HomeTips & TrickGreen & Healthy6 Cara Mengatasi Polusi Udara, Sederhana Tapi Ber-impact!

6 Cara Mengatasi Polusi Udara, Sederhana Tapi Ber-impact!

Halo Eigerian, bagaimana cara mengatasi polusi udara sebagai permasalahan lingkungan yang kita hadapi bersama saat ini? 

Permasalahan kualitas udara yang memburuk telah menjadi topik pembicaraan hangat beberapa waktu belakangan ini. Kasus meningkatnya polusi udara sendiri sangat perlu mendapatkan penanganan khusus karena berdampak buruk terhadap kualitas udara itu sendiri dan memicu berbagai permasalahan kesehatan yang serius. 

Dilansir dari laman IQAir, per 29 September 2023, Kota Palembang menduduki peringkat pertama kota paling berpolusi di Indonesia dengan skor 248 AQI US. Sementara Jakarta menduduki peringkat kelima kota paling berpolusi di Indonesia dengan skor 140 AQI US. Penyebab udara tercemar yang terjadi di kedua kota besar tersebut umumnya berasal dari asap kendaraan bermotor dan juga asap buangan pabrik. 

Agar polusi udara dapat ditanggulangi, dibutuhkan rencana jangka panjang serta perubahan besar dari sisi regulasi dan gaya hidup ramah lingkungan untuk semua orang. Cara mengatasi polusi udara bisa dimulai dari langkah sederhana yang bisa kita lakukan sendiri di kehidupan sehari-hari. Simak caranya!

Cara Mengatasi Polusi Udara dengan Langkah Sederhana dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Lebih Sering Menggunakan Transportasi Umum

Asap yang dihasilkan dari kendaraan bermotor milik pribadi menjadi salah satu penyumbang terbesar polusi udara yang terjadi di wilayah perkotaan. Solusi untuk membantu menurunkan polusi udara secara signifikan adalah sering menggunakan transportasi umum saat akan bekerja, bersekolah, atau bermobilisasi sehari-hari.

Sistem transportasi umum yang terintegrasi menjadi satu keuntungan besar bagi Eigerian dalam usaha menanggulangi polusi udara yang semakin mengkhawatirkan. 

Selain itu, manfaat menggunakan transportasi umum adalah dapat menghemat lebih banyak pengeluaran bulanan sehingga bisa dialihkan untuk menabung atau kepentingan lainnya.

EIgerian tentunya tetap bebas menggunakan kendaraan pribadi jika tujuan yang dituju tidak memiliki akses kendaraan umum. Pastikan Eigerian tetap bijak dan tidak boros dalam menggunakan bahan bakar, agar lingkungan tidak semakin tercemar.

2. Hindari Kebiasaan Membakar Sampah

Mungkin EIgerian masih kerap menjumpai kebiasaan membakar sampah yang masih dilakukan oleh masyarakat hingga kini. Padahal faktanya, asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah dapat membahayakan diri dan lingkungan serta memperburuk kualitas udara di sekitar tempat tinggal. 

Proses pembakaran sampah menghasilkan asap hitam, debu, karbondioksida, dan gas klorin yang dapat merusak atmosfer bumi. Selain mencemari udara, asap dari pembakaran sampah bisa mengganggu pernapasan.

Jadi mulai saat ini, tinggalkan kebiasaan membakar sampah dengan cukup membuang sampah pada tempatnya. Bahkan Eigerian bisa lho untuk mendaur ulang sampah plastik, botol, maupun mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos yang ramah lingkungan.

3. Sering Bersepeda dan Berjalan Kaki

Sumber: Eiger Adventure

Saat Eigerian akan bepergian dalam jarak dekat di sekitar tempat tinggal, bersepeda atau berjalan kaki adalah cara mengatasi polusi udara agar tidak semakin memburuk. Di samping itu, bersepeda dan berjalan kaki juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pada saat kamu bersepeda atau berjalan kaki, sebaiknya hindari jalan raya yang terlalu ramai untuk keselamatanmu dari risiko kecelakaan dan terpapar asap kendaraan. Lengkapi perlengkapan bersepeda mulai dari helm, pelindung siku dan lutut (jika diperlukan).

4. Mematikan Peralatan Elektronik yang Tidak Digunakan 

Menghemat energi listrik dengan mematikan peralatan elektronik di rumah yang tidak digunakan adalah cara mudah untuk mengatasi polusi udara. Langkah kecil ini jika dilakukan oleh semua orang akan berdampak besar untuk lingkungan.

Mengapa demikian? Hal ini karena sebagian besar pembangkit listrik masih banyak yang menggunakan bahan bakar fosil. Jenis energi ini bersifat tidak dapat diperbarui dan hasil pembakaran bahan bakar fosil akan menghasilkan polutan udara.

Jadi, mulai dari sekarang coba untuk rutinkan kebiasaan hemat listrik di rumah. Mulai dari mematikan lampu jika sudah tidak digunakan, mengurangi pemakaian AC di rumah, hingga memilih peralatan elektronik yang hemat energi. 

5. Menanam Tumbuh-Tumbuhan di Rumah

Hobi menanam berbagai jenis tumbuh-tumbuhan hijau di rumah bisa membantu menyegarkan pikiran dan mengatasi polusi udara dari rumah, lho. Tanaman dapat membantu membersihkan udara dengan cara menyaring karbon dioksida dan melepaskan oksigen. 

Selain menanam berbagai jenis tumbuhan hijau di sekitar rumahmu, Eigerian juga dapat berpartisipasi dalam program penanaman pohon yang memiliki dampak berkelanjutan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan. Seperti program gerakan EIGER Green yang dicetuskan sebagai bentuk inovasi berkelanjutan untuk selamatkan bumi. 

Kepedulian EIGER terhadap lingkungan sudah dilakukan sejak beberapa tahun ke belakang. Salah satunya seperti program Gerakan Tanam Indonesia dan Adopsi Pohon yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2012. 

6. Lakukan Kegiatan Cinta Alam

Sumber: Eiger Adventure

Gaya hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan menjadi hal dasar yang bisa Eigerian lakukan secara konsisten untuk menyelamatkan bumi. Termasuk dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kecintaan pada alam, seperti beraktivitas di luar ruangan. 

Mulai dari mendaki gunung, trekking, traveling ke objek wisata alam, adalah kegiatan yang bisa me-refresh pikiran dan meningkatkan rasa cinta pada alam. 

Dengan sering berkegiatan luar ruangan, akan tumbuh kesadaran dalam diri tentang pentingnya menghirup udara segar yang bisa didapatkan secara gratis dari alam. Berangkat dari kesadaran ini, maka akan timbul kebutuhan untuk konsisten menjaga udara di sekitar kita tetap segar, berkualitas, dan jauh dari kontaminasi.

Melakukan aktivitas cinta alami juga perlu dibarengi dengan penggunaan produk ramah lingkungan, kamu bisa mengandalkan peralatan terbaik dari Eiger Adventure. 

Baca juga: Langkah Awal Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Itu tadi beberapa cara mengatasi polusi udara yang bisa membantu lingkungan tempat tinggal kita tetap menghasilkan udara yang bersih dan segar! Ingatlah bahwa perubahan kecil yang dilakukan di kehidupan sehari-hari akan berdampak kolektif untuk memerangi polusi udara dan isu kerusakan alam lainnya.

Dengan langkah perubahan lifestyle ini akan mendorong orang lain untuk melakukan perilaku positif yang sama untuk lingkungan dan akan membawa perbedaan yang positif terhadap kelangsungan lingkungan sekitar.

Gunakan Produk yang Ramah Lingkungan dari EIGER Adventure

Sumber: Eiger Adventure

Buat Eigerian yang sudah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, yuk lengkapi produk Eiger Adventure yang berasal dari bahan daur ulang (recycled material) dan mudah terurai (biodegradable) sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan limbah plastik. 

Langsung pilih produk yang kamu butuhkan mulai dari tas, celana, masker, tumbler, tas bekal makanan, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk membaca review produk untuk memantapkan pilihanmu terhadap produk original dari Eiger. 

Datang langsung ke store Eiger terdekat di kotamu atau kapan pun kamu bisa langsung checkout barang-barang pilihanmu dari Eiger Adventure Official. Yuk, dapatkan berbagai keuntungan mulai dari promo menarik, gratis ongkir, dan diskon harga miring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru