HomeTips & TrickRiding7 Cara Membaca Google Maps saat Riding Sendirian, Aman!

7 Cara Membaca Google Maps saat Riding Sendirian, Aman!

Eigerian hobi riding ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi? Tak perlu khawatir tersesat selama di perjalanan karena ada teknologi Google Maps yang akan mengarahkan ke destinasi yang kamu inginkan dengan akurat. Biar nggak tersesat atau melewati rute perjalanan yang salah, Eigerian wajib menguasai cara membaca Google Maps meski sedang berkendara sendirian.

Seperti yang telah diketahui, Google Maps adalah navigation tool yang sangat berguna bagi pengendara sepeda motor di jalan raya. Saat berkendara sendirian, menavigasi ke tujuanmu tanpa tersesat menggunakan bantuan Google Maps bisa menjadi pengalaman yang berharga,

Meskipun tetap ada risikonya, cara membaca Google Maps sambil mengendarai motor sendirian tetap bisa dilakukan dengan aman jika Eigerian mengikuti beberapa saran dari ahli dan mengutamakan keselamatan di atas segalanya.

Yuk, simak apa kegunaan Google Maps dan panduan cara tepat dan aman membaca Google Maps saat berkendara sepeda motor sendirian.

Kegunaan Google Maps untuk Aktivitas Riding

Tidak hanya menginformasikan rute perjalanan yang tepat, Google Maps dengan fitur canggih juga memberikan informasi lalu lintas secara real time. Google Maps sebagai alat navigator digital memiliki banyak fitur yang kamu manfaatkan untuk menyempurnakan pengalaman berkendara dengan aman dan efisien. 

Berikut ini beberapa kegunaan Google Maps yang jadi teman andalan saat berkendara sendirian.

1. Perencanaan Rute Perjalanan

Mulai dengan memasukkan alamat tujuan ke Google Maps lalu akan muncul beberapa pilihan rute, termasuk rute tercepat, rute alternatif, dan rute khusus sepeda motor yang menghindari tol.

2. Update Kondisi Lalu Lintas secara Real Time

Selain memberikan rute perjalanan menuju tujuan dengan sepeda motor, Google Maps juga membantu kamu untuk menghindari rute dengan lalu lintas pada sehingga perjalanan jadi lebih efisien. Kamu juga dapat memperkirakan waktu sampai tujuan berdasarkan update kondisi lalu lintas dari rute yang akan dilewati.

3. Membuat Rute Perjalanan Khusus

Kamu dapat membuat rute perjalanan khusus di Google Maps dengan menambahkan beberapa titik lokasi atau pemberhentian di sepanjang perjalanan. Ini sangat berguna jika kamu akan mengunjungi beberapa tempat selama perjalanan. 

4. Petunjuk Jalan dengan Navigasi Suara

Dengan mengaktifkan fitur navigasi suara, Eigerian akan menerima petunjuk arah belokan melalui suara. FItur ini sangat membantu kamu tetap melihat ke arah depan dan bersiap untuk berbelok sesuai navigasi.

5. Bisa Mengunduh Peta Offline Terlebih Dahulu

Jika kamu khawatir berkendara melewati area yang susah sinyal internet, unduh peta offline untuk rute perjalananmu sebelum berangkat. Ini akan memastikanmu tetap dapat menggunakan Google Maps meski tanpa koneksi internet.

Sumber: Eiger Adventure

Cara Membaca Google Maps yang Aman saat Motoran Sendirian

Meski berkendara sendiri, cara membaca Google Maps bisa dilakukan dengan aman jika mengikuti panduan step by step berikut ini:

1. Rencanakan Rute Terlebih Dahulu

Sebelum Eigerian memulai perjalanan, rencanakan rute yang akan dilalui di Google Maps. Masukkan alamat tujuan dan periksa rute alternatif untuk sepeda motor beserta kondisi lalu lintas sekaligus perkiraan waktu kedatangan. Pastikan seiring waktu kamu terbiasa dan hafal dengan rute perjalanan untuk menuju tujuan.

2. Gunakan Sistem Mounting 

Untuk meletakkan ponsel selama berkendara, gunakan dudukan ponsel berkualitas atau GPS device holder yang terpasang dengan aman ke setang atau dashboard sepeda motormu. Pastikan dudukan memiliki ukuran yang kompatibel dengan ponselmu. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dan selalu menjaga ponselmu selama di perjalanan.

3. Persiapkan Ponsel dalam Kondisi Baik

Pastikan baterai ponsel terisi penuh dan jika perlu dimasukkan ke dalam wadah yang waterproof. Atur tingkat kecerahan layar ponsel yang pas agar nyaman memantau layar selama di jalan.

4. Mulai Navigasi Titik Tujuan

Setelah mengetik tujuan perjalananmu di Google Maps, aktifkan navigasi suara sehingga kamu dapat diarahkan melalui suara tanpa harus melihat ponsel. Dengarkan petunjuk rute sejak awal yang diperintahkan oleh navigasi suara. Pastikan kamu bisa mendengar audio dengan jelas dari smartphone-mu. Untuk kenyamanan selama berkendara, lebih baik sambungkan ponsel dengan earphone bluetooth. 

5. Lihat Layar Sekilas, Jangan Menatap

Ini adalah kunci cara membaca Google Maps yang aman selama solo riding. Saat berkendara di jalan, lihatlah layar sekilas dan hanya bila diperlukan, seperti saat di persimpangan atau saat memastikan belokan berikutnya. 

6. Pilih Perhentian di Tempat yang Aman

Untuk memastikan rute perjalanan tepat, periksa peta online saat berhenti di tempat yang aman, seperti di SPBU, tempat istirahat, dan lainnya.

7. Tetap Waspada dan Berhati-Hati

Kamu harus siap beradaptasi dengan kondisi jalan yang mungkin tidak sesuai perkiraan. Tetaplah waspada dan berhati-hati saat berkendara untuk mengantisipasi potensi ancaman keselamatan.

Baca juga: 5 Tips Solo Touring untuk Digunakan, Persiapkan Semuanya!

Itulah beberapa cara membaca Google Maps yang bisa kamu terapkan saat berkendara sendirian. Ingatlah bahwa keselamatanmu dan orang lain di jalan raya harus selalu menjadi prioritas utama saat menggunakan Google Maps. 

Dapatkan pengalaman riding seru dan menyenangkan dengan mengenakan produk EIGER yang berkualitas. Eigerian dapat memiliki koleksi produk EIGER original dan terbaru hanya di situs resmi Eiger Adventure

Belanja produk EIGER secara online makin mudah dengan berbagai metode payment mulai dari bank transfer, kartu kredit, paylater, hingga COD. Temukan semua produk EIGER favoritmu dengan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru