HomeTips & TrickMountaineering10 Ciri-Ciri Hujan dari Tanda Alam, Bukan Hanya Langit Mendung

10 Ciri-Ciri Hujan dari Tanda Alam, Bukan Hanya Langit Mendung

Ada berbagai fenomena alam yang bisa terjadi di dunia ini, salah satu hujan. Apakah Eigerian telah mengetahui apa saja ciri-ciri hujan?

Proses penguapan yang terjadi di permukaan bumi dari wilayah perairan, tumbuhan, atau daratan ini terkadang dinantikan banyak orang, lho

Apalagi, ketika cuaca sedang panas-panasnya sehingga turunnya hujan diharapkan membawa kesejukan.

Terlebih, air hujan yang jatuh ke bumi memiliki banyak manfaat. Terutama bagi keberlangsungan hidup setiap makhluk di dunia. Mulai dari manusia, hewan, hingga tumbuhan.

Biasanya, ciri-ciri hujan dapat dengan mudah Eigerian ketahui melalui langit yang gelap atau mendung. Namun ternyata, ada berbagai tanda turunnya hujan selain langit mendung, lho.

Dengan memahami tanda-tanda hujan, Eigerian bisa lebih siap untuk menghadapi hari dan melindungi diri. Hal ini tentu saja akan sangat membantu, ketika para Eigerian sedang beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Bahan Jaket yang Bagus untuk Berkendara Saat Musim Hujan

Ciri-Ciri Hujan

ciri-ciri hujan
(Foto mendaki saat hujan. Sumber: EIGER Adventure)

Lantas, apa saja ciri-ciri hujan yang bisa kamu amati? Berikut di antaranya:

1. Udara Panas di Malam dan Pagi Hari

Ciri-ciri akan turunnya hujan bisa Eigerian ketahui dari udara yang berubah menjadi lebih panas atau gerah ketika malam dan pagi hari.

Meski terasa tak nyaman, udara panas dan gerah akan berubah menjadi hawa yang lebih segar ketika hujan turun.

Hal ini karena awan mengeluarkan energi panas sebelum hujan. Tak lama kemudian sekitar hitungan menit hingga jam, udara pun berubah menjadi lebih dingin karena hujan turun.

2. Langit Merah di Pagi Hari

Ciri-ciri hujan selanjutnya dapat dilihat dari langit yang berubah menjadi merah saat matahari terbit di pagi hari.

Mengapa ya, hal ini terjadi? Langit merah ketika pagi hari terjadi karena adanya pergerakan udara kering melewati tekanan udara yang lebih lembap.

Uap lembap tersebut pun akan berubah menjadi air hujan. Langit merah ini bahkan bisa menjadi pertanda akan turunnya hujan lebat.

3. Tidak Ada Embun saat Pagi

Pada pagi hari, Eigerian biasanya akan menemukan embun di daun-daun tanaman. Namun ketika tidak terdapat embun di pagi hari, itu tandanya akan segera turun hujan.

Tidak adanya embun di dedaunan atau rumput terjadi karena kondisi angin dan awan sedang kencang. Jadi, dapat diprediksikan bahwa hujan akan segera datang di hari itu.

Baca Juga: Musim Hujan Segera Tiba, Siapkan Hal Ini Sebelum Keluar Rumah

4. Cuaca Mendung Jadi Ciri-Ciri Hujan

Cuaca mendung menjadi ciri-ciri hujan yang paling mudah untuk Eigerian kenali.

Cuaca mendung ini biasa ditandai dengan langit yang berwarna gelap. Sinar matahari pun tidak muncul sehingga memperkuat tanda akan turunnya hujan.

Mendungnya cuaca dapat dilihat dari warna langit yang abu-abu atau lebih gelap. Jika warna langit semakin gelap, maka dapat dipastikan hujan yang turun akan kian lebat.

5. Munculnya Awan Cumulus dan Cumulonimbus

muncul awan cumulus
(Foto awan hujan. Sumber: Unsplash.com)

Awan juga bisa menjadi salah satu tanda turunnya hujan. Kamu bisa memprediksi turunnya hujan dari kemunculan awan cumulus dan cumulonimbus.

Cumulus merupakan awan yang memiliki warna putih berlapis-lapis. Di antara awan cumulus, terdapat satu awan dengan batas tepi keabu-abuan yang menjulang tinggi mirip bunga kol.

Kemudian, awan tersebut bisa berubah menjadi awan cumulonimbus dengan warna abu-abu kehitaman dan hujan pun akan segera turun.

6. Hawa Berubah Menjadi Dingin

Ketika hawa di sekitar Eigerian berubah menjadi lebih dingin, itu bisa menjadi tanda akan datangnya hujan.

Hawa yang lebih dingin biasanya disertai dengan pergerakan arah angin yang cepat. Cuaca mendung juga turut menjadi tanda yang memperkuat bahwa hujan akan segera turun.

Apabila hawanya sangat dingin, cuacanya kian gelap, dan anginnya kencang, hujan yang turun pun semakin deras.

Baca Juga: Pahami Tips Memilih Jas Hujan, Agar Tak Salah Beli!

7. Terdengar Suara Petir

Ciri-ciri hujan lainnya yang bisa dengan mudah untuk Eigerian kenali adalah ketika terdengar suara petir dari langit.

Beberapa saat sebelum air hujan turun, akan muncul suara-suara petir yang menggelegar. Sebelum suara petir terdengar, Eigerian dapat melihat kilatan cahaya di langit yang berlangsung sangat cepat.

Namun, ketika mendengar suara petir, segeralah mencari tempat berlindung. Hindari tempat-tempat berbahaya di luar rumah karena bisa meningkatkan risiko tersambar petir yang berakibat fatal.

8. Arah Angin Sebagai Ciri-Ciri Hujan

arah angin
(Foto saat kehujanan. Sumber: EIGER Adventure)

Arah angin dapat menjadi salah satu pertanda hujan akan turun. Eigerian pun bisa merasakan arah angin yang berhembus di lingkungan sekitar dengan mudah.

Misalnya dengan membasahi jari dan mengacungkannya ke atas, melemparkan daun, atau daun ke langit.

Apabila angin bertiup ke arah barat, hujan akan segera turun. Sebaliknya, angin yang bertiup ke timur menandakan cuaca sedang cerah.

9. Amati Perilaku Hewan di Sekitar

Perilaku hewan juga bisa menjadi tanda bahwa hujan akan segera datang. Misalnya ketika Eigerian menemui burung-burung terbang rendah.

Burung yang sedang terbang tinggi pasti akan segera turun menuju sarangnya ketika awan-awan berubah gelap sebelum hujan.

Bisa juga memprediksi turunnya hujan dengan melihat tingkah laku semut. Biasanya, para semut akan membangun bukit curam di sekitar tempat tinggalnya sebagai cara untuk berlindung dari hujan.

Laba-laba yang biasanya membuat sarang di pepohonan pun akan bersembunyi mencari tempat berteduh ketika hujan akan turun. Jadi, bila melihat perilaku hewan yang seperti itu, bersiap-siaplah turun hujan.

Baca Juga: Tips Naik Motor Saat Musim Hujan Lakukan 5 Tips Ini!

10. Munculnya Aroma Alam yang Kuat

Tanda hujan akan turun lainnya yang bisa Eigerian kenali, ialah dari aroma alam sekitar. Sebelum hujan, biasanya akan muncul aroma alam yang sangat kuat. Eigerian bisa melakukan prediksi hujan melalui aroma dengan cara menghirup udara sekitar dalam-dalam.

Ketika dirasa ada aroma tanah atau tumbuhan yang cukup menyengat, itu tandanya hujan akan segera turun.Hal ini dapat terjadi karena udara yang lembap memicu tumbuhan dan lingkungan sekitar untuk melepaskan aroma khasnya dengan kuat.

Itu dia beberapa ciri hujan akan turun yang bisa Eigerian jadikan prediksi cuaca saat melakukan aktivitas luar ruangan.

Jangan lupa lengkapi aktivitas outdoor Eigerian dengan berbagai perlengkapan dari Eiger. Misalnya produk jaket, sarung tangan, hingga topi yang bisa menghangatkan tubuh.

Yuk, belanja berbagai alat aktivitas outdoor di Eiger Adventure Official. Produk-produk EIGER terjamin berkualitas dan memiliki harga jual terbaik.

Tunggu apalagi, segera nikmati berbagai penawaran menarik dengan berbelanja online di situs web EIGER. 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru