HomeNews & InfoEIGER EventGunung Tambora, NTB – Kilas Balik Ekspedisi 28 Gunung

Gunung Tambora, NTB – Kilas Balik Ekspedisi 28 Gunung

Gunung Tambora mewakili Nusa Tenggara Barat dalam Ekspedisi 28 Gunung yang dilaksanakan oleh Eiger Adventure tahun 2017 silam.

Terletak di 8°15’0” LS : 118°0’0” BT tepatnya di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Gunung Tambora merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.850 mdpl.

Pada tahun 1815, gunung ini mencatat sejarah dengan letusan dahsyatnya yang menelan sebanyak 71.000 korban jiwa. Letusan yang luar biasa hebat itu kemudian menyisakan kaldera yang nyaris berbentuk lingkaran sempurna dengan diameter mencapai lebih dari 7 km.

Kaldera hasil letusan Gunung Tambora adalah kaldera terdalam di dunia yang mencapai sekitar 1,4 km dari titik tertingginya. Keindahan kaldera yang sangat mengagumkan ini membuat para ahli gunung api memberinya julukan “The Greatest Caldera in Indonesia“.

Gunung Tambora

EKSPEDISI 28 GUNUNG DI TAMBORA

EIGER GN. TAMBORA T-SHIRT EDISI SPESIAL

Pada tahun 2017 silam, Eiger Adventure menyelenggarakan Ekspedisi 28 Gunung. Ekspedisi 28 Gunung merupakan salah satu momentum spesial bagi EIGER untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda di 28 titik tertinggi nusantara.

Pada ekspedisi tersebut terdapat 28 tim yang menjelajah kemegahan 28 kawasan gunung di Indonesia dari ujung Sumatera hingga Papua. Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat, menjadi salah satu lokasi pendakian dalam Ekspedisi 28 Gunung di wilayah Indonesia bagian Timur.

TIM EKSPEDITOR TAMBORA

Terdapat lima jalur pendakian untuk menuju puncak Gunung Tambora, yaitu melalui Desa Pancasila, Doropeti, Kawinda Toi, Piong dan Doro Ncanga. Ekspedisi yang diikuti oleh tim Eiger dan komunitas pencinta alam setempat, yaitu Nurul Ilmi Darajatullah, Julianto Prastyawan, Arianda, Abd Haris Agam (Korpala Unhas Makassar), dan Imam Firmansyah (Mapala Fakultas Biologi IKIP Mataram).

Tim ekspeditor menempuh perjalanan selama 4 hari 3 malam melalui jalur Doropeti. Jalur tersebut dipilih karena jarang sekali di gunakan untuk pendakian Gunung Tambora pada umumnya.

EIGER MEKONGGA X28 HAT

EIGER MEKONGGA X28 HAT - TOPI RIMBA

Tim ekspeditor juga dilengkapi topi Mekongga yang dirancang khusus untuk ekspedisi ini. Topi yang namanya diambil dari salah satu nama gunung di Sulawesi Tenggara ini memiliki bagian mesh untuk keluar-masuknya udara. Selain itu, topi rimba ini juga dilengkapi dengan teknologi Tropic Dry yang membuatnya cepat kering.

EIGER GN. TAMBORA T-SHIRT EDISI SPESIAL

EIGER GN. TAMBORA T-SHIRT EDISI SPESIAL

Pada tahun 2021 ini Eiger kembali meluncurkan t-shirt edisi spesial Ekspedisi 28 Gunung. Eiger Gn. Tambora T-shirt merupakan salah satu kaos Eiger edisi spesial yang bisa kamu miliki. T-shirt ini memiliki sablon grafis bertuliskan nama TAMBORA yang termasuk kedalam Ekspedisi 28 Gunung. Setiap t-shirt dibanderol dengan harga Rp 159.000.

Kaos warna merah berlengan pendek dengan kerah corong ini terbuat dari bahan katun combed 24’s, nyaman digunakan untuk kegiatan mountaineering, ataupun untuk dipakai sehari-hari. Kaos ini pas untuk pria ataupun wanita dan dipesan mulai dari ukuran S sampai dengan XXL.

Ingin memiliki t-shirt edisi spesial Ekspedisi 28 Gunung ini? Kini Eigerian sudah bisa melakukan pemesanan secara pre-order dengan promo menarik di web eigeradventure.com lho!

Yuk kenali lagi ke-28 puncak gunung yang dijelajahi pada Ekspedisi 28 Gunung dan koleksi semua varian t-shirt edisi spesial ini! Untuk informasi lebih lanjut tentang pemesanan t-shirt edisi spesial Ekspedisi 28 Gunung, Eigerian dapat membaca syarat ketentuan pemesanan terlebih dahulu atau dapat pula menghubungi Customer Service kami.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments