HomeTips & TrickRidingCara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin, Lebih Praktis

Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin, Lebih Praktis

Bagi kamu pecinta riding, pasti dituntut harus selalu memperhatikan perawatan motor secara berkala. Selain untuk menjaga keawetan mesin perawatan secara berkala juga mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan terjadi saat berkendara. Harus jeli dan teliti saat merawat motor ya Eigerian. Salah satu kerusakan pada motor yang cukup sering terjadi adalah motor ngebul.

Ini berbahaya lho Eigerian, bisa mengganggu pengendara lain yang bukan tidak mungkin berujung pada kecelakaan. Motor ngebul juga bisa sebabkan performa motor terganggu loh. Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin lewat artikel di bawah ini.

Jadi Apa Penyebab Motor Ngebul?

Baik bagi pengendara motor lain, atau diri sendiri, kepulan asap motor pasti mengganggu. Selain karena pandangan jadi terbatas, kepulan asap ini juga menimbulkan polusi yang berlebih. Ada berbagai penyebab motor ngebul cukup beragam dan bisa berkaitan dengan berbagai faktor. Cara mengatasi dan solusinya pun demikian, tergantung pada penyebabnya.

Kepulan asap motor seringkali membuat tidak nyaman, baik bagi diri sendiri maupun untuk pengendara lain. Motor yang ngebul tersebut bisa disebabkan oleh adanya gangguan di dalam komponen mesin.

Berikut  ini penyebab motor ngebul serta cara mudah mengatasinya yang perlu dipahami oleh pengendara.

  1. Kebocoran Pada Seal Katup

Jalan keluar masuknya udara ke ruang pembakaran pada mesin motor disebut Seal Katup. Namun, seal katup tidak bisa berjalan secara maksimal apabila komponen ini mengalami pengerasan, akibatnya terjadi kebocoran. Biasanya ini terjadi karena pemakaian motor yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Seal katup yang bocor hanyalah salah satu alasan kenapa motor bisa ngebul. Simak penyebab lainya!

  1. Oli Mesin Yang Encer

Kapan terakhir Eigerian mengganti Oli mesin? Jika tidak pernah diganti, kondisi oli mesin akan menjadi kotor atau bahkan habis. Jika seperti itu oli tidak bisa  melumasi mesin pada saat proses pembakaran. Karena tingkat keenceran oli motor yang digunakan juga akan mempengaruhi kinerja mesin. Penggantian oli motor harus dilakukan secara rutin selama dua bulan sekali atau ketika sudah mencapai jarak 1500 km.

  1. Tune Up Mesin Berlebihan

Penyebab lain motor ngebul adalah tune up mesin yang berlebihan. Hal ini terjadi dikarenakan pengaturan yang tidak sesuai dengan mesin. Ini bisa memperberat kinerjanya. Jika Eigerian ingin meningkatkan performa motor harus tetap memperhatikan kapasitas mesin. Solusi terbaik untuk mengatasi motor ngebul karena kesalahan tune up ini adalah mengembalikan standar pengaturan sesuai performa mesin.

Baca juga: 5 Inspirasi Style Sunmori yang Keren Maksimal

Jadi, Bagaimana Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin? 

Demi kelancaran beraktivitas, Eigerian harus selalu memperhatikan selalu kondisi motor ya. Berikut ini ada cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin yang mungkin bisa kamu aplikasikan:

  1. Ganti Oli Motor 

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin adalah mengganti oli motor dengan yang baru. Penggantian oli motor harus dilakukan secara rutin selama dua bulan sekali atau ketika sudah mencapai jarak 1500 km. Di samping itu, perhatikan pula tingkat kekentalan oli motor tersebut.

  1. Membersihkan ruang pembakaran 

Motor berusia tua sering kali terkena masalah ini karena ruang pembakaran yang sudah lapuk. Maka dari itu rajinlah membersihkan keraknya. Selain itu sangat dianjurkan untuk mengisi bahan bakar yang sesuai dengan karakteristik mesin motor

  1. Melepas Knalpot

Cobalah melepas knalpot, lalu hidupkan mesin. Apabila motor tidak lagi mengeluarkan asap berwarna putih, tandanya Anda harus mengganti knalpot atau membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

Tetap Aman  dan Nyaman Saat Berkendara

Sudah lebih siap tour bersama para riders lagi? Berarti ini saatnya kamu untuk upgrade penampilan jadi lebih kece dengan berbagai produk EIGER pilihan yang bisa kamu dapatkan di official website EIGER Adventure Official.

Bandana Piston Ride 

Bandana Piston Ride 

Bandana Piston Ride hadir untuk melengkapi kegiatan berkendara sehari-hari. Baik sebagai sapu tangan atau hiasan ikat kepala yang bikin ootd makin kece. Terbuat dari 100% bahan katun yang adem dan lembut.

Eiger Zwerver Denim Jacket

Eiger Zwerver Denim Jacket

Siap berkendara di area urban dengan Zwerver Denim Jacket. Dengan fitur hoodie yang dapat dilepas pasan bisa membuatnya lebih praktis untuk kamu sesuaikan. Mix and match dengan kaos, topi maupun bawahan favoritmu. Dengan banyak saku yang memudahkan kamu untuk menyimpan barang berharga. 

Eiger Baldr Mid Cut Shoes

Eiger Baldr Mid Cut Shoes

Sepatu mid-cut yang dirancang khusus untuk para pengendara roda dua. Dengan tampilan yang keren dan stylish namun klasik ini bisa menambah kesan dalam setiap penampilanmu. Di bagian atas sepatu terbuat dari bahan kanvas dan kulit suede yang memiliki daya tahan kuat serta anti slip. Ketika menggunakan sepatu ini Eigerian juga akan merasa nyaman karena memiiki daya evaporasi yang tinggi sehingga mampu menguapkan kelembapan. 

Selain produk-produk yang telah disebutkan di atas, inspirasi style Riding lainnya bisa Eigerian dapatkan di Eiger Adventure Official Website. Mulai dari kaos, topi, sepatu, kacamata, berbagai jenis tas, jaket riding, hingga topi dan masih banyak lagi produk lainnya. Produk-produk aksesoris riding tersebut dapat dipesan secara online dengan sangat mudah dan praktis melalui website Eiger Adventure. Dengan jaminan original dan harga terbaik.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru