Allah. 

Karunia yang luar biasa jika kita bisa merasakan nikmat bertaubat juga beribadah di bulan Ramadan. Namun, penting untuk diingat bahwa ampunan dari Allah tidak hanya tergantung pada satu malam, melainkan merupakan proses yang berkelanjutan sepanjang hidup seseorang, ya Eigerian. 

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadan Ada Disini, #MariKembaliPuasa!

3. Mendapat Keberkahan dan Rezeki

Malam Lailatul Qadar bukanlah hanya sekadar waktu untuk bermunajat dan memohon ampunan, tetapi juga merupakan momen yang diberkahi di mana pintu-pintu rahmat dan rezeki dibukakan oleh Allah Swt. 

Ketika kita menghabiskan malam ini dengan beribadah, tidak hanya hati kita yang mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan, tetapi juga pintu-pintu rezeki yang akan terbuka lebar. Yuk, Eigerian kita maksimalkan kesempatan beribadah ini agar dapat mendapatkan karunia juga berkah dari Allah Swt. 

Daftar Amalan Malam Lailatul Qadar 

Eigerian berikut ini ada beberapa pilihan amalan di malam Lailatul Qadar yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan ibadah di 10 terakhir bulan Ramadan ini. 

1. Shalat Malam

Pada 10 malam terakhir, Rasulullah Saw dan para sahabat tidak tidur. Beliau menghidupkan malam-malam dengan beribadah, shalat, zikir, dan lain-lain hingga waktu fajar.  Ini sejalan dengan hadis yang diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim.

“Rasulullah Saw biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Perbanyak Sedekah

Salah satu amalan malam Lailatul Qadar lainya adalah bersedekah. Berbeda dengan zakat fitrah dan zakat mal, bersedekah pada malam-malam Lailatul Qadar sifatnya dianjurkan. Kamu bisa bersedekah dalam bentuk harta, pangan, pakaian, atau paket sedekah untuk yatim serta dhuafa, dan lain sebagainya.

3. I’tikaf Jadi Amalan Malam Lailatul Qadar

Eigerian, siapa nih dari kamu yang memiliki kebiasaan I’tikaf setiap bulan Ramadan? I’tikaf memang dianjurkan terlebih di sepuluh malam terakhir Ramadan sebagaimana penuturan Abdullah bin Umar RA, Rasulullah Saw beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. (HR. Muttafaq ‘alaih). 

Kamu bisa beribadah mendekatkan diri kepada Allah dengan berdzikir, berdoa, membaca Al-Qur’an, salat sunnah, bershalawat, bertaubat, beristighfar, dan lainnya selama beri’tikaf.

4. Perbanyak Membaca Al-Quran 

Sudahkah kamu membaca Al-Qur’an hari ini? Amalan ringan yang satu ini memiliki keutamaan tersendiri loh di malam Lailatul Qadar.  Malam Lailatul Qadar adalah waktu di mana langit dipenuhi dengan rahmat Allah SWT. Membaca Al-Qur’an adalah cara untuk mengingat dan merenungkan kebesaran-Nya serta merasakan kedekatan spiritual dengan-Nya.

5. Sholat Lailatul Qadar 

Nah, amalan yang satu ini bisa jadi menambah ketakwaan di malam-malam terakhir bulan Ramadan. Sesuai dengan namanya salat ini dilakukan pada saat malam Lailatul Qadar. Sholat Lailatul Qadar dilakukan setelah salat Isya’ dan sebelum salat Subuh. 

Dalam hal ini, Rasulullah Saw juga mengajarkan bahwa pada sepertiga malam terakhir, Allah SWT turun ke langit dunia dan mengabulkan doa, permohonan, serta ampunan bagi hamba-Nya yang memohon dengan tulus dan ikhlas.

Dalam kesibukan sehari-hari seringkali kita melupakan keutamaan malam Lailatul Qadar yang sangat istimewa. Namun, memahami keutamaan malam ini dan melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan dapat menjadi pintu bagi kita untuk mendapatkan berkah dan ampunan dari Allah SWT.

EIGER Ceritakan Keseruan Ramadanmu dan Dapatkan Hadiah Menarik!

amalan malam lailatul qadar

Eigerian, datangnya malam Lailatul Qadar menandakan Ramadan akan segera berakhir. Sebelum meninggalkan Ramadan tahun ini, yuk ceritakan kesan dan pesanmu selama Ramadan. Ada hadiah menarik juga THR voucher belanja untuk kamu yang beruntung. 

Ramaikan kolom komentar dengan ceritamu yang paling berkesan! Dengan format seperti di bawah ini:

nama akun instagram_cerita pengalamanmu #MariKembaliPuasa 

Contoh:

Chairun33R_Aku akhirnya di tahun ini bisa merasakan Ramadan bersama keluarga di kampung halaman. 

Yuk, ikutan giveawaynya dan dapatkan produk pilihan EIGER senilai ratusan ribu rupiah, juga voucher belanja yang bisa kamu gunakan! Kirim ceritamu di kolom komentar sekarang. Giveaway ini berlangsung singkat hanya sampai 5 April 2024.

#MariKembali Rayakan Kebersamaan dengan Produk EIGER Adventure

Nah Eigerian itu tadi informasi lengkap seputar amalan-amalan di malam Lailatul Qadar lengkap dengan keutamaanya. Agar ramadanmu lebih maksimal yuk lengkapi segala kebutuhan untuk menunjang aktivitas selama puasa dengan produk-produk terbaik dari EIGER. Mulai dari botol minum, outfit olahraga, hingga pakaian muslim, semua ada! 

Cek langsung koleksi terbaru EIGER di website Eiger Adventure. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Download appsnya di sini. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

26 COMMENTS

  1. hant2hant_Alhamdulilah di bulan puasa kali ini, saya bisa merasakan masakan ibu di saat berbuka / sahur. memang benar kata orang-orang, masakan ibu adalah masakan paling enak di dunia, yang akan selalu kita rindukan dimanapun kita berada. semoga ibu selalu di beri kesehatan ya bu 🥰
    #MariKembaliPuasa

  2. @_dewinv_serunya ngabuburit & berburu takjil ditengah orang yang ramai, setelah covid 19 berakhir keadaan kembali hangat seperti semula, dimana kita bisa menikmati ramadhan dengan penuh kegembiraan & kebersamaan tanpa batasan jarak & ketakutan berlebih ketika di keramaian #MariKembali Puasa

  3. hant2hant_Alhamdulilah di bulan puasa yang penuh berkah kali ini, saya bisa selalu merasakan masakan ibu yang sangat luarbiasa. emang bener kata orang-orang jika masakan ibu adalah masakan paling enak didunia. Semoga Ibu selalu di beri kesehatan ya Bu 🥰
    #MariKembaliPuasa

  4. @_azsabila_Tahun ini adalah puasa paling berkesan karena bisa melaksanakan puasa dengan kedua orang tua dan tahun ini merasakan bagaimana menjadi anak yang harus menjaga dan melindungi kedua orang tua ketika sudah tidak mampu melakukan aktivitas seperti biasa #MariKembaliBersyukur

  5. lynnntang_ alhamdulillah ramadhan tahun ini berjalan lancar tapi aku sedih aku masih ada diperantauan. untungnya punya temen temen yang bener bener pengertian. buka bersama mereka seneng banget mengobati kerinduan pada keluarga. btw aku lagi nabung buat beli ecosavior guys dari awal tahun 🙂 #MariKembaliPuasa

  6. dadangabdulazis_Ramadhan tahun ini alhamdulillah jadi Ramadhan pertama di rumah milik sendiri. Selama 4 tahun sebelumnya, saya bersama istri dan anak masih ngontrak sambil menabung sedikit-demi sedikit. Alhamdulillah Ramadhan Tahun ini rumah sudah bisa ditempati meskipun belum tuntas 100%. Terharu, bahagia, semoga Allah senantiasa memberi kita rezeki serta kesehatan lahir dan batin. Mari kita saling mendoakan Eigerian. #MariKembaliPuasa

  7. @muh19bal _ alhamdulillah masih bisa diberikan kesehatan untuk kembali melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan ini. Ramadan tahun ini memiliki keseruan yang berbeda dari ramadan tahun lalu. ramadan tahun ini kami sekeluaraga selalu bersama-sama, mulai dari war takjil, buka puasa dan pergi ke masjid untuk solat tarawih bersama. Semoga puasa tahun ini lancar sampai akhir ramadan dan semoga kita dipertemukan kembali dengan bulan ramadan yang akan datang. Berhubung sebentar lagi kita akan merayakan hari raya idul fitri, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir batin. Semoga kita semua kembali kepada fitrah sebagai hamba-hamba Allah SWT.

  8. @dodadsss_Akhirnya untuk Ramadan tahun ini saya punya tekad dan semangat lebih baik dari tahun sebelumnya buat mengejar berkah dan pahala di bulan Ramadan, jauh dari orang tua dan merantau menjadi kendala puasa tahun ini. Tapi harus yakin proses ini dan rencana Tuhan akan lebih baik untuk nantinya 😊 #MariKembaliPuasa

  9. rizal_ristantomo16_Alhamdulillah akhirnya ketemu bulan yang sangat istimewa bulan ramadhan. Ini adalah tahun kedua ramadhan bersama istri, sahur mepet makan seadanya berbuka dengan hal-hal sederhana tentu jadi nikmat tersendiri sekaligus dengan suka dukanya. Menjelang malam lailatul qodar bulan yang lebih baik dari seribu bulan, kami berudua ingin menjemputnya dengan sekaligus ziaroh. Ya, ziaroh adalah ageda rutin setiap tahunnya dengan mengunjungi salah satu makam wali sango yaitu Sunan Ampel (Raden Rahmat) di Surabaya. Kereta api menjadi pilihan karena transportasi yang mudah untuk menuju lokasi. Berbekal segala daya dan upaya WAR tiket pun kami lakukan karena betul-betul enggan melewatkan lailatul qodar tanpa berkunjung kesana. Selain menjadi favorite destinasi dibulan ramadhan, kami berkeyakinan dengan i’tikaf disana, tawassul kepada Nabi Muhammad SAW serta mendoakan beliau-beliau sehingga kami dapat dimudahkan dilancarkan untuk mendapatkan lailatul qodar aamiiin….

  10. sandijunior66_Untuk merayakan kemenangan Ramadhan tahun ini, kami sekeluarga kompak pakai eiger, karena kami berencana pulang kampung sambil camping disekitar kampung halaman… pasti seru
    #MariKembaliPuasa

  11. sandijunior66_merayakan hari kemenangan di Ramadhan tahun ini, kami sekeluarga kompak pakai eiger, karena kami berencana pulang kampung sambil camping

  12. @sitiapaan05 _ jujur aku selalu selalu bahagia ketika bisa kembali di bulan Ramadhan ini, dan kebahagiaanku tahun ini adalah bertambahnya anggota baru di keluarga , ya Aku melahirkan tepat di hari pertama Ramadhan & pas di hari ulang tahunku , masyaallah ini benar benar berkah dari Allah SWT buat aku & keluarga kecilku, dan yang pasti karena kelahiran anakku semua anggota keluarga bisa berkumpul yang dari luar kota pun ada pulang ke rumah kami 🥰 #MariKembaliPuasa

  13. deniamboromukti_Alhamdulillah Ramadhan tahun ini bisa merasakan sahur dan berbuka puasa di atas gunung pundak mojokerto dengan jaket dan tas carier dari eiger. Ini adalah pengalaman menyenangkan pertama kali naik gunung di bulan ramadhan 😊

  14. @nurock__mungkin bisa dibilang bukan kesan Ramadhan tahun ini, tapi di tahun 2018. Ya, karena Ramadhan saat itu saya dan istri bisa berlebaran dengan hampir seluruh keluarga besar saya, awal mula juga berlebaran dengan seluruh keluarga calon istri dan menambah saudara di setiap daerah yang saya kunjungi. Lebaran hari pertama di Jakarta, lebaran dengan keluarga saya, sorenya kami lanjut perjalanan (touring ke desa keluarga besar saya dan istri di Wonogiri, bukan mudik ya tapi touring. Karena saya lahir di Jakarta 😁). Sesampainya disana kami berlebaran dengan keluarga besar istri & saya sendiri sembari sebar undangan pernikahan untuk kerabat di desa. H+1 lebaran niat kami untuk kembali ke Jakarta kami urungkan. Kenapa? Karena kami pikir libur masih panjang, jadi kami lanjutkan perjalanan. Kami pikir, ah sebelum menikah dan punya anak kami ingin touring lebih jauh lagi. Ya, akhirnya kami putuskan lanjutkan perjalanan ke Praya, Lombok. Di sepanjang perjalanan kesana beberapa kali kami disambut oleh teman2 komunitas/klub. Lagi2 sembari sebar undangan & bersilaturahmi dengan kerabat yang lama tidak berjumpa. Seru. Sesampainya di Lombok pun begitu. Kami disambut keluarga besar komunitas motor disana, keluarga baru. Kenapa baru? Karena kami baru kenal mereka dan kami disambut sekali disana. Mungkin terdengar biasa saja, tapi tidak dengan kami. Disana kami diperlakukan sebagai tamu layaknya raja dan ratu. Tidak usah heran, karena bagi teman2 komunitas terutama di daerah yang jauh dari kota besar, mereka sangat bahagia jika ada teman dari komunitas lain berkunjung, terutama dari tempat yang jauh. 3 hari kami habiskan disana. Akhirnya kami berpamitan pulang. Sepanjang perjalanan pulang pun sama, beberapa kali kami disambut kerabat2 komunitas. Hingga akhirnya kami sampai dirumah. Kurang puas rasanya, tapi kami tetap harus pulang, melaksanakan kewajiban (kerja) dan mempersiapkan diri untuk pernikahan kami (1 bulan setelah lebaran). Tahun 2018 adalah tahun dan lebaran paling berkesan untuk kami. Terima kasih

  15. @nurock__mungkin bisa dibilang bukan kesan Ramadhan tahun ini, tapi di tahun 2018. Ya, karena Ramadhan saat itu saya dan istri bisa berlebaran dengan hampir seluruh keluarga besar saya, awal mula juga berlebaran dengan seluruh keluarga calon istri dan menambah saudara di setiap daerah yang saya kunjungi. Lebaran hari pertama di Jakarta, lebaran dengan keluarga saya, sorenya kami lanjut perjalanan (touring ke desa keluarga besar saya dan istri di Wonogiri, bukan mudik ya tapi touring. Karena saya lahir di Jakarta 😁). Sesampainya disana kami berlebaran dengan keluarga besar istri & saya sendiri sembari sebar undangan pernikahan untuk kerabat di desa. H+1 lebaran niat kami untuk kembali ke Jakarta kami urungkan. Kenapa? Karena kami pikir libur masih panjang, jadi kami lanjutkan perjalanan. Kami pikir, ah sebelum menikah dan punya anak kami ingin touring lebih jauh lagi. Ya, akhirnya kami putuskan lanjutkan perjalanan ke Praya, Lombok. Di sepanjang perjalanan kesana beberapa kali kami disambut oleh teman2 komunitas/klub. Lagi2 sembari sebar undangan & bersilaturahmi dengan kerabat yang lama tidak berjumpa. Seru. Sesampainya di Lombok pun begitu. Kami disambut keluarga besar komunitas motor disana, keluarga baru. Kenapa baru? Karena kami baru kenal mereka dan kami disambut sekali disana. Mungkin terdengar biasa saja, tapi tidak dengan kami. Disana kami diperlakukan sebagai tamu layaknya raja dan ratu. Tidak usah heran, karena bagi teman2 komunitas terutama di daerah yang jauh dari kota besar, mereka sangat bahagia jika ada teman dari komunitas lain berkunjung, terutama dari tempat yang jauh. 3 hari kami habiskan disana. Akhirnya kami berpamitan pulang. Sepanjang perjalanan pulang pun sama, beberapa kali kami disambut kerabat2 komunitas. Hingga akhirnya kami sampai dirumah. Kurang puas rasanya, tapi kami tetap harus pulang, melaksanakan kewajiban (kerja) dan mempersiapkan diri untuk pernikahan kami (1 bulan setelah lebaran). Tahun 2018 adalah tahun dan lebaran paling berkesan untuk kami. Terima kasih #MariKembaliPuasa

  16. elissrokayah_Ramadhan kali ini rasanya lebih spesial. Karena, bertambahnya beberapa aktivitas yang hatus dikerjakan. Tapi tetap, harus jaga pergerakan dan asupan juga supaya ibadah lainnya tetap bisa terlaksana dengan maksimal 🫶🏻✨️ #MariKembaliPuasa

  17. evi_kurnia.w 1% pengen beli baju baru 99% pengen ndaki bersamamu. Habis lebaran pengen lihat lautan awan lagi min. Do’ain ada yang mau nemenin. Kemarin-kemarin sama satu temenku cewek ndaki ke mana-mana, sekarang temennya udah jauh.
    Semangat berpuasa semoga kembali suci.
    #MariKembaliPuasa #ramadan

  18. @_f.i.r.d.a_Ramadhan tahun ini sudah di rumah, seneng banget 🥰 tahun kemarin masih di rantau karena kuliah. sekarang bisa sepuasnya makan masakan Ibuk, alias buka dan sahur gausah mikir tinggal ikut ibuk atau request aja 🤭.Tiap ngabuburit pasti naik motor supra bapak yang batoknya geter tapi happy wkwk
    Sayang kalian Ibuk Bapak, sehat-sehat yaa 🫶🏻

  19. rrrhiduan_Alhamdulillah bulan puasa ini bisa berkumpul dengan orangtua, menjalani bulan puasa bareng
    #MariKembaliPuasa

  20. rrrhiduan_Alhamdulillah bulan puasa ini bisa berkumpul dengan orangtua, menjalani buka puasa dan sahur bareng
    #MariKembaliPuasa

  21. Semoga Puasa Ramadhan tahun ini makin menambah keberkahan dan pahala yang penuh berkah selain itu moga menambah penuh silaturahmi dengan keluarga dan penuh berbagi sedekah dan kebahagiaan

  22. @geriidewantara
    walalupun di bulan puasa ramadhan saya berhasil lari 2km perhari mulai dari hari puasa pertama mau sore ataupun pagi dan seiring berjalan waktu mulai terbiasa dan mulai naik perkilo meter nya dan sampai hari ini saya berhasil berlari sejauh 67km target saya selesai puasa nanti udah sampe 100km smoga aja tercapai,, niat nya cuma biar ga lama nunggu waktu buka puasa jadi daripada di anggurin aja dirumah saya isi lah dengan lari eh malah keterusan sampe berkilo kilo hehe,, dan ga cuma lari kadang saya juga bersepeda buat nunggu waktu buka puasa jadi double olahraga nya dari rumah bersepeda ke gor, sampe gor langsung lari sekalian persiapan juga buat ke dempo nanti antara abis lebaran atau ga bulan mei.
    jadi itu aja keseruan saya dalam menunggu dan mengisi waktu buka puasa dengan lari dan bersepeda #Marikembalipuasa

  23. @muh19bal _ alhamdulillah masih bisa diberikan kesehatan untuk kembali melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan ini. Ramadan tahun ini memiliki keseruan yang berbeda dari ramadan tahun lalu. ramadan tahun ini kami sekeluaraga selalu bersama-sama, mulai dari war takjil, buka puasa dan pergi ke masjid untuk solat tarawih bersama. Semoga puasa tahun ini lancar sampai akhir ramadan dan semoga kita dipertemukan kembali dengan bulan ramadan yang akan datang. Berhubung sebentar lagi kita akan merayakan hari raya idul fitri, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir
    dan batin. Semoga kita semua kembali kepada fitrah sebagai hamba-hamba Allah SWT.

  24. hikerryn_berawal dari obrolan pria di tengah malam, kemudian seketika terbesit untuk sahur on the leweung, kita memutuskan ke oray tapa (daerah sindanglaya ke atas) ,kita pun berfikir *emang boleh tiba² datang kesana jam 1 malem ?* ,
    temen ada yg celetuk *aku kenal sama yg punya warung namanya uwa iko*
    langsung gass lah kita 10 motor dari pusdai ke oray tapa, karena kita banyakan dan tengah malam, malah dikira gengster, padahal kita niatnya saur dengan alam 😂 .
    liak liuk jalanan seperti namanya yaitu oray tapa menyerupai ular dan kita pun sampai di tempat .
    kebetulan disambut oleh orang yg jagain tempat tuh, dan dengan Pedenya kita ngomong *uwa iko, saya mau kemping di atas, boleh kan ?* .
    bapak itu pun jawab *siapa uwa iko ?* .
    kita pun saling bertatapan dan menyalahkan orang yg ngakunya kenal .
    hingga akhirnya kita patungan 5rb per orang supaya di izinin naik ke atas dan untuk kemping dengan bermodal matras saja karena ga ada yg punya tenda 😂 .

    saya pun menunggu orang² memasak dan karena ga ada kerjaan saya mendaki sendiri ke atas, ga kerasa ternyata lumayan jauh, sampai teman saya teriak² nyariin, untungnya jalurnya jelas jd saya bisa balik ke tempat, sahur lah kita dengan bala bala, karena ternyata kita cuman bawa bahan gorengan saja ga bawa nasi 😂😂 .

    pas adzan subub malah pada tidur bukannya sholat 😔😔, dingiiiinn banget itu kita cuman tiduran di matras, tp tiba² waku pagi udah ada warga aja yg nyari kayu 😂😂, dengan kondisi linglung kita langsung pulang aja dah daripada kumpul² sama temen di siang hari itu bisa berdampak pada keimanan puasa kita 😂😂😂 #MariKembaliPuasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru