HomeTips & TrickMountaineering10+ Peralatan Mendaki Gunung Wajib Dibawa, Simak Daftar dan Rekomendasinya!

10+ Peralatan Mendaki Gunung Wajib Dibawa, Simak Daftar dan Rekomendasinya!

Mendaki gunung menjadi kegiatan seru yang banyak diminati masyarakat. Mengingat gunung di Indonesia sendiri sangat banyak yang bisa dijelajahi, pegiat kegiatan ini seperti tidak pernah kehabisan lokasi untuk berpetualang. Namun, pendakian ini akan lebih optimal jika didukung dengan peralatan mendaki gunung berkualitas dan lengkap.

Tapi sebenarnya apa saja sih peralatan mendaki gunung yang wajib dibawa saat pendakian?

Nah untuk kamu yang baru ingin mulai menekuni bidang ini, kamu bisa melihat beberapa peralatan yang wajib dibawa saat pendakian. Tidak berarti semua harus dibawa satu orang, namun dalam satu kelompok pendakian barang-barang ini harus ada guna menunjang kegiatan pendakian yang dilakukan.

Maka tak perlu berpanjang lebar lagi, mari simak peralatan mendaki gunung yang wajib dibawa, serta rekomendasinya langsung dari Eiger Adventure!

Baca Juga : Persiapan Naik Gunung yang Perlu Diperhatikan Pendaki Pemula

1. Tenda, dengan Ukuran dan Kapasitas Secukupnya

peralatan mendaki gunung
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jelas untuk melakukan kegiatan pendakian, terlebih dengan rencana mendirikan camp, sebuah rombongan perlu membawa tenda. Tenda sendiri memiliki banyak ukuran, mulai dari tenda dengan kapasitas 2 orang, hingga dengan kapasitas besar.

Sesuaikan ukuran tenda dengan jumlah rombongan yang turut dalam aktivitas pendakian. Jika memungkinkan, bawa tenda dengan ukuran sedikit lebih besar karena setiap orang memiliki barang bawaan masing-masing.

Jangan sampai lupa bahwa tenda di sini juga berarti semua perlengkapannya, pasak, alas, pelapis luar, hingga tali untuk mendukung pemasangan tenda yang baik dan nyaman.

2. Perlengkapan Memasak untuk Mengolah Perbekalan

Asupan makanan menjadi penting untuk mendapatkan energi dan nutrisi selama melakukan pendakian. Makanan ada yang berupa makanan siap saji atau yang perlu dimasak dahulu. Maka perlengkapan memasak dibutuhkan untuk mengolahnya. 

Peralatan masak ini biasanya cukup dibawa satu orang saja, untuk rombongan tiga atau empat orang pendaki. Namun untuk lebih banyak pendaki, kamu bisa membawa setidaknya dua set peralatan masak, sehingga makanan bisa lekas diolah dan dimakan tepat waktu.

Kamu bisa mendapatkan perlengkapan memasak dari Eiger Adventure dengan klik di sini untuk melihat produknya.

3. Tas Carrier atau Daypack dan Sejenisnya

peralatan mendaki gunung
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Setelah dua peralatan mendaki gunung di atas adalah kebutuhan bersama, mari masuk ke jenis kebutuhan setiap orang. Carrier atau daypack menjadi tas utama yang akan digunakan membawa berbagai jenis barang lain.

Kamu bisa memilih kapasitas dan jenisnya dari kebutuhan yang kamu miliki. Untuk pendakian dalam waktu singkat, pilih tas dengan kapasitas yang tidak terlalu besar karena bawaan tidak akan terlalu banyak, demikian pula sebaliknya.

Pastikan tas yang kamu gunakan berkualitas dan memiliki desain tepat. Semakin nyaman tas saat digunakan, maka semakin nyaman pula perjalanan yang kamu lalui dalam pendakian karena bahu tidak akan lekas merasa lelah atau pegal.

4. Pakaian Lengkap

Kaos, celana, jaket, penutup kepala, sarung tangan, kaos kaki, serta pakaian tambahan lain yang diperlukan, wajib dibawa sesuai dengan kondisi gunung dan jangka waktu pendakian yang akan dilakukan.

Sangat direkomendasikan untuk membawa beberapa pakaian cadangan, sebab jika basah kamu bisa dengan mudah berganti pakaian. Pakaian yang kering dan nyaman digunakan juga sangat mendukung kegiatan pendakian karena sirkulasi udara akan berjalan baik sehingga tubuh berada dalam kondisi optimal saat mendaki.

Pastikan semua pakaian yang dibawa bisa menjalankan fungsinya. Jangan lupa juga untuk membawa jaket atau pakaian penghangat lain, untuk berjaga-jaga pada kondisi suhu rendah ketika pendakian semakin tinggi.

5. Sepatu Pendakian, Peralatan Mendaki Gunung Wajib

peralatan mendaki gunung
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah selanjutnya untuk perlengkapan peralatan mendaki gunung yang wajib digunakan adalah sepatu pendakian. Sepatu pendakian memiliki karakter khas, dengan sol bagian bawah tebal dan bagian dalam empuk.

Selain itu, body dari sepatu ini biasanya cukup tebal sehingga dapat menjaga suhu bagian kaki, namun tetap memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga keringat yang muncul tidak terperangkap dan memicu iritasi.

Beberapa produk yang bisa kamu pilih antara lain Tiger Claw dan Yacare yang memiliki kualitas tinggi dan cocok untuk pendakian.

6. Matras dan Sleeping Bag

Keduanya akan sangat berguna membantu kamu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Matras diletakkan sebagai alas duduk atau alas berbaring saat di dalam tenda, sehingga kamu bisa merasa nyaman meski area tempat kamu mendirikan tenda cukup berbatu.

Sedangkan sleeping bag sendiri bisa membantu menghangatkan tubuh saat beristirahat, sehingga suhu dingin di luar tenda bisa sedikit lebih ramah terhadap tubuh. Di sisi lain, sleeping bag juga akan membantu kamu merasa nyaman saat berbaring karena busa yang ada di bagian dalamnya.

Untuk matras dan sleeping bag sendiri kamu bisa menggunakan Matras Cacing atau Dreampad Mattress Mat and Cot. Sedangkan produk sleeping bag kamu bisa menggunakan Lake Side Sleeping Bag, Sea to Summit Reactor Thermolite Plus, atau Sleep Sack 600 Sleeping Bag.

7. Trekking Pole untuk Membantu Distribusi Beban

peralatan mendaki gunung
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Selanjutnya adalah trekking pole. Peralatan mendaki gunung ini diperlukan untuk membantu dalam distribusi beban yang kamu bawa, sehingga bagian kaki tidak akan terlalu besar tekanannya. Trekking pole sendiri bisa membantu pembagian beban saat berjalan ke bagian tangan.

Penggunaannya belakangan mulai populer karena pada dasarnya bisa membantu meringankan beban di bagian kaki. Kamu bisa memilih produk yang tepat dan berkualitas, dengan melihat rekomendasinya di artikel terkait.
8. Gaiters, Perlengkapan Tambahan Menunjang Pendakianmu

Walaupun masih dianggap sepele, gaiters menjadi peralatan yang diperlukan saat mendaki gunung, khususnya saat kamu melewati medan berpasir, semak-semak berduri, dan hewan melata berbahaya. 

Perangkat ini sendiri berfungsi untuk melindungi area lutut bagian bawah dari semak tajam, tebing yang tajam, serta membantu melindungi sepatu dari risiko masuknya kerikil.

Di samping itu untuk pendakian di malam hari, gaiters juga bisa membantu menghangatkan bagian kaki. Peralatan ini bisa masuk ke dalam peralatan opsional.

9. Senter atau Headlamp, Peralatan Mendaki Gunung yang Tak Boleh Ketinggalan

peralatan mendaki gunung
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Pendakian umumnya akan berjalan dalam waktu yang cukup lama, dan kamu pasti menemui malam saat agenda pendakian dilaksanakan. Membawa senter atau headlamp menjadi penting untuk membantu penerangan selama perjalanan atau ketika kamu dan rombongan mendirikan tenda.

Pastikan senter atau headlamp yang kamu bawa sudah memiliki daya penuh dan memiliki fitur water resistant dalam kadar tertentu. Hal ini akan membantu optimalnya penggunaan alat tersebut untuk menjadi sumber cahaya, sehingga memudahkan kegiatan selama pendakian berlangsung. 

10. Survival Kit dan Kantong Sampah

Last but not least adalah peralatan survival kit dan kantong sampah yang jadi item wajib dibawa saat mendaki gunung. Survival kit sendiri akan terdiri dari cukup banyak barang, yang menjadi persediaan darurat jika terjadi keadaan yang tidak terduga.

Sedangkan trash bag akan berguna untuk mengumpulkan sampah yang dihasilkan selama pendakian. Untuk turut serta dalam upaya melestarikan alam, kebersihan area gunung wajib jadi prioritas. Semua sampah dikumpulkan dan dibuang ke lokasi yang sudah ditentukan oleh pengelola.

Baca Juga : Mengenal Seven Summit Indonesia, Puncak Tertinggi Gunung Di Bumi Pertiwi 

Ternyata cukup banyak ya peralatan mendaki gunung yang harus dibawa untuk menunjang kelancaran pendakian? Namun tak perlu cemas, peralatan di atas bisa disesuaikan dengan kegiatan pendakian yang akan dilakukan, sehingga tidak kemudian setiap pendakian harus membawa semua item yang disebutkan di atas.

Sedikit informasi mengenai peralatan mendaki gunung di atas semoga bisa jadi info berguna. Temukan semua peralatan terbaik di website Eiger Adventure official, dan maksimalkan kegiatan pendakian kamu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments