HomeTips & TrickRiding5+ Efek Naik Motor Jarak Jauh, Yuk Pahami Bersama!

5+ Efek Naik Motor Jarak Jauh, Yuk Pahami Bersama!

Jika memang kamu sudah jatuh cinta dengan riding, maka jarak yang jauh tidak lagi jadi masalah. Dengan persiapan yang matang dan riding gear yang berkualitas, naik motor jarak jauh justru jadi hal yang nikmat. Tapi yang perlu kamu sadari adalah bahwa ada efek naik motor jarak jauh jika dilakukan terus menerus dan berkepanjangan.

Sebagai seorang pengendara dan petualang, riding atau touring sering jadi waktu berkualitas yang dimiliki. Baik dalam rangka refreshing atau kegiatan penting seperti mudik dan arus balik misalnya, sensasi yang dinikmati di jalanan akan tetap serupa.

Baca Juga: Apa Saja Hak dan Kewajiban di Jalan Raya? Cari Tahu Yuk!

Efek Naik Motor Jarak Jauh Berkepanjangan

Efek naik motor jarak jauh
Sumber: freepik.com

Jika dilakukan sesekali, efek yang dirasakan mungkin tidak akan terlalu besar. Tapi ketika hal ini dilakukan terus menerus dan berkepanjangan, tentu tubuh akan merasakan efek yang cukup signifikan.

1. Mengganggu Metabolisme Tubuh

Efek naik motor jarak jauh yang pertama akan dibahas adalah gangguan pada metabolisme tubuh. Berkendara membuatmu harus berada di posisi duduk yang sama dalam waktu cukup lama, tanpa adanya gerakan fisik signifikan.

Kadar kolesterol baik dapat menurun karena hal ini, kemudian disertai dengan kadar gula darah dalam tubuh yang yang terdampak.

2. Konjungtivitis

Kondisi ini adalah istilah untuk peradangan yang terjadi pada konjungtiva atau laipsan transparan terluar pada bola mata, yang bertugas melindunginya. Kondisi bisa dialami untuk rider, jika tidak menutup wajah dengan kaca helm atau kaca mata yang layak.

Paparan polusi dan debu yang terus menerus menghajar bagian mata akan jadi penyebab utamanya, sehingga memicu kondisi peradangan di bagian tersebut.

3. Low Back Pain

Selanjutnya adalah rasa nyeri di punggung bagian bawah. Efek ini muncul ketika posisi duduk terlalu lama, sehingga otot di bagian punggung bawah menjadi nyeri. Sebenarnya low back pain sendiri tidak hanya terjadi karena berkendara, tapi duduk terlalu lama.

Well, ketika berkendara kamu praktis akan berada di posisi duduk selama perjalanan, dan hal ini yang jadi penyebab utama munculnya gangguan kesehatan tersebut.

4. Heat Stroke

Heat stroke adalah salah satu jenis hipertermia, yang ditandai dengan terjadinya peningkatan suhu tubuh secara drastis. Risiko kondisi ini cukup tinggi ketika kamu melakukan perjalanan arus mudik atau arus balik dengan motor, sebab di siang hari suhu udara bisa melebihi batas toleransi tubuh (sekitar 40 derajat Celcius).

Gejala lain bisa muncul dalam bentuk pusing, sakit kepala, mengalami kram otot, jantung berdebar lebih kencang, hingga kejang dan pingsan.

5. Infeksi Saluran Kemih

Menahan buang air kecil atau besar dapat menjadi sumber masalah lain yang memicu gangguan kesehatan jika kamu berkendara jarak jauh terlalu lama. BAK dan BAB yang ditahan akan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan gangguan lain seperti sulit BAB.

Tentu saja ketika gangguan kesehatan ini sudah muncul, efeknya akan sangat tidak nyaman dan cukup merepotkan dari segi perawatan.

Selain lima poin di atas, beberapa hal lain juga bisa muncul sebagai efek naik motor jarak jauh, baik dalam rangka touring, mudik, hingga arus balik. Seperti misalnya kelelahan, dehidrasi, masalah kulit, risiko cedera selama perjalanan, hingga alergi.

Adakah Tips Aman dan Sehat untuk Perjalanan Jarak Jauh?

Efek naik motor jarak jauh
Sumber: freepik.com

Mungkin sebagai penggemar sepeda motor, kamu punya beberapa rutinitas yang dilakukan sebelum berkendara jarak jauh. Namun beberapa tips dasar agar perjalanan jarak jauh nyaman dan aman juga bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Pastikan kondisi motor, menjadi hal wajib yang dilakukan sebelum perjalanan, memastikan kondisi motor dalam keadaan prima harus jadi prioritas. Pastikan setiap komponen siap untuk diajak berkendara jarak jauh, untuk meminimalisir risiko terjadinya kerusakan saat perjalanan
  • Persiapkan kondisi fisik dan mental. Selain memastikan kondisi kendaraan, jelas kamu harus mempersiapkan fisik dan mental. Diperlukan tenaga dan ketenangan yang stabil selama perjalanan, agar kamu bisa tetap berkonsentrasi di jalan dan sampai ke tujuan dengan selamat. Jangan begadang sebelum perjalanan, pastikan konsumsi makanan bernutrisi, cukup asupan cairan, dan jauhkan stres agar kondisi mental juga aman selama perjalanan
  • Pantau informasi arus lalu lintas terkini. Penting agar kamu bisa menyiapkan diri menghadapi arus lalu lintas, kamu bisa memanfaatkan berbagai media untuk melihat kondisi lalu lintas terkini. Selain itu tips ini juga penting agar kamu tidak ketinggalan informasi seputar rekayasa lalu lintas yang sering diberlakukan sebagai bentuk adaptasi pada keadaan yang ada
  • Patuhi rambu lalu lintas yang berlaku. Sebenarnya hal ini adalah poin mendasar ketika kamu naik motor jarak jauh atau dekat, sebab rambu yang tersedia ditujukan untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban berkendara. Jangan sampai melakukan pelanggaran, sebab selain harus direpotkan dengan administrasi kamu juga berisiko mengalami hal yang tidak diinginkan
  • Buat interval yang jelas antara perjalanan dan waktu istirahat. Beberapa pihak merekomendasikan untuk mengambil waktu istirahat secara berkala. Misalnya setiap tiga jam perjalanan, sempatkan waktu istirahat sejenak untuk meregangkan otot, buang air kecil dan buang air besar, makan dan minum, serta mendinginkan mesin motor. Meski tidak terlalu lama, waktu istirahat ini bisa  membantu menjaga kondisi tubuh dan mesin motor tetap stabil
  • Gunakan riding gear yang memadai agar perjalanan terlindung dan nyaman. Produk seperti ini mudah ditemukan pada brand ternama yang memiliki lini produk tersebut. Lengkap dan berkualitas, pemilihannya tentu tidak terlalu sulit dilakukan

Fokus pada jalan yang kamu hadapi, dan jaga konsentrasi setiap saat

Baca Juga:  Helm Retro yang Trendy, Begini Ciri-Ciri dan Tips Memilihnya

Setelah tahu efek naik motor jarak jauh dan tips berkendara aman dan nyaman selama perjalanan, tentu kamu juga memerlukan dukungan penuh dari produk-produk riding gear berkualitas, seperti yang ditawarkan oleh EIGER Adventure. Untuk mendapatkan produknya, kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru