HomeTips & TrickRidingCara Belajar Naik Motor agar Cepat Mahir, Ini Triknya!

Cara Belajar Naik Motor agar Cepat Mahir, Ini Triknya!

Di umur berapa Eigerian bisa naik sepeda? Konon katanya, seseorang yang mahir naik sepeda akan lebih mudah naik motor. Kunci kesamaan kedua kendaraan itu adalah soal keseimbangan. Jika benar demikian, lalu bagaimana cara belajar naik motor agar cepat mahir bagi mereka yang tidak bisa naik sepeda? Karena terlihat serupa, kita mungkin akan menjadi ragu apakah bisa mengendarai motor tanpa harus bisa menggunakan sepeda? Kabar baiknya, kita tetap bisa belajar mengendarai motor dengan cara belajar yang tepat, kok!

Mampu mengendarai motor memang bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan nilai plus. Pasalnya, kemampuan mengendarai motor akan memudahkan kita untuk beraktivitas tanpa perlu bergantung pada kendaraan umum, serta dapat mempersingkat waktu perjalanan. Bentuknya yang kecil ringkas mampu menerobos hiruk-pikuk padatnya jalanan di perkotaan. Tak heran, banyak yang ingin tahu bagaimana cara belajar naik motor agar cepat mahir. Langsung saja intip tips di bawah ini, yuk

Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Mahir Bagi Pemula

cara belajar naik motor agar cepat mahir

Supaya lebih cepat mahir dalam mengendarai motor, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan.

1. Pastikan Sudah Cukup Umur! 

Cara belajar naik motor agar cepat mahir pertama yang wajib diperhatikan adalah soal umur. Pastikan umur kita telah mencukupi sesuai dengan aturan yang berlaku dalam mengendarai motor di jalan raya. Hal ini diperlukan karena dalam mengendarai motor perlunya kedewasaan mental dan emosi yang terkontrol. Jika umur kita telah mencukupi, maka kita pun bisa mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM).

2. Belajar dengan Orang yang Berpengalaman

Cara belajar naik motor agar cepat mahir yang paling aman dan mendasar adalah menemukan orang atau partner yang tepat. Pastikan kita menemukan orang yang benar-benar kompeten dan mahir, serta paham untuk selalu mendampingi kita dalam belajar mengemudikan sepeda motor. Hal ini bertujuan supaya orang tersebut selalu sigap dan bisa diandalkan untuk mengambil tindakan cepat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Meskipun belajar naik motor dengan membonceng partner cukup menyulitkan karena terdapat bobot yang mesti dikendalikan, namun hal itu adalah hal positif karena dapat memacu kita untuk langsung belajar pada medan dan kondisi yang sulit. Jika kita dapat melewati medan sulit, pastinya kita akan sangat mudah untuk masuk pada tahapan berikutnya yang lebih ringan.

3. Belajar Teknik, Mekanisme, dan Hal Dasar Motor

Cara belajar naik motor agar cepat mahir kedua yang dapat dilakukan adalah memahami dasar, fungsi, jenis, dan karakteristik motor terlebih dahulu sebelum memulai. Perlu kita ketahui  bahwa terdapat tiga jenis motor umum yang ada yaitu motor matic, motor bebek, dan motor kopling. Kita harus menguasai teori dan teknik dasar dari ketiga jenis motor tersebut. Selanjutnya barulah kita belajar mengenai teknik mekanismenya seperti teknik dan cara  memutar gas, serta pengereman. 

Kita pun perlu belajar bagaimana memegang setang motor. Caranya, pegang setang motor menggunakan empat jari, sedangkan posisi jempol ada di bawah. Hindari untuk meletakkan tangan pada ujung setang karena genggaman akan mudah terlepas jika bertemu guncangan atau serangan panik. 

Lalu, cobalah untuk menggerakkan setang motor ke kanan dan kiri untuk mengenalinya. Baru selanjutnya cobalah mendorong motor ke depan menggunakan kedua kaki, setelah itu tarik tuas rem. Kita bisa melakukannya secara berulang sambal membelokan setang. Kita pun bisa belajar memutar-balikkan motor dengan cara membelokkan setang sambil memaju-mundurkan motor. Latihan ini sangat berguna untuk melatih keseimbangan.

Jika dipastikan sudah memahami teknik dan mekanisme dasarnya, kita pun perlu mempelajari tentang peraturan, rambu-rambu lalu lintas, serta garis markah jalan. Hal ini wajib dipahami supaya kita selalu berkendara dalam posisi dan kondisi aman di jalan raya.

Baca juga: 5 Tips Mengendarai Motor Kopling yang Aman untuk Pemula

4. Belajar di Jalanan yang Sepi 

Jika kita sudah memahami teori dan pemahaman tentang mekanisme, teknik dasar, serta peraturan lalu lintas, barulah selanjutnya kita melakukan praktik dengan mengendarai motor secara langsung. Pastikan sebelum memulainya, kita mencari tempat aman yang baik dan proper untuk memulai latihan, seperti halnya lapangan atau tanah kosong. Ketika sudah cukup mahir bermanuver di jalanan sepi dan kosong, maka kita bisa mulai dengan terjun di jalan yang sedikit ramai. Hal itu berguna untuk melatih mental dan menyesuaikan diri kita dengan kondisi jalanan sekitar.

Baca juga: 8 Cara Merawat Ban Motor Agar Selalu Dalam Kondisi Optimal

Perlengkapan Naik Motor Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

cara belaja rnaik motor agar cepat mahir

Jika sudah mengetahui cara naik motor agar cepat mahir, saatnya menyiapkan segala perlengkapan untuk berkendara. Cek daftarnya di bawah ini:

  • Helm berstandar SNI. 
  • SIM dan STNK. 
  • Pakaian yang nyaman digunakan. Sebaiknya pilih pakaian yang tertutup supaya dapat melindungi tubuh kita secara keseluruhan. 
  • Jangan lupa pakai jaket motor untuk melindungi tubuh dari terpaan angin. 
  • Sepatu outdoor juga diperlukan untuk melindungi kaki kita selama naik motor. 
  • Sarung tangan. Pilih sarung tangan yang fit ke tangan, berbahan kuat dan tidak licin, supaya proses memutar grip gas dapat berjalan dengan lancar. 
  • Body protector. Protektor sangat berguna untuk menghindarkan cedera pada bagian tulang jika terjadi kecelakaan. Kita bisa menggunakan protektor ini secara lengkap, seperti elbow dan knee protector. 
  • Kacamata. Penggunaan kacamata akan melindungi mata dari sinar matahari, mencegah kerusakan mata, mencegah penyakit mata, dan terhindar dari paparan debu.

EIGER punya Series Day Ride berupa perlengkapan riding berkualitas untuk menunjang kenyamanan dan keamanan kita selama naik motor. Langsung saja cek koleksi yang #PastiMakinAsyik selengkapnya, di website Eiger Adventure Official.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments