HomeTips & TrickRiding5 Destinasi Touring Off-Road Seru, Berani Coba?

5 Destinasi Touring Off-Road Seru, Berani Coba?

Berbagai cara dicoba dan dilakukan untuk menghilangkan penat, sekaligus mendapat sebuah penyegaran. Salah satu kegiatan yang mungkin bisa Eigerian coba adalah touriong off-road. Seperti touring pada umumnya, hanya saja jalur yang dilewati tidak melulu pada jalanan aspal, justru sebagian besar jalanan tanah dan lumpur atau off-road.

Kegiatan ini tentu memerlukan banyak persiapan. Mulai dari unit motor yang mendukung dengan modifikasi di satu dan lain hal, fisik dan mental, perencanaan jalur dan pemahaman medan, hingga pada dukungan riding gear yang sesuai untuk melindungi Eigerian selama perjalanan.

Baca Juga: Inilah Fungsi Spion Motor yang Perlu Diketahui

Sebelum Touring Off-Road, Simak Dulu Tipsnya

Touring off-road
Sumber: EIGER Adventure

Sebelum melakukan touring pada medan off-road, tentu kamu harus melakukan persiapan yang matang. Beberapa tips yang bisa kamu ikuti antara lain adalah sebagai berikut.

  • Gunakan rute yang sesuai dengan tingkat keterampilan riding-mu dan rombongan. Jangan sampai hanya mengikuti tren dan memilih rute tanpa melihat dulu apakah rute ini bisa dilewati dengan skill sekarang atau tidak
  • Ketahui batas yang motormu punya. Terkadang keberanian dan mental saja tidak bisa melewati trek yang direncanakan tanpa dukungan dari raungan mesin motor dan kapasitas tunggangan
  • Selalu gunakan pakaian dan peralatan berkendara berkualitas, karena ini akan menghindarkan dari berbagai risiko cedera serius
  • Sebelum berangkat, periksa ramalan cuaca. Jika ramalan cuaca menunjukkan kecenderungan hujan artinya medan yang dilalui akan menjadi lebih berat, pertimbangkan hal ini dengan matang
  • Bawa petan dan peralatan navigasi yang bisa diandalkan. Setelah tahu jalurnya, pastikan perjalanan dengan peta dan ikuti petunjuk dari navigasi yang kamu pakai
  • Lakukan dengan berkelompok, tapi jangan terlalu besar. Ingat, selalu berkendara atau touring dalam jumlah ideal agar perjalanan tetap seru dan berkesan
  • Pastikan kamu membawa bahan bakar yang cukup untuk menyelesaikan touring off-road yang akan dilakukan. Jika tidak memungkinkan, maka rencanakan lokasi pengisian bahan bakar yang ideal
  • Pelajari dengan baik teknik berkendara off-road, karena medan yang tidak mulus memerlukan teknik berkendara tertentu yang bisa membuat perjalanan makin nyaman. Setiap medan, seperti medan berbatu, berpasir, hingga berlumpur dan kubangan perlu teknik yang berbeda
  • Selalu nikmati dan hargai alam tempat Eigerian melakukan perjalanan, usahakan hanya meninggalkan jejak seminimal mungkin

Simpel ‘kan?

Rekomendasi Lokasi dan Jalur Touring yang Bisa Dicoba

Touring off-road
Sumber: EIGER Adventure

Sebenarnya cukup banyak lokasi dan jalur touring off-road yang bisa dicoba. Tersebar di berbagai kawasan di Indonesia, berikut sekilas ulasannya.

1. Dieng, Jawa Tengah

Lokasi pertama ada di Dieng. Dikenal dengan dataran tinggi yang indah dan sejuk, ternyata area Dieng juga menawarkan jalur dan medan off-road seru untuk penggemar kuda besi. Sensasi tersendiri akan dirasakan ketika Eigerian melewati Tol Kahyangan.

Kombinasi jalanan datar, berbatu, tanjakan, dan medan lain tersedia sehingga memberikan pengalaman tersendiri ketika dilalui. Selain menikmati perjalanan, kamu juga bisa menikmati keindahan perbukitan dan kebun teh hijau yang terhampar luas.

2. Jalur Off-Road Gunung Merapi

Yang kedua adalah jalur off-road Gunung Merapi. Selain bisa didaki, gunung paling aktif ini juga memiliki jalur yang bisa dilalui dengan menggunakan motor. Jalurnya tidak rata sehingga memberikan banyak tantangan untuk Eigerian.

Jalur ini juga akan melewati rumah juru kunci yang terkenal, Mbah Maridjan, yang ada di Dusun Kinahrejo. Selain itu kamu juga akan melewati Kali Opak yang menjadi jalur lahar hingga 10 kilometer.

3. Gunung Bromo, Favorit Pecinta Motor

Selain Gunung Merapi, Gunung Bromo juga menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk mengeksekusi rencana touring off-road ini. Jalur menanjak dan variasi rintangan yang ada akan membuat pengalaman riding yang seru dan tidak terlupakan.

Kamu juga akan menikmati keleluasaan di lautan pasir Gunung Bromo yang legendaris. Tapi jangan terlena, sebab area ini justru menghadirkan kesulitan tersendiri saat dilalui.

4. Dekat dari Jakarta, ‘Hanya’ 200 Kilometer

Untuk Eigerian yang tidak ingin jauh-jauh dari Jakarta, maka Pantai Sawarna bisa jadi tujuan yang menggoda. Perjalanan ke lokasi ini banyak memberikan pengalaman seru, sehingga populer di kalangan pecinta motor dan touring.

Kombinasi pemandangan laut yang indah dan panorama pegunungan akan menunggumu di akhir perjalanan sebagai upah atas jarak yang kamu tempuh ini.

5. Black Lava Kintamani, Bali

Bisa jadi agenda lain untuk liburan di Bali, Black Lava Kintamani menjadi destinasi selanjutnya untuk touring off-road. Jalurnya berupa lautan pasir hitam yang berasal dari lahar gunung berapi, sehingga memberikan tantangan dan ujian pada teknik bermotor.

Masih banyak spot lain yang sebenarnya bisa dicoba, tapi setidaknya lima destinasi ini bisa jadi referensi untuk Eigerian dan komunitas motor misal ingin mencoba touring dengan nuansa berbeda.

Dukung dengan Perlengkapan Solid, EIGER Adventure Jawabannya

EIGER Adventure sebagai sebuah brand kenamaan dalam kegiatan luar ruang menyediakan ragam produk yang bisa kamu gunakan dalam mendukung perjalanan ini. Tanpa berlama-lama lagi, ini beberapa riding gear yang wajib kamu pakai saat mengeksekusi rencanamu.

EIGER Vecchio FF Helmet

Touring off-road
Sumber: EIGER Adventure

Sebenarnya tidak praktis sebagai helm off-road, tapi bisa jadi opsi untuk melengkapi perjalananmu. Pelindung kepala ini dibuat dari material ABS High Impact Thermoplastic, sehingga memiliki daya tahan yang kuat. Harganya adalah Rp1,129,000.

J.Touring Aero 2

Touring off-road
Sumber: EIGER Adventure

Produk jaket yang satu ini bisa kamu pakai untuk riding dan memberikan kenyamanan. Selain itu warnanya yang mencolok juga memudahkan rombongan dalam mengidentifikasi pergerakan yang kamu lakukan. Harganya adalah Rp2,000,000.

G.Knuckle Megane Ride

touring off-road
Sumber: EIGER Adventure

Produk sarung tangan ini memberikan proteksi maksimal pada bagian tangan dengan desain full. Lapisan luarnya terbuat dari bahan kulit sintetis tebal, yang bisa melindungi dari terpaan angin dan kerikil. Harganya adalah Rp210,000.

Avenue Sunglasses RD

Touring off-road
Sumber: EIGER Adventure

Untuk melindungi bagian mata, google ini bisa jadi opsi menarik. Dengan lensa PC, produk ini akan melindungi mata dari radiasi UVA dan UVB. Mudah digunakan dengan pengaturan strap anti slip, harganya adalah Rp450,000.

Selain beberapa rekomendasi produk ini, kamu bisa menambahkan protektor bahu dan lutut, kemudian sepatu yang bisa melindungi dari cipratan air, celana yang cukup tebal, dan tas tambahan untuk motor guna membawa berbagai barang. Produk-produknya bisa dengan mudah kamu temukan di store resmi EIGER Adventure terdekat.

Baca Juga: Aturan dan Cara Membawa Barang Banyak di Motor 

Itu tadi sekilas tentang aktivitas touring off-road yang bisa dibagikan. Mulai tertarik? Kamu bisa merencanakannya mulai sekarang, dan mencari produk riding gear langsung di EIGER Adventure Store atau mobile apps EIGER Adventure yang bisa ditemukan di Play Store dan App Store. Produknya lengkap dan dijamin ori, serta kamu bisa mendapatkan benefit promo harga terbaik dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Semoga berguna, dan selamat bertualang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru